Cara Mudah Menggunakan Goodreads

 


Goodreads adalah platform yang sangat populer di kalangan penggemar buku, yang memungkinkan pembaca untuk menjelajahi, terhubung, dan terlibat dengan informasi seputar buku dan pengguna Goodreads lainnya. Didirikan pada tahun 2006 dan kemudian diakuisisi oleh Amazon, Goodreads telah berkembang menjadi platform yang menawarkan banyak fitur bagi para pecinta buku yang menjadikannya platform yang sudah tidak asing lagi, sehingga cara menggunakan hingga fitur-fiturnya sudah banyak diketahui. Namun orang-orang yang baru tertarik untuk membaca buku atau baru ingin menggunakan platform ini mungkin belum mengetahui apa sebenarnya Goodreads, fungsi hingga fitur-fiturnya. Dalam blog post ini kita akan membahas secara singkat apa itu Goodreads, apa yang bisa kita lakukan di platform ini dan bagaimana kita menggunakan fitur-fitur dasar dari platform ini.


APA ITU GOODREADS?

Goodreads adalah platform online populer bagi penggemar buku yang bisa digunakan sebagai perpustakaan virtual, jejaring sosial, dan situs rekomendasi buku, yang dapat membantu kita menemukan bacaan baru dan terhubung dengan komunitas pembaca yang memiliki minat yang sama.


APA FUNGSI GOODREADS?

■Menemukan informasi tentang buku: kita dapat menemukan informasi dari jutaan buku, mulai dari sinopsis, ulasan, hingga detail penulis.

■Tracking bacaan: Goodreads memungkinkan kita membuat rak buku virtual tempat kita dapat membuat daftar buku yang telah kita baca, sedang dibaca, atau ingin dibaca di masa mendatang.

■Menulis ulasan: kita dapat menulis dan membaca resensi buku, yang membantu untuk memutuskan apakah suatu buku cocok untuk selera kita saat ini.

■Menetapkan reading goal: kita dapat menetapkan target membaca tahunan dan melacak progressnya sepanjang tahun melalui Goodreads Reading Challenge setiap tahun.

■Terhubung dengan pembaca lain: kita dapat mengikuti pembaca lain, melihat apa yang mereka baca, dan mendapatkan rekomendasi buku berdasarkan minat dan orang yang kita ikuti.

■Bergabung dengan grup: Goodreads memiliki berbagai klub dan grup diskusi tempat kita dapat terlibat dalam diskusi sastra dengan pengguna lainnya.


APA KITA BISA BACA BUKU GRATIS DI GOODREADS? 

Tentu saja tidak. Kita tidak dapat membaca buku di Goodreads karena Goodreads bukan platform baca digital dan tidak menyediakan buku untuk dibaca. Kita dapat menemukan ringkasan dan kutipan buku di platform ini, tapi perlu mengakses bukunya secara terpisah, misalnya dari perpustakaan, toko buku, atau aplikasi baca digital untuk membacanya secara lengkap. Goodreads juga menyediakan link ke situs web eksternal tempat kita dapat membeli buku jika buku-buku tersebut tersedia dalam format digital atau fisik. Penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini sekaligus alternatif cara baca buku digital yang disediakan oleh Goodreads bisa dibaca di blog post: Apakah Kita Baca Buku di Goodreads?


BAGAIMANA CARA DAFTAR GOODREADS?

1. Akses Goodreads melalui laman goodreads.com di browser dan akan muncul halaman awal seperti ini. Pilih cara daftar melalui akun Amazon, Apple, Facebook maupun email. Kali ini aku akan menggunakan email.



2. Setelah muncul seperti ini, isi data-data yang dibutuhkan klik Create account.



3. Akun goodreads sudah jadi dan siap diisi.

4. Biasanya akan ada email untuk verifikasi akun agar kita dapat menggunakan goodreads secara maksimal.


FITUR-FITUR UMUM GOODREADS 

1. Setelah memiliki akun, kita bisa sign in. Karena sebelumnya kita membuat dengan email, maka kita bisa sign in with email juga.



2. Isi data-data sesuai yang kita daftarkan.



3. Halaman awal goodreads berisi buku-buku yang sedang kita baca (jika ada), update dari teman atau pengguna lainnya, artikel pilihan goodreads hingga progress reading challenge yang kita ikuti.



