Cara Import Data Goodreads ke Storygraph



Hola! Seharusnya hari ini aku publish review buku Na Willa yang baru aku selesaikan kemarin, tapi karena aku ingin menyimpan ingatan cara mengimpor data dari Goodreads ke Storygraph biar suatu saat kalau ada yang nanya, aku tinggal cari di blog ini, maka aku memutuskan untuk membuat blog post ini saja hari ini.

Mungkin sebagian dari pembaca blog ini sudah menggunakan aplikasi Storygraph dan sudah berhasil import data Goodreads ke aplikasi tersebut yang berupa buku-buku yang sudah kamu baca, lagi kamu baca atau ingin kamu baca atau buku-buku lain yang kamu masukkan kategori tertentu. Tapi mungkin juga ada yang belum pernah menggunakan Storygraph dan tidak ingin report menginput buku-buku yang sudah kamu masukkan di Goodreads secara manual, tapi tidak mengetahui cara cepatnya bagaimana. Nah, blog post ini mungkin saja bisa muncul di hasil pencarian kamu dengan randomnya dan semoga bisa membantu kamu yang ingin segera melihat akun Storygraph kamu terisi buku-buku yang sama dengan akun Goodreads kamu.

 

PENGALAMAN SEBELUMNYA

Awal aku menggunakan Storygraph, akun aku sangat kosong melompong dan rasanya kayak kurang asik dilihat (karena mungkin waktu itu aku sudah terbiasa pakai Goodreads) sehingga aku memutuskan untuk mengimport data Goodreads aku ke Storygraph. Caranya cukup mudah dan harus menunggu beberapa waktu karena buku di akun Goodreads aku lebih dari 1000 buku, yang tentu saja didominasi buku-buku dalam kategori TBR. Setelah data Goodreads aku berhasil masuk di akun Storygraph, aku senang dong, akun aku lebih meriah kelihatannya. Tapi yang kurang aku suka adalah beberapa buku tidak masuk ke dalam shelf atau kategori yang seharusnya. Contohnya buku The Stationery Shop sudah selesai aku baca namun ketika diimport ke Storygraph, buku tersebut masih dalam status sedang dibaca. Ternyata tidak hanya buku itu saja, masih ada beberapa buku lain yang masuk di kategori yang salah. Ditambah lagi, covernya juga tidak sesuai dengan cover buku yang aku baca (misalnya buku The Seven Husbands of Evelyn Hugo, aku baca yang cover Evelyn lagi berdiri, tapi yang muncul di Storygraph adalah cover Evelyn rebahan). 

harusnya cover yang berdiri, bukan rebahan

Selain itu, karena perbedaan sistem rating Goodreads dan Storygraph, aku yang menggunakan rating .50 bakal membulatkan rating tersebut ke atas, jadi buku-buku dengan rating 4.50 bakal dapat rating 5.00 di Goodreads. Hal ini membuat semua buku baik yang asli aku beri rating 5.00 dan 4.50 bakal di-import ke shelf rating bintang 5 di Storygraph.


semuanya kecuali Anne of Green Gables bukan buku bintang 5

Buat aku yang peduli banget dengan hal-hal tersebut, mengimport data Goodreads adalah hal yang membuat aku sedih. Sehingga aku memutuskan untuk mengosongkan isi buku-buku di akun Storygraph aku. Aku berencana akan memasukkan data buku-buku tersebut secara manual. Meskipun sampai sekarang belum semua aku masukkan ke dalam akun Storygraph aku, tapi melihat tampilannya yang sekarang yang lebih rapi dan sesuai keinginan, lebih senang rasanya.

 

CARA IMPORT DATA GOODREADS KE STORYGRAPH LEWAT PC

1. Buka Goodreads, kalau sudah login, kamu bakal masuk ke halaman depan ini. Kalau belum, kamu harus login dulu dengan email dan password yang sudah kamu daftarkan. Klik My Books.


 

2. Di halaman My Books, scroll sampai bawah, untuk menemukan menu Import and Export di bagian sebelah kiri. Klik aja linknya.


 

3. Kamu bakal mendarat di halaman ini. Klik saja Export Library.


 

4. Setelah menunggu beberapa saat, bakal muncul link di bawah tombol Export Library. Link ini udah muncul dari awal (di akun aku ini) karena sebelumnya aku sudah request untuk Export Library.


 

5. Setelah diklik, file berupa .CSV akan terunduh ke komputer kamu. Mau disimpan di mana terserah dan tergantung setting browser kalian masing-masing ya. Kalau kalian tidak tahu disimpan di mana, tinggal klik icon folder di ujung kanan hasil download itu, nanti bakal buka foldernya langsung.


 

6. Buka Storygraph melalui app.storygraph.com. Sama seperti Goodreads, silakan login dulu kalau kalian belum login. Di halaman awal ini, klik foto profil di pojok kanan atas, kemudian pilih Manage Account.



7. Scroll sampai ketemu bagian Goodreads Import, dan klik tombol Import Goodreads Library



8. Di halaman ini, bakal disediakan info mengenai apa saja yang diimport dari akun Goodreads ke Storygraph. Saat menemukan Step 1, lewati saja, karena kamu sudah melalukannya. Langsung ke Step 2, klik Choose File.


9. Bakal muncul jendela baru untuk mencari file CSV dari Goodreads kalian, biasanya namanya goodreads_library_export. Pilih file tersebut dan klik Open.


10. Masuk ke Step 3, klik Import My Goodreads Library. 


11.  Tampilannya bakal seperti ini




12. Kalau kamu punya shelf khusus di Goodreads untuk buku-buku yang kamu miliki, kamu bisa langsung mengkategorikannya di bagian ini, tinggal klik drop down menu dan pilih nama shelf-nya. Kalau aku, langsung klik Import my Goodreads Library



13. Setelah proses ini, jika proses import sudah selesai, Storygraph akan mengirim email pemberitahuan.





APAKAH BISA EXPORT GOODREADS DATA LEWAT MOBILE APP?

Berdasarkan pertanyaan tahun 2020 ini, jawabannya tidak bisa. Jadi kamu harus export data Goodreads kamu lewat browser.




 

CARA IMPORT DATA GOODREADS KE STORYGRAPH LEWAT HANDPHONE

Untuk bagian ini aku menggunakan handphone android ya, jadi mungkin bakal berbeda dari tampilan handphone dengan sistem operasi lain.

 

1. Karena tidak bisa export data Goodreads via aplikasi, maka kamu harus membuka Goodreads di browser handphone kamu. Tampilannya bakal seperti tampilan app begini. Karena aku menggunakan Chrome, tinggal tap icon titik tiga di pojok kanan atas.


 2. Agar tampilannya seperti tampilan di desktop, aktifkan saja Desktop Site


 3. Tampilannya bakal membesar, jadi harus dizoom biar kelihatan isinya. Klik My Books.



4. Cari di bagian kiri bawah, ada link Import and Export. Tap link tersebut.


5. Tap Export Library, dan file yang siap diunduh bakal muncul di bawahnya. Tap link Your export from bla-bla-bla untuk mengunduh filenya.

 

6. Konfirmasi download file dan tempat penyimpanannya. Tap Download.



7. Buka app Storygraph. Klik icon tiga garis di pojok kanan atas.


8. Pilih Manage Account



9. Scroll sampai ketemu bagian Goodreads Import. Tap tombol Import Goodreads Library


10. Scroll ke bawah, lewati Step 1, masuk ke Step 2, tap Choose File


 11. Pilih file csv yang sudah diunduh tadi

 



12. Tap Import my Goodreads Library. Setelah itu, kamu bisa melihat step nomor 11-13 di atas, karena stepnya sama. Setelah itu kamu tinggal menunggu Storygraph mengirim email pemberitahuan kalau data Goodreads sudah berhasil di-import.



 

BERAPA LAMA PROSES IMPORT KE STORYGRAPH?

Tergantung jumlah buku yang ada di akun Goodreads kamu. Akun aku yang berisi 1000-an buku membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam sampai aku dapat email pemberitahuan kalau import sudah berhasil.





Storygraph akan mengirim email pemberitahuan import yang sudah berhasil dan penjelasan mengenai berapa buku yang tanggal bacanya tidak ada (meskipun kamu sudah memasukkannya di Goodreads sebelumnya). 


Jadi, sudah ada yang mencoba import data Goodreads ke Storygraph? Apa kalian suka hasilnya? Kasih tau di kolom komentar!

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.