Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Libby untuk Baca Buku Gratis

 

how to use libby lailiving

Kalau sebelumnya aku sudah bikin tutorial cara bikin e-card British Council Library dan rekomendasi 100 buku gratis yang bisa kamu pinjam di perpustakaan tersebut, maka kali ini aku mau nunjukin gimana aku biasanya pakai aplikasi Libby buat pinjam buku, ngantri pinjaman, filter pencarian hingga mengubah tampilan saat membaca buku atau mendengarkan audiobooknya.

 

Sebenernya gak hanya British Council aja yang perpustakaannya bisa diakses di Libby, bisa juga perpustakaan lain yang terdaftar dan yang udah kita punya e-cardnya. Untuk penduduk Indonesia, saat ini kita baru bisa pakai e-card British Council Library dan LTI Korea. Untuk perpustakaan lain di luar negeri hanya menerima pendaftaran dari penduduk sana atau orang-orang yang punya properti dan membayar pajaknya di wilayah tersebut. Ada juga sih yang menerima pendaftaran untuk non-resident dengan biaya langganan per-tahun mulai dari 25 USD (untuk perpustakaannya mana saja, aku lupa, karena aku gak mendaftar di sana).

 

Tutorial ini aku buat untuk yang masih takut mengeksplor aplikasi Libby dan butuh reassurance kalau perangkat yang kamu gunakan ga bakal meledak saat kamu salah pinjem buku di Libby, atau juga untuk orang-orang kayak aku yang sering lupa kalau ditanya cara mengoperasikan sesuatu itu gimana padahal aku biasa pakai benda tersebut.

 

TAMPILAN AWAL

Sebenernya tampilan yang menyambut kamu saat membuka aplikasi ini biasanya adalah bagian SHELF, tapi karena ceritanya kita baru aja berhasil bikin e-card dan sudah masuk Libby, maka ini adalah tampilan awalnya. Di bagian bawah ada beberapa ikon yang bisa kamu pencet-pencet untuk menuju fitur-fitur penting di aplikasi ini.



TAMPILAN PENCARIAN

Klik ikon kaca pembesar di deretan icon paling bawah, dan kamu bakal berada di halaman ini.



Tinggal ketik judul buku atau nama penulis yang kamu cari dan bakal muncul beberapa suggestion di bawahnya. Misalnya aku cari Matt Haig untuk demo ini.




Begitu kamu pencet nama Matt Haig, kamu bakal dikasih buku-buku karya Matt Haig yang tersedia di perpustakaan dari berbagai format dan status ketersediaan buku.

 


TAMPILAN DETAIL BUKU

Untuk lihat detail buku, pencet aja buku atau judulnya, dan kamu bakal dapat halaman ini yang berisi blurb dan informasi lain seperti penerbit, penghargaan, durasi audiobook hingga jumlah buku yang tersedia.


 

CARA PINJAM BUKU

Kamu bisa langsung pinjam bukunya di halaman detail buku tadi dengan pencet Borrow atau langsung pencet ikon kecil biru di halaman hasil pencarian tadi atau di halaman manapun kamu menemukan daftar buku-buku.


 Intinya kalau ada lambang + di pojok kanan kotaknya, bukunya bisa kamu pinjam. Kalau ada lambang jam, kamu harus ngantri dulu. Kalau kamu sudah pencet kotak birunya, bakal muncul pop up kayak gini yang menunjukkan jumlah buku yang tersedia saat ini. Pencet lagi kotakan birunya.



Tampilan bakal begini, ada informasi durasi peminjaman dan jumlah buku yang sudah kamu pinjam beserta batas pinjamnya. Pencet lagi tombol Borrow yang di bawah.


 

Nah kamu sudah pinjam buku, dan masa pinjamnya habis tanggal 3 Maret ya untuk buku ini. Dari sini kamu bisa pilih langsung baca bukunya, lanjut cari buku lain atau menuju menu Shelf.



CARA BACA BUKU DI LIBBY

Caranya tentu saja tinggal buka bukunya dan mulai membaca

Ini tampilan awal saat kamu buka buku yang baru kamu pinjam. Ini menandakan jumlah halamannya lagi dihitung


Kalau sudah selesai menghitung halaman, tampilannya jadi seperti ini. Jumlah halaman bisa langsung ketahuan. Kamu bisa pencet judul bab untuk melihat daftar isi. Kamu juga bisa menggunakan menu di atas untuk menyesuaikan tampilan buku yang lagi kamu baca.



Kamu bisa mengubah tampilan menjadi kanan kiri begini atau single page tergantung perangkat yang kamu gunakan, dengan klik icon paling kiri di menu atas. Aku pakai tampilan browser di tab, jadi tampilan defaultnya adalah double page. Biasanya kalau pakai handphone, langsung auto pakai single page.



Ini tampilan untuk mengubah ukuran font dan jenis font serta jenis bakcground dengan klik icon A di menu atas, silakan mencoba mengubah-ubah sesuai dengan kenyamanan kamu saat membaca




Ini digunakan untuk mencari kata tertentu di dalam buku, kayak fungsi search di Microsoft Word dan aplikasi PDF.


 Kemudian ini adalah daftar bookmark dan highlight yang sudah kamu kumpulkan sepanjang membaca buku ini




CARA MENGEMBALIKAN BUKU PINJAMAN DI LIBBY

Mungkin kamu merasa pengen DNF sebuah buku atau kamu udah selesai baca sebelum masa pinjam habis, maka kamu bisa mengembalikan buku pinjaman kamu lebih awal. Kamu menuju SHELF yaitu yang ditandai dengan icon tumpukan buku di menu bagian bawah aplikasi Libby dan cari judul buku yang ingin kamu kembalikan


 

Pencet Manage Loan. Bakal muncul pop up seperti ini, pilih saja Return Early.



Di halaman ini, pencet Return



Dan buku kamu sudah dikembalikan!

 

CARA DENGAR AUDIOBOOK DI LIBBY

Misalnya kamu pinjam Atomic Habits nih. Cara pinjamnya juga sama kayak e-book.

 

Setelah berhasil pinjam, untuk mendengarkan bisa langsung pencet Open Audiobook



Tampilannya seperti ini. Tinggal pencet tombol play di tengah untuk mulai mendengarkan


 Ikon speedometer di pojok atas bisa kamu gunakan untuk mengubah speed audiobook


 Ikon bulan sabit, bisa kamu gunakan untuk mengatur sleep timer


Dua ikon lainnya berfungsi sama seperti format e-book yaitu untuk menampilkan highlight dan bookmark serta menambah bookmark di menit tertentu

 

Kalau kamu ga sengaja mencet atau nggeser menitnya sehingga ada yang kelewat tapi kamu ga inget kamu udah di menit keberapa, kamu pencet ikon sidik jari di pojok kanan bawah. Tampilannya kayak gini, ada waktu start dengerin audiobook dan perpindahan menit dalam waktu 6 detik.



CARA ANTRI PINJAMAN BUKU DI LIBBY

Nah gimana kalau mau pinjam buku tapi ikonnya bukan plus tapi jam? Itu artinya kamu harus antri, say. Cara untuk mengantri peminjaman mirip dengan saat pinjam buku. Pencet aja ikon kotak biru.


 Bakal muncul pop up kayak gini yang berisi estimasi waktu tunggu, jumlah orang yang menunggu dan jumlah buku yang tersedia. Tinggal pencet kotak birunya lagi.



Klik PLACE HOLD



Gimana kalau kamu berubah pikiran? Kayaknya gak mau nunggu deh, beli buku fisiknya aja kayaknya enak. Oke, kamu bisa membatalkan HOLD dengan menuju halaman SHELF. Klik menu holds



Klik Manage Hold. 



Bakal ada pilihan Suspend dan Cancel.


Suspend untuk memperpanjang masa tunggu

 


Cancel untuk keluar dari antrian. Nah kalau sudah dicancel, tampilannya begini.



Kamu sudah berhasil keluar dari antrian




TAMPILAN DAFTAR E-CARD

Untuk menuju halaman ini, kamu pencet ikon garis-garis yang di tengah. Halaman ini berisi semua e-card yang kamu punya dan udah masuk di aplikasi Libby, jadi kamu bisa switch dari satu perpustakaan ke yang lainnya dari sini.


 

TAMPILAN SHELF

Klik ikon tumpukan buku, dan kamu bakal ada di halaman ini. Isinya berupa daftar buku-buku yang kamu pinjam beserta progress baca dan juga tags yang sudah kamu buat atau digenerate langsung dari aplikasi. Bagian loans akan menampilkan buku-buku yang kamu pinjam saja. Bagian hold akan menampilkan buku-buku yang masih antri sebelum bisa kamu pinjam


Bagian tags akan menampilan semua tags mulai dari yang otomatis tergenerate seperti borrowed dan sampled, hingga yang kamu bikin sendiri untuk mengkategorikan buku-buku yang ingin kamu baca misalnya tag TBR.



 

TAMPILAN TIMELINE

Klik ikon jam, dan kamu ada di halaman timeline yang berisi riwayat aktivitas kamu selama menggunakan Libby, mulai dari buku-buku yang kamu intip sampelnya, buku yang kamu hold, kamu batalkan, kamu pinjam, hingga yang sudah kamu kembalikan.



Kamu bisa menghapus riwayat aktivitas kamu di libby dengan klik tombol ACTIONS di pojok kanan atas dan pilih Remove All Activities.




CARA BIKIN TAG DAN TAGGING BUKU

Misalnya kamu nemu buku yang ingin kamu baca dan pengen menandainya dengan tag want to read. Klik tag di buku yang kamu inginkan



Pilih Create New Tag




Bikin nama tag sesuai keinginan, bisa pakai emoji juga



Tampilan buku yang sudah ditag



Satu buku bisa dapat lebih dari 1 tag




 Untuk menghapus tag dari sebuah buku, klik bukunya, kemudian klik bagian tag


Tinggal uncheck tag yang kalian inginkan



MELIHAT SERIES

Kalau bukunya merupakan series, biasanya akan muncul nomor seriesnya di atas judul, kayak buku Harry Potter ini. Bisa diklik untuk melihat jumlah series yang tersedia.


Muncul pop up kayak gini. Klik nama seriesnya untuk melihat lebih detail.


Tadaaa



FITUR NOTIFY ME

Gimana kalau sebuah buku tidak punya icon kotak dengan tanda plus atau jam, melainkan lonceng warna kuning kayak gini? Itu artinya bukunya belum tersedia di perpustakaan ini, dan kamu bisa request untuk dikasih notifikasi kalau bukunya sudah tersedia. 



Bakal muncul kayak gini. Klik tanda plus atau icon lonceng.



Klik done.




CATATAN

Per user mendapat jatah pinjam maksimal 3 buku dan jatah hold sebanyak 1 buku saja. Jadi kalau kamu pengen pinjam banyak buku, maka kamu harus return early buku-buku yang sudah kamu pinjam sebelumnya.

 

Jumlah buku yang tersedia beragam mulai dari 1 copy per judul hingga unlimited copies. Biasanya yang unlimited copies ini adalah buku anak-anak, contohnya adalah Polar Bear Explorers’ Club series.



Batas waktu pinjam umumnya 7 hari, tapi ada buku-buku yang bisa sampai 14 hari (biasanya buku anak-anak tertentu).


RELATED POSTS

100+ Buku yang Bisa Kamu Baca di British Council Library

Cara Daftar E-Card British Council Library

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.