Join lailiving Newsletter



Self-Discovery Tools : Kenali Dirimu

October 11, 2019


self-discovery tools lailiving

Sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai kenapa kita harus menyayangi diri sendiri dalam A Friendly Reminder to Love Yourself. Namun, bagi sebagian dari kita, mencintai diri sendiri adalah hal yang asing. Kita bahkan merasa tidak berhak dicintai, karena yang mampu kita lihat hanya kesalahan yang kita perbuat dan kekurangan dalam diri kita. Padahal, kita tidak perlu menunggu untuk menjadi orang terkenal, punya penampilan yang sesuai dengan standar kecantikan atau menjadi kaya raya dulu untuk bisa mencintai diri sendiri

Salah satu penyebab mengapa kita sulit mencintai diri sendiri adalah kita ternyata tidak mengenal diri kita sendiri. Kita merasa asing, tidak mengenal sosok diri kita, tidak mengetahui apa yang sebenarnya kita butuhkan dan lain sebagainya. Dalam hal ini, kita perlu melakukan pengenalan terhadap diri sendiri yang biasa disebut self-discovery.

Pernah dengar istilah Tak Kenal Maka Tak Sayang? Mungkin itulah yang sedang terjadi kepada kita. Sehingga dalam blog post kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengenal diri sendiri.


Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

1. Praktek mindfulness 

Praktek mindfulness atau berfokus pada hal yang kita jalani sekarang (yang sedang kita jalani), menyadari dan menerima apa yang sedang kita rasakan dan pikirkan, intinya mengintegrasikan kesadaran penuh pada kegiatan sehari-hari kita, membuat kita relaks. Hal ini berguna untuk mengurangi stress, mengembalikan keseimbangan emosi, mengurangi anxiety dan depresi, meningkatkan konsentrasi hingga membuat tidur lebih nyenyak. Praktek mindfulness yang biasa kita temukan biasanya adalah dengan melakukan meditasi, namun kita bisa mengintegrasikan mindfulness dalam kegiatan sehari-hari seperti mencuci, makan, membaca, jalan-jalan, mengobrol dengan orang lain, bahkan saat tidak melakukan apa-apa. 
Kata kuncinya adalah fully being present in the now. Tidak terganggu oleh hal-hal lain seperti notifikasi media sosial atau rencana yang akan kita lakukan esok hari. Melalui praktek ini kita bisa sepenuhnya sadar apa yang kita rasakan melalui kelima indra yang kita miliki, maupun yang kita pikirkan saat ini.

2. Bertanya kepada orang-orang terdekat

Kita pun, kalau mau, bisa bertanya kepada orang-orang yang terdekat dengan kita mengenai bagaimana mereka melihat kita sehari-hari. Namun, biasanya hal-hal yang diketahui orang lain dan tidak kita ketahui meliputi skill atau sifat tertentu saja. Seperti dalam artikel medium yang ditulis oleh Emmayana Auguli berjudul Discover Yourself, ada 4 hal dalam kehidupan kita yang :
a. Tidak kita ketahui, tapi diketahui orang lain, misalnya skill dan sifat tertentu
b. Kita ketahui, tapi tidak diketahui orang lain, misalnya keinginan
c. Kita dan orang lain sama-sama ketahui, misalnya kondisi fisik, warna kulit, makanan kesukaan
d. Tidak diketahui oleh siapapun, yaitu potensi diri
Saya sendiri merasa kurang nyaman menggunakan cara ini karena meski tidak semua, rata-rata hasilnya subyektif dan biasanya juga membuat yang menjawab bingung harus menjawab bagaimana.

3. Menggunakan buku self-discovery

Salah satu buku self-discovery yang baru selesai saya baca bulan lalu adalah Kokology 2 yang merupakan satu buku yang berisi banyak pertanyaan unik yang bisa mengungkap siapa diri kita yang sebenarnya, mostly diri kita yang tidak kita sadari. Selain Kokology 2, ada buku-buku lain yang bisa kita coba seperti The Psychologist's Book of Personality Test (Louis Janda, Ph.D), Find Your Why (Simon Sinek), dan The Playful Way to Knowing Yourself (Roberta Allen).


4. Melakukan tes yang berhubungan dengan pengenalan diri

a. Tes Kesehatan

Tes kesehatan yang bisa kita lakukan seperti tes kesehatan pada umumnya seperti pengecekan tekanan darah, golongan darah, urin, kadar gula dan lain-lain. Selain itu ada juga tes kesehatan yang ditujukan untuk mengetahui alergi apa saja yang kita miliki. Dengan melakukan tes ini, kita bisa lebih mengenal kondisi fisik tubuh kita, makanan-makanan apa yang terbaik yang bisa kita konsumsi dan jenis kegiatan fisik apa yang sesuai dengan kondisi tubuh kita.

b. Myers-Briggs Type Indicator

Tes lain yang populer adalah tes kepribadian seperti MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang versi aslinya diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers, yang dibuat berdasarkan konsep Carl Jung. MBTI menggunakan 4 kategori yaitu Introversion/Extraversion, Sensing/Intuition, Thinking/Feeling, dan Judging/Perception,  yang menghasilkan 16 tipe kepribadian yang unik. Kita bisa melakukan tes MBTI melalui konselor, coach, terapis dan juga via online, dimana versi aslinya bisa diakses di MBTI Online.

C. The NERIS Type Explorer

NERIS Type Explorer dibuat berdasarkan konsep dari Myers-Briggs, namun dengan menambahkan huruf kelima sebagai penunjuk bagaimana seseorang menanggapi stress (A-Assertive / T-Turbulent). Tes ini bisa kita lakukan secara free di website 16 Personalities. Kita bisa dapat penjelasan lebih mendalam mengenai hasil tes yang kita dapatkan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Pastinya sudah banyak yang menggunakan website ini dong ya. Bagaimana hasil tes kalian menggunakan website ini?
Jenis tes lain yang dikembangkan dari konsep Myers-Briggs, yang bisa kita lakukan secara online dan free (ada versi premium untuk report yang lebih panjang) diantaranya The TypeFinder Personality Test (yang dikembangkan oleh truity), Jung Typology Test, dan Personality Junkie.

c. Astrologi

Jika kita mengenal astrologi sebagai sesuatu yang berkaitan dengan ramalan-ramalan mistis menggunakan 12 lambang zodiak, maka sebenarnya astrologi adalah ilmu mengenai letak benda-benda langit dan pengaruhnya pada kehidupan manusia, seperti letak bulan yang mempengaruhi pasang surut air laut, atau posisi planet tertentu yang gravitasinya bisa menimbulkan perubahan energi di bumi. Secara umum astrologi adalah pemetaan energi. Astrology doesn’t rule your life, you do.
Bagi saya mempelajari astrologi membuat saya termotivasi menjadi versi terbaik diri saya, biasanya akan disebutkan kelebihan dan kekurangan masing-masing sign, jika memang kita punya aspek kekurangan tersebut dalam diri kita, kita bisa memperbaiki aspek tersebut. Jika dikatakan kita punya satu aspek positif yang sepertinya tidak kita miliki, hal itu bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

d. Numerologi

Numerologi biasanya merupakan angka yang didapat dari hasil penambahan seluruh tanggal lahir kita yang menghasilkan 1 digit angka atau 2 digit angka tertentu. Ada pula numerologi yang menghitung angka yang didapat dari nama lengkap kita dan vokal yang ada di dalamnya. Dalam numerologi juga tidak jauh berbeda dari astrologi, dimana tiap angka punya karakter masing-masing, baik kekurangan dan kelebihan. 

e. Love Language

Jika kita mungkin sering merasa tidak dicintai oleh orang-orang di sekitar kita, padahal mereka sudah merasa memberikan cinta kepada kita, mungkin penyebabnya adalah kita punya bahasa cinta atau love language yang berbeda. Love language adalah bahasa yang kita terima atau kita anggap sebagai bentuk cinta dari orang lain maupun cara kita menunjukkan cinta. Kalau sudah tahu jenis love language kita, kita pun bakal mengerti kita maunya dicintai dengan cara bagaimana. Saya menggunakan website 5 Love Languages untuk mengeceknya. Di dalam website tersebut juga ada apology language yang merupakan bahasa maaf. Sudah pernah coba web ini? Jadi, apa bahasa cintamu? Share di kolom komentar ya.

f. Skin Type

Mengetahui jenis kulit juga penting lho, terutama jika kita ingin menentukan produk skincare dan kosmetik mana saja yang sesuai dengan kita. Pengecekan jenis kulit bisa dilakukan di klinik kecantikan atau booth brand tertentu yang menyediakan pengecekan jenis kulit. Selain itu, kita bisa melakukan pengecekan via online yang disediakan beberapa website terutama brand skincare, namun biasanya tidak jauh berbeda dengan self-check dimana kita mengenali ciri-ciri jenis kulit tertentu yang ada pada kulit kita baru kita tahu jenis kulit mana yang paling nyerempet ciri-cirinya dengan yang kita miliki.

g. VITALS

Kita pun bisa melakukan tes sendiri dengan menggunakan 6 faktor yang dikenal dengan singkatan VITALS (Values, Interests, Temperament, Activities, Life Goals, Strengths)
V-Values adalah hal-hal yang penting bagi kita atau prioritas atau juga hal-hal yang menjadi panduan kita untuk membuat keputusan sehari-hari. 
I-Interest adalah hal-hal yang menarik buat kita dalam periode tertentu, termasuk di dalamnya adalah hobi. Interest bisa merupakan hal-hal yang membuat kita penasaran, membuat kita relaks atau membuat kita bersemangat untuk mengetahui lebih jauh tentang hal tersebut.
T-Temperament bisa kita temukan saat kita melakukan tes MBTI. Apakah kita introvert atau extrovert? Intuitive atau Sensing? Thinking atau feeling? Perceiving atau judging?
A-Around the clock Activities mengacu kepada kapan kita suka mengerjakan sesuatu, atau waktu dimana kita menjadi paling aktif.
L-Life Mission adalah sesuatu yang menjadi alasan kita bangun tidur tiap hari, hal-hal yang ingin kita ubah, maupun hal-hal yang membuat kita harus tetap hidup.
S-Strengths bisa meliputi kemampuan apapun yang kita miliki baik skill, talenta maupun hal-hal yang menjadi kekuatan dalam karakter kita, seperti rasa kemanusiaan, kreativitas, keberanian, kepemimpinan, humor dan lain-lain.

h. Holland Code Career Test

Career test (untuk pelajar) yang ada di internet dan bisa kita akses secara free dan tampilannya cukup ringan. Holland Code Career Test juga dikembangkan oleh truity, seperti judulnya akan memberikan hasil tes berupa jenis pekerjaan dan bidang pekerjaan yang sesuai dengan skor yang kita peroleh dari 6 bidang ketertarikan kita. Tampilannya cukup ringan dan tidak membosankan, dan butuh waktu sekitar 10 menit untuk menjawab semua pertanyaannya. Saya sendiri mendapat skor 100% untuk bidang creating, hihi, sehingga pekerjaan saya sekarang ternyata nyambung dengan hasil tes ini. Nah, ada yang sudah pernah coba tes ini?

i. Body Type

Selain jenis kulit, kita juga bisa melakukan tes untuk mengetahui jenis tubuh yang kita miliki. Secara umum, ada 3 jenis body type yaitu endomorph, mesomorph dan ectomorph. Body type ini berguna saat kita menentukan jenis olahraga dan pola makan yang akan kita lakukan. Salah satu website untuk mengetahui body type adalah Body Building. Selain ketiga body type tersebut, menurut ayurveda juga ada 3 jenis body type yaitu vatta, pitta dan kapha. Untuk melakukan tes ini secara free, kita bisa mengakses website seperti shop.chopra.com.

5. You are What You Love


Ini favorit saya nih. Seperti yang sudah saya sebutkan di blog post sebelumnya, bahwa setiap hal yang ada di sekeliling kita adalah pencerminan diri kita. Apapun yang kita sukai adalah apapun yang ada dalam diri kita, baik kita sadari maupun tidak. Semua yang ada di dunia terhubung karena satu alasan, tidak ada sesuatu yang diciptakan dan dipertemukan tanpa makna sama sekali. Jika kamu merasa kamu dilahirkan tanpa makna atau tidak ada gunanya, kamu hanya belum mengenal siapa dirimu. 


