Masih Tetap Pakai Blogger

 


Jika kamu membaca blog ini dari awal kemunculannya di dunia Blogger Perempuan, aku sudah pernah membahas mengenai platform yang aku gunakan untuk blogging. Hingga hari ini platformnya masih sama, meskipun alasannya berbeda dan mungkin cara aku menyampaikan alasannya tetap menggunakan platform ini juga gak sama dengan beberapa tahun lalu.

Platform pertama yang aku pakai untuk bikin blog waktu sekolah adalah blogger. Dari situ aku sudah nyaman pakai platform ini, udah beberapa kali bikin blog di platform ini untuk tugas sekolah, jadi waktu sekitar tahun 2017, aku iseng pakai wordpress untuk bikin blog khusus review film dan skincare, aku bingung settingnya.  Kayak kalian udah biasa pakai pemotong kuku buat motong kuku, tiba-tiba disuruh pakai silet. Kayaknya bakal kesulitan ya. Emang ada orang yang potong kuku pakai silet? Adaaa lah.

Jadi sebelum bikin blog ini, aku bikin blog untuk review lebih banyak film dan lagu di blogger, kemudian setahun kemudian aku memutuskan untuk membuat sebuah blog untuk lifestyle yang isinya lebih rapi dan karena fokusnya lifestyle jadi namanya lailiving. Biar aku ga pindah-pindah blog lagi, maka aku jadikan custom domain, hahaha.

Nah, mengingat aku sudah berjuta-juta kali menggunakan platform blogger dan hanya sekitar 1-2 kali menggunakan wordpress, maka tentu saja aku bakal pakai blogger, karena aku adalah jenis orang yang suka kemudahan. Kalau ada yang mudah dan lebih natural buatmu, kenapa harus pilih yang susah. Kalau kamu memang suka yang challenging dengan mencoba platform yang gak dipakai banyak orang, that’s okay, gak ada salahnya say. Sebaliknya, kalau kamu suka platform yang banyak dipakai orang karena menurutmu bisa nanya sana-sini dan bisa baca banyak review di internet, that’s okay too. Gak ada sesuatu yang salah atau benar dalam memilih platform blog. Meskipun di masa depan kamu bakal berubah pikiran dan pindah platform karena menemukan platform baru yang lebih baik, pilihanmu di masa lalu adalah pelajaran berharga bagi kamu di masa depan.

Di blog ini aku edit templatenya sendiri, pasang disqus sendiri, pasang adsense sendiri, utak atik ukuran segala macem juga sendiri, ga langsung pakai blog yang udah jadi beserta tampilannya. Jadi kalau disuruh bikin blog lagi, apalagi di platform lain, kayaknya enggak mau deh. Kapan-kapan aja kalau aku lagi nganggur banget.

Kalau dari awal sudah familiar dengan wordpress mungkin platform yang aku gunakan sekarang juga wordpress. Menurutku ini tergantung platform yang kamu anggap nyaman dan sudah familiar sih. Kamu mau pakai wordpress, blogger, wix, atau platform lain tuh menurutku ga bakal membuatmu gak lebih keren dari orang lain.

Alasan lain menggunakan platform blogger, kayaknya gak ada lagi. Udah nyaman aja sih. Kalau jiwa penasaranku muncul kembali, aku bakal belajar wordpress dan platform lainnya. Kalau ditanya platform apa yang paling bagus, jawabanku bagus semua, karena aku gak bisa bikin blog from the scratch and they all provide different features and ways to help us easily build our beautiful writing space. Kekurangan dan kelebihan tiap platform juga kayaknya relatif bagi tiap orang ya, dan aku gak bakal bahas hal-hal itu di sini.  

Dari beberapa paragraf di atas, kalau disimpulkan jadi Q&A, maka jadi kayak gini :

Q : Kenapa pakai platform blog yang sekarang?

A : Udah kenal lama dan udah nyaman aja sih.

So, gimana dengan kamu? Kamu pakai platform apa nih buat blogging?

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time