4. Bagian menu yang muncul saat kita klik foto profil kita.



5. Halaman profil yang bisa diubah sesuai keinginan dan berisi update kegiatan kita di platform ini.



6. Halaman My Books berisi semua buku yang sudah kita tandai baik buku-buku yang ingin dibaca, sedang dibaca, sudah dibaca atau kategori lainnya.



7. Drop-down menu di tab Browse.



8. Drop-down menu di tab Community.



9. Halaman buku. Berisi info seputar buku seperti judul, penulis, rating pembaca, review, rekomendasi buku-buku lain, hingga buku-buku lain dari penulis yang sama.




CARA MENAMBAH BUKU YANG SUDAH DIBACA

1. Di search bar, ketikkan judul, ISBN atau nama penulis dari buku yang sudah selesai kamu baca. Akan muncul suggestion di bawahnya dan klik saja judul yang sesuai. Contohnya adalah buku Legenda Perompak Naga yang sudah aku baca.



2. Tampilan halaman buku.



3. Klik di panah drop-down pada tombol want to read untuk menampilkan opsi ini. Pilih Read.



4. Bisa pilih tag tambahan atau langsung klik done saja.



5. Beri rating. Jika ingin menulis review, klik link Write a review.



6. Di halaman review, kita bisa menulis review buku dan tanggal baca kita seperti ini.



7. Klik tombol Post untuk mempublikasikan review kita.



8. Tampilan review yang sudah jadi. Teman-teman bisa melihat hasil review yang sudah dipublikasikan melalui link ini.



9. Di halaman My Books, buku yang sudah kita selesaikan sudah ditambahkan di daftarnya.




CARA MENAMBAH BUKU YANG INGIN DIBACA

1. Di search bar, ketikkan judul, ISBN atau nama penulis dari buku yang ingin kamu baca. Akan muncul suggestion di bawahnya dan klik saja judul yang sesuai. Misalnya aku ingin menambah buku terbaru Ann Liang yang belum dirilis ke TBR, karena aku suka 2 buku sebelumnya yaitu If You Could See the Sun dan This Time It's Real.



2. Tampilan halaman buku. Klik tombol Want to read.



3. Status buku sudah berubah.



4. Bukunya juga sudah masuk di halaman My Books.



CARA MENAMBAH BUKU YANG SEDANG DIBACA DAN UPDATE PROGRESS BACA

1. Di search bar, ketikkan judul, ISBN atau nama penulis dari buku yang ingin kamu baca. Akan muncul suggestion di bawahnya dan klik saja judul yang sesuai.



2. Tampilan halaman buku.



3. Klik currently reading.



4. Status buku sudah berubah.



5. Di halaman depan goodreads akan muncul seperti ini. Klik update progress.



6. Isi jumlah halaman atau persentase halaman yang sudah kamu baca sejauh ini.



7. Tampilan feed sudah diperbarui.



CARA MEMILIH BUKU DENGAN EDISI YANG SESUAI

Jika buku yang ingin kamu kategorikan di rak goodreads kamu memiliki banyak edisi dan cover, misalnya diterbitkan dengan format paperback, digital dan hardcover, atau diterbitkan ulang dengan cover baru, atau diterbitkan dalam bahasa lain, maka kamu mungkin bakal menemukan buku-buku yang tidak sesuai dengan yang kamu miliki atau baca. Caranya adalah dengan menjelajahi bagian editions dari halaman buku. 

1. Cari buku yang kamu inginkan, misalnya The Door to Door Bookstore oleh Carsten Henn.



2. Scroll ke bawah, kita bisa melihat bahwa ini adalah edisi hardcover. Jika kita sebelumnya membaca edisi kindle, maka kita perlu menemukan edisi yang sesuai dengan klik show all 47 editions.



3. Halaman editions. Kita bisa mencari secara manual dari daftar di bawah ini.



4. Kita juga bisa mengurutkan daftar ini berdasarkan kategori tertentu.



5. Kita juga bisa menampilkan format tertentu dari buku ini. Klik Kindle Edition misalnya.



6. Daftarnya akan berisi daftar buku-buku dengan judul ini dalam format kindle.



7. Misalnya buku yang sudah dibaca adalah buku di baris pertama, maka kita bisa langsung mengkategorikan buku yang kita inginkan dari halaman ini.




Lalu bagaimana jika sudah terlanjur memilih buku yang salah, misalnya cover dan edisi yang tidak sesuai dengan yang kita baca? Dalam kasus ini, contohnya adalah buku Babel oleh R. F. Kuang yang aku baca tahun lalu ternyata tidak sesuai dengan edisi yang aku baca baik cover maupun format buku. 

1. Masuk halaman buku.



2. Ternyata ini edisi hardcover, padahal aku baca format paperback UK. Klik show all 51 editions.


 

3. Dari halaman editions, kita bisa melihat kalau ternyata yang aku masukkan adalah edisi Kindle. Klik saja switch to this edition di samping buku dengan format dan cover yang sesuai.



4. Sudah terupdate.




KENAPA BUKU YANG AKU CARI TIDAK ADA DI GOODREADS?

1. Belum diterbitkan: Beberapa buku tidak terdaftar di Goodreads karena belum diterbitkan atau diumumkan secara resmi.

2. Buku yang kurang dikenal atau diterbitkan sendiri (self-published): Buku yang kurang dikenal atau diterbitkan sendiri mungkin tidak terdaftar di Goodreads jika buku tersebut belum dibaca banyak orang atau jika tidak ada pengguna Goodreads yang menambahkannya.

3. Ketersediaan terbatas: Jika sebuah buku hanya tersedia di wilayah tertentu atau memiliki distribusi terbatas, buku tersebut mungkin tidak terdaftar di Goodreads kecuali pengguna di wilayah tersebut menambahkannya ke database.

4. Konten buatan pengguna: Goodreads mengandalkan penggunanya untuk menambahkan buku ke databasenya. Jika sebuah buku belum ditambahkan oleh pengguna mana pun, buku tersebut tidak akan muncul di katalog Goodreads.

5. Privasi dan pengaturan: Beberapa penulis atau penerbit mungkin memilih untuk menyembunyikan daftar buku mereka di Goodreads karena alasan privasi atau sampai mereka siap untuk mempromosikannya.

Jika kita ingin buku-buku tertentu ditambahkan ke database goodreads, kita bisa request untuk penambahan buku ke Goodreads Librarian dengan memberikan data-data yang dibutuhkan mengenai buku tersebut.




APA HAL LAIN YANG BISA KITA LAKUKAN DI GOODREADS?

■Mengedit rak: kita bisa menggunakan rak-rak buku (bookshelf) khusus untuk mengatur dan mengkategorikan buku-buku tertentu. Kita dapat membuat rak berdasarkan genre, tema, atau kategori lainnya.

■Menambahkan teman atau mengikuti pengguna Goodreads lain: fitur ini berfungsi selain untuk berinteraksi dengan sesama pengguna Goodreads, juga untuk mendapatkan rekomendasi buku-buku baru. Teman-teman bisa menambahkan akun goodreads aku sebagai teman melalui link ini.

■Menggunakan tab "Explore": tab "Explore" bisa digunakan menemukan buku-buku baru. Kita dapat menemukan genre, daftar buku populer, dan mendapatkan rekomendasi buku yang dipersonalisasi.

■Mengelola pengaturan privasi: bagian ini digunakan untuk mengontrol siapa yang dapat melihat aktivitas membaca, ulasan, profil dan rekomendasi yang kita buat. 

■Menggunakan List dan Awards: kita dapat menemukan buku-buku baru dengan menjelajahi List dan Awards seperti Goodreads Choice Awards. 

■Menyinkronkan dengan Kindle: Jika kita menggunakan e-reader atau aplikasi Kindle, kita dapat menyinkronkannya dengan akun Goodreads untuk melihat progress kita dengan mudah dan menambahkan buku ke rak yang kita miliki.

■Berpartisipasi dalam Giveaway: Goodreads sering mengadakan giveaway buku. Jika kita tinggal di wilayah Amerika Serikat dan/atau Kanada, kita dapat berpartisipasi untuk mendapatkan kesempatan memenangkan buku gratis dari berbagai genre.

■Menjelajahi Quotes: Goodreads memiliki berbagai kumpulan kutipan dari buku-buku dan penulis. Ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan kutipan inspiratif dari penulis favorit kita.

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.