6. Journaling

journaling lailiving

Ada banyak macam jurnal yang bisa kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari, saya pun menggunakan beberapa jurnal berbeda untuk tujuan tertentu.
Bullet journal yang lebih berfokus produktivitas (meskipun tidak sedikit bullet journal yang bisa sekaligus jadi menjadi art journal), untuk yang penasaran dengan bullet journal bisa langsung mengecek website Bullet Journal atau langsung ke blog mbak ewafebri yang lengkap membahas mengenai dunia perbujoan. Hihi. 
Morning Pages merupakan jenis journaling yang diperkenalkan dalam buku The Artist Way oleh Julia Cameron. Caranya adalah dengan menuliskan 3 halaman penuh tulisan setiap pagi, tulisannya bisa berupa tentang apapun, tujuannya adalah mengeluarkan apapun yang memenuhi pikiran kita serta membuat kita sadar sebenarnya apa saja yang kita pikirkan.
Brain Dump Journal, bisa menjadi cara efektif untuk decluttering pikiran kita. Untuk itu, saya punya satu file khusus saya di Google Docs yang bisa saya isi kapanpun dimanapun melalui device manapun saat saya membutuhkan sesuatu untuk menuangkan apapun yang ada di pikiran saya. Selain Google Docs, saya juga menggunakan satu jurnal khusus untuk fungsi yang sama, namun biasanya saya menggambar di dalamnya untuk menuangkan isi pikiran saya.
Heartsong Journal adalah jenis jurnal yang diperkenalkan oleh Rachel W Miller, penulis Buzzfeed melalui artikelnya yang berjudul How to Start a Heartsong Journal aka An Encyclopedia of You. Jenis jurnal ini lebih seperti ensiklopedia mengenai diri kita, berisi hal-hal yang bermakna dan membuat hati kita bahagia. Melalui heartsong journal, kita merekam hal-hal penting mengenai diri kita termasuk hal-hal yang kita suka. Sehingga setiap saat kita merasa disconnected dari diri kita sendiri karena problem yang kita temui, kita bisa membaca kembali jurnal ini untuk mengingatkan siapa diri kita sebenarnya. Saya merekam semua hasil tes yang saya lakukan dalam jurnal ini, gunanya agar tidak berceceran dalam inbox email maupun di map yang terpisah-pisah, sehingga saya bisa dengan mudah membacanya lagi untuk mengingatnya kembali.

Salah satu halaman di Heartsong journal yang saya miliki, mengenai hal-hal yang saya sukai :


Untuk tambahan, seperti birthstone, tiap bulan kelahiran punya lambang bunga masing-masing yang punya makna tersendiri, atau disebut birth flower. Karena pada umumnya birth flower dilambangkan per bulan, saya lebih suka menggunakan hananokotoba yang menggunakan tanggal lahir, yang sudah saya jelaskan di blog post sebelumnya. Meskipun tidak ada hubungannya langsung dengan kepribadian manusia, namun seperti astrologi, kita bisa menjadikan makna positif dari birth flower sebagai inspirasi pengembangan diri kita. Misalnya menurut hanakotoba, birth flower saya adalah snowdrop dan pansy. Salah satu arti dari snowdrop adalah kegigihan. Sedangkan salah satu makna dari pansy adalah pemikiran, karena pansy merupakan simbol dari orang-orang yang punya pemikiran kreatif dan out of the box. Maka kedua bunga itu bisa menjadi inspirasi saya untuk lebih bersemangat, lebih gigih dan kreatif. 


Nah, sudahkah kita mengenal siapa diri kita? Cara yang mana yang paling cucok buat kalian untuk proses pengenalan diri ini? Atau punya cara lain untuk mengenal diri sendiri? Share di kolom komentar ya.





Title picture edited by lailiving
Photos by :
- Esentialiving
- Fotografierende

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan