Join lailiving Newsletter



All Time Best Skincare Tips

August 08, 2019



Saat pertama kali memutuskan untuk mengenal skincare lebih banyak, tidak banyak informasi yang bisa saya temukan di internet. Saya mencoba beberapa produk dengan berdasarkan iklan dan klaim produk tersebut, namun rasanya kulit saya selalu memberikan reaksi penolakan setelahnya. Sehingga saya sempat merasa sepertinya saya punya kulit yang berbeda.

Tak menunggu terlalu lama, ternyata topik kecantikan terutama skincare bisa saya temukan dengan mudah di internet. Banyaknya informasi yang saya temukan di internet bisa membuat saya kebingungan. Beberapa blogger mengatakan produk A membuat breakout, namun pada blogger lainnya produk tersebut malah jadi holy grail. Beberapa website menyediakan banyak sekali DIY skincare yang bisa dibuat sendiri di rumah, namun beberapa website lain menyebutkan bahan-bahan natural tersebut untuk tidak boleh digunakan dalam DIY skincare. Begitu pula YouTube, sangat banyak beauty channel yang memberikan review produk skincare, tips cepat mengatasi masalah kulit, dan juga dos & don’ts dalam dunia skincare, yang semuanya bisa berbeda antara satu channel dengan channel yang lain.

Mengapa bisa berbeda? 

Kemungkinan terbesar adalah karena memang kulit tiap orang berbeda. Ada jenis kulit yang memang biasa saja, tidak sensitif sama sekali, ada yang sangat reaktif di waktu tertentu, dan ada pula yang memang tipe kulit sensitif sehingga perlu produk yang lebih gentle. Biasanya blogger atau youtuber akan menceritakan pengalaman pribadi mereka, karena bersifat personal maka bisa berbeda-beda, sehingga kadang satu tips yang bekerja dengan baik bisa berefek negatif pada orang lain. 

Tweet this : A reminder : Be gentle to your skin #AllTimeBestSkincareTips 


Dari sekian banyak tips mengenai skincare yang saya temukan selama ini, ada 7 tips yang hingga saat ini menjadi dasar saya dalam melakukan rutinitas skincare, yang menurut saya adalah 7 tips skincare terbaik untuk kulit saya, alias All Time Best Skincare Tips buat saya.

Kulit saya adalah kulit yang menurut saya sangat berbeda dengan kulit teman-teman saya pada umumnya. Produk-produk skincare maupun make-up yang disukai banyak orang terutama yang mudah ditemukan di sekitar kita, di kulit saya sering kali tidak cocok.



Jadi, untuk kalian yang mungkin masih belum menemukan produk skincare yang cocok, atau merasa sepertinya punya kulit yang berbeda dari orang kebanyakan, jangan bersedih. Jika produk di sekitar kita tidak bisa mengatasi, masih ada produk-produk yang diciptakan untuk orang-orang di negara lain. Bukan berarti saya mengajak kalian untuk menggunakan produk luar negeri atau menganggap produk lokal tidak bagus. Hanya gunakan produk yang cocok dengan kulit kita, tidak peduli produk lokal atau tidak, produk drugstore atau high-end, atau mau menggunakan 20 lapis produk atau hanya pakai 3 produk saja. Semua itu tergantung kulit masing-masing. Yang enak bagaimana, begitu deh. 

Tweet this : Skincare is personal. Choose the best one you can enjoy everyday #AllTimeBestSkincareTips 


Nah, jadi apa saja ketujuh skincare tips terbaik yang saya temukan dan saya gunakan hingga saat ini? Check this out!

1. Hydrate! Hydrate! 

Meskipun kulit saya jenis kulit kombinasi yang saat udara dingin bakal kering, dan saat udara panas bakal berminyak sekali terutama di area T-zone, namun hidrasi sangat penting di berbagai kondisi. Jika banyak yang berpikir kalau saat kulit berminyak adalah saat dimana kulit kelebihan hidrasi dan harus diatasi dengan produk yang mengeringkan, itu salah. Kulit menjadi berminyak karena kulit merasa kekurangan kelembaban sehingga dia memproduksi oil yang berlebihan untuk membuat kulit jadi lembab. Saat kita pakai produk yang membuat kulit kering seperti produk khusus acne, biasanya beberapa saat kemudian kulit kita jadi lebih oily.
Solusinya tentunya adalah menggunakan produk yang tepat untuk menghidrasi. Saya sendiri merasa kalau saya hanya menggunakan hydrating toner sebelum sunscreen, maka di siang hari, kulit saya sudah jadi kilang minyak. Maka, saya pun menambahkan moisturizer sebelum menggunakan sunscreen.
Kulit yang mengalami kekeringan bisa memicu masalah kulit seperti jerawat, tekstur kulit, kulit yang terlihat kusam, kulit terlihat tidak sehat hingga produksi minyak berlebihan di wajah. Salah satu youtuber korea yang saya lupa namanya, menyarankan kita untuk menggunakan produk-produk yang memberikan hidrasi yang cukup pada wajah, sehingga kulit bisa tampak lebih sehat dan glowing alami.

2. Don’t over-exfoliate

Efek utama dari eksfoliasi terutama saat kita baru saja menggunakan produk eksfoliasi adalah kulit jadi lebih cerah dan warnanya merata. Namun, jangan sampai hasil yang indah ini membuat kita jadi terlalu rajin melakukan eksfoliasi hingga jadi over-exfoliate, yang nantinya bisa merusak skin barrier yang bisa menyebabkan masalah baru.
Jika sudah pakai produk eksfoliasi dalam bentuk toner, maka disarankan untuk tidak menggunakan produk eksfoliasi dalam step selanjutnya seperti serum dan moisturizer yang konsentrasi bahan untuk eksfoliasinya biasanya lebih tinggi, kecuali dalam kondisi tertentu seperti saat pengobatan jerawat. Selain itu, kalau memang dirasa cukup dengan melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu, ya sudah segitu saja, dan memang idealnya tidak dilakukan setiap hari.

3. Don’t skip sunscreen

Apapun yang terjadi jangan pernah melewatkan sunscreen. Sunscreen adalah skincare terbaik yang bisa kita gunakan. Dulu di masa sekolah, waktu olahraga saya sering mendengar kata-kata ‘jangan takut matahari, matahari tidak membuatmu mati’ dari guru olahraga. Maksudnya sih agar murid-murid lebih aktif, tidak bermalas-malasan waktu olahraga. Namun menurut saya, perlu diberitahu juga ‘Ayo lebih aktif, jangan lupa pakai sunscreen ya’. Dengan begitu, kami pun jadi sadar untuk aktif di bawah sinar matahari namun tetap terlindungi.
Tanpa sunscreen, semahal apapun skincare yang kita pakai di malam hari, maka tidak akan bekerja dengan baik. Bisa dibilang, produk skincare terbaik yang bisa kita gunakan adalah sunscreen. Ada banyak sekali produk sunscreen yang bisa kita pilih, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Pilih produk yang membuat kita bersemangat menggunakannya setiap hari.


4. Eat for your tummy and skin


Makanan juga berpengaruh terhadap kondisi kulit. Jerawat yang muncul di wajah pun bisa merupakan pertanda ada gangguan dalam tubuh kita, misalnya jerawat di sekitar mulut bisa dikaitkan dengan gangguan pencernaan, seperti yang sering saya alami di masa lalu. Saat kita memakan makanan yang seimbang, hormon dalam tubuh kita pun akan seimbang, tidak akan ada yang over-produced atau ter-nonaktifkan. Seperti misalnya saat kita banyak mengkonsumsi makanan dengan angka indeks glikemik tinggi akan dengan mudah menaikkan gula darah. Saat gula darah naik, insulin naik, begitu pula androgen. Hormon androgen berkontribusi sebagai penyebab jerawat karena dalam kondisi ini dia mampu meningkatkan pertumbuhan sel kulit dan produksi sebum. 

5. Be gentle to your acne

Jika selama ini produk yang ditujukan untuk jerawat atau anti acne cenderung bersifat mengeringkan jerawat yang mungkin bisa membuat kulit wajah jadi kering, maka sebaiknya kita meminimalisir produk-produk anti jerawat yang kita gunakan, misalnya hanya untuk spot treatment saja. Kondisi kulit yang kering karena rangkaian skincare untuk jerawat yang bersifat drying, bisa memicu produksi oil berlebihan dan juga membuat kulit wajah kita disukai bakteri penyebab jerawat. Pastikan setelah menggunakan produk untuk acne treatment, kita juga menggunakan produk yang melembabkan sehingga kulit kita tidak kehausan.

6. Skin is smart


Kulit kita adalah organ yang pintar, dia akan melakukan apapun untuk melindungi kita. Saat kita muncul jerawat atau mungkin hiperpigmentasi, pasti ada pesan yang disampaikan oleh kulit, misalnya karena kita makan makanan tidak sehat atau karena kita tidak pakai sunscreen.
Ingredients seperti hyaluronic acid tidak bisa masuk sampai lapisan dermis, karena molekul yang dimiliki terlalu besar. Kalau toner atau serum hyaluronic acid yang kita pakai ternyata masih terlalu besar, bisa bayangkan seperti apa saringan dalam lapisan kulit kita?
Sedangkan ingredient tertentu yang mungkin asing bagi kulit terutama karena secara alami tidak terdapat dalam kulit juga tidak bisa sepenuhnya terpenetrasi ke dalam kulit, karena kecanggihan kulit kita tersebut.
Mungkin selama ini kita khawatir atau ketakutan bagaimana cara merawat kulit sehingga kita menggunakan banyak sekali produk di kulit kita, yang bahkan kita tidak mengetahui fungsinya untuk apa. Kulit kita pintar, berikan bantuan dengan rasa senang, dan biarkan dia bekerja sesuai fungsinya. Jangan sampai kita melakukan skincare routine kita dengan perasaan takut karena menganggap kulit kita tidak mampu sama sekali. Memang, seiring waktu kemampuan sel-sel kulit kita seperti halnya sel-sel tubuh kita yang lain akan mengalami penurunan, sehingga kita perlu menyesuaikan produk yang kita pilih sesuai usia dan kebutuhan kulit yang mengalami perubahan tersebut. 

7. Don’t let the trend hurt your skin

Dalam dunia skincare pun ada trend tertentu dimana hampir semua brand mengikutinya, misalnya beberapa waktu lalu centella asiatica sempat menjadi trend, sehingga kita dengan mudah menemukan banyak brand menggunakan ingredients ini dalam produk-produknya. Bukan berarti saya mengatakan centella tidