Gak Pengen Nyobain Tips Blogging Apapun


Halo hai! Kayaknya blog post ini bakal jadi kayak curhatan.

Kalau ditanya pengen nyobain tips blogging mana yang bisa bikin blogmu lebih baik, aku bakal jawab sejujurnya untuk saat ini aku gak pengen nyobain tips apapun buat blogku. Udah nyaman kayak gini aja sih. Dulu tuh udah pernah nyobain yang bikin tulisan macem artikel populer di internet yang banyak keyword tertentu diulang-ulang, utak atik setting blog, terus bikin daftar isi, bikin heading segala macem, bikin custom url per artikel, nambah tool ini itu dan lain-lain. Hasilnya oke banget, kayak artikel tentang skincare yang aku buat jadi kayak best article di blog ini, tapi lama-lama aku capek juga. Pengen nulis sesuka hati, pengen ngedit gambar sesuka hati, dan juga sekarang ga begitu mikirin berapa orang yang baca. Karena kalau dipikirin dan diliatin terus ntar aku gak bisa baca buku dengan tenang.  Pengen melakukan sesuatu yang terasa cucok sama aku aja sih, lagi gak pengen menantang diri sendiri, karena udah ditantang sama BPN Challenge.

Tips yang masih aku pakai sih kayak ngasih alt text buat gambar yang aku upload di blog dan bikin search description juga, url post kadang aku custom kadang enggak, kalau lagi rajin, aku bakal kasih highlight di beberapa teks penting dan juga bikin infografis sendiri kayak artikel Sunscreen yang juga jadi hits setelah beberapa waktu. Selain itu, tips yang sekali bikin untuk selamanya, kayak bikin archive, categories, about dan contact page, masih tetep ada di blog ini. Kalau sekarang aku disuruh bikin blog baru yang kayak blog ini, kayaknya enggak mau deh. 

Sebenernya aku baru inget kalau pasang google adsense di blog ini, waktu buka di browser lain aku terkejut, kok ada iklannya. Hahaha. Soalnya biasanya aku buka pakai browser yang ada adblocknya, jadi ad di blogku sendiri pun bakal ga kelihatan. Terus kalau dilihat-lihat, popular post tiap minggunya, selalu ada blog post ini : Don’t Worry Your Gift is On The Way, Self- Discovery Tools dan How to Build Skincare Routine. Dua artikel terakhir seingatku pakai tips-tips blogging yang baik, sedangkan artikel yang pertama lebih kayak ke curhat sih dengan editan gambar dan kutipan yang sedang terpikirkan saat itu, dan artikelnya pun gak panjang. Jadi karena hal ini aku menyimpulkan gak bakal melakukan hal yang gak aku inginkan, karena no matter how you make your blog post, you are loved, dear. Mau ngetik under 400 words di blog atau membuat post sepanjang 20 halaman microsoft word, kamu tetap blogger kok kalau kamu memutuskan untuk menyebut dirimu blogger. Kamu mau bikin artikel yang berfaedah bagi kehidupan umat manusia atau mau bikin curhatan yang gak penting banget bagi orang lain juga boleh-boleh saja.

Aku menulis kayak gini bukan untuk menganggap kamu yang blognya rapi dan berusaha membuat artikel terbaik setiap hari sebagai sebuah kesalahan ataupun sebagai orang yang lebih buruk dari aku lho. Enggak kok. Kamu dan aku sama-sama keren. Apapun yang kita lakukan buat blog kita, mau nulis sebulan sekali, mau hiatus setahun, atau mau menulis 3 artikel tiap hari, gak ada salah satu diantara kita yang lebih baik atau lebih buruk. Karena kita terus berubah say. Mungkin aja setelah aku menulis ini, aku bakal menerapkan best blogging tips ever di blog ini. Mungkin juga aku bakal gak nulis blog beberapa hari ke depan. Siapa tahu kan? Aku gak mau memberi label tertentu kayak : "blogger ini keren, aku mah cuma butiran debu, jadi gak pede mau nulis" atau "ih blogger ini artikelnya gitu gitu aja tapi kok rame, aku yang bagus gini kok sepi" dan lain sebagainya. Bagiku, itu melelahkan. Mungkin bagi kamu, hal ini gak mempengaruhi apapun pada diri kamu, dan kamu gak berpikiran sama kayak aku dalam hal ini, that's all right, love. 

Kalau kamu kebetulan baca artikel yang aku buat 2-3 tahun lalu, rasanya bakal beda dengan artikel yang aku buat tahun ini atau bulan ini, beda banget terutama dari tema dan cara aku berpikir tentang how the world works. Apapun dan siapapun bakal berubah. The past, the present, the future you are – no matter how different you are - all cool!

I know this blog post would be messy and unorganized. This is the way I speak out my mind. Human is full of paradox. That’s not a bad nor a good thing. It is bad or good if you decide it to be.  So, you don’t need to think too much about too many rules or how complex other people’s thoughts are. You don’t need to do anything. If you want to make a blog post, just write and hit publish. if you don’t want to write, then don’t write. For now, I only want to write anything I like (based on this challenge prompts ofc) and I might edit it in the future. Who knows.

Tuh kan jadi ngaco. Pokoknya intinya, kamu udah keren, entah kamu udah menentukan apapun yang ingin kamu lakukan di blog kamu, atau kamu belum mau melakukan apa-apa pada blog kamu. Juga dalam kehidupan in general, kamu tetap keren dengan apa yang kamu lakukan. Karena kamu keren, aku pun juga keren. Kita keren. Yay.

Lho kan. Ngetik kayak gini aja udah dapet 700 kata, sungguh aku memang bablas kalau udah bikin curhatan di blog kayak gini. Sepertinya sudah tidak ada yang pengen aku sampaikan lagi tentang penerapan tips blogging, karena sebenarnya aku gak punya tips untuk dibagikan juga. Aku harap setelah baca blog post ini, kamu gak ngerasa apa-apa, kamu bakal tetap menjalani kehidupanmu dengan tenang dan damai happily ever after. So, that’s all for today’s blog post. See you tomorrow!





Title photo by Girl with red hat on Unsplash

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time