Apakah Kita Bisa Baca Buku di Goodreads?



Banyak orang mengira Goodreads adalah tempat membaca buku secara online, namun kenyataannya tidak demikian. Goodreads lebih tepat disebut sebagai tempat berbagi pendapat tentang buku dan mendiskusikannya dengan pembaca lain, serta tempat kita dapat tracking bacaan dan menemukan rekomendasi buku baru untuk dibaca. Adanya ekspektasi bahwa Goodreads merupakan tempat kita membaca buku secara digital, akan menimbulkan kebingungan bagi orang-orang yang baru mengenal platform ini dan ingin belajar cara menggunakan goodreads termasuk cara membaca buku di dalamnya. 


KENAPA KITA TIDAK BISA BACA BUKU DI GOODREADS?

Seperti yang dijelaskan dalam laman web ini, Goodreads sering menerima pertanyaan mengenai hal ini sehingga mereka dengan jelas menegaskan bahwa tidak ada fitur untuk membaca buku di platform Goodreads. Goodreads adalah platform tempat mencari, mengulas, dan mendiskusikan buku, tetapi tidak menyediakan buku-buku bacaan untuk dibaca di dalamnya. Goodreads lebih seperti rak buku virtual dan klub buku tempat kita tracking bacaan, berbagi pengalaman membaca dan membagikan rekomendasi buku dengan pembaca lain.


EBOOK YANG DAPAT DIAKSES LEWAT GOODREADS

Untungnya, meskipun tidak menyediakan buku untuk dibaca dan bukan platform baca digital, ada beberapa cara untuk membaca buku di Goodreads. Berdasarkan pernyataan ini, Goodreads menawarkan beberapa opsi berbeda untuk menemukan buku untuk dibaca.

1. Sampel ebook di Goodreads. Fitur yang tidak selalu ada untuk tiap buku ini memungkinkan kita membaca contoh isi buku sebelum memutuskan apakah kita ingin membelinya. Cari saja tombol "Read Book" di bawah cover buku untuk mengintipnya (aku pernah lihat di Goodreads jaman dulu, tapi sekarang sudah ga pernah lihat lagi tombol ini). 

2. Goodreads memiliki daftar ebook gratis yang dapat kita baca langsung di situsnya, seperti yang ada di link ini.

3. Dan jika kita tinggal di AS atau Kanada, kita dapat mengikuti giveaway di Goodreads di mana penulis dan penerbit memberikan buku gratis mereka. 

Tempat yang disarankan Goodreads untuk mendapatkan buku gratis: 

1. Goodreads dapat mengarahkan kita ke tempat lain. Kita dapat menemukan buku Kindle gratis di Amazon melalui tautan yang mereka sediakan. 

2. Domain publik. Ini adalah buku-buku yang sudah dirilis sejak lama, dan sekarang siapa pun bisa membacanya tanpa membayar. 

3. Goodreads menyarankan untuk mengunjungi perpustakaan setempat untuk membaca buku.


DI MANA KITA BISA BACA BUKU DIGITAL?

Ada banyak opsi untuk hal ini mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk platform baca digital gratis, kita bisa menggunakan Libby, ipusnas, eperpusdikbud, iKaltara, literature.org, Simon teen, oxford owl, bookbub, storynory dan Wattpad. Sedangkan untuk platform baca digital berbayar, ada banyak opsi seperti kindle, Scribd, Gramedia digital, storytel, play books, Kobo, everand, libro.fm dan audible.


Memahami bahwa Goodreads adalah tempat berbagi resensi dan rekomendasi buku membantu kita memaksimalkan fitur-fitur yang ditawarkannya. Walaupun kamu tidak bisa membaca buku secara lengkap di Goodreads, masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membaca buku yang kamu inginkan. Kamu dapat melihat sampel ebook gratis, menemukan ebook gratis di situs web lain, ikut giveaway untuk dapat buku gratis, mencari buku-buku domain publik, dan meminjam buku dari perpustakaan setempat. Jadi bagaimana dengan kamu? Kamu suka baca ebook di mana?

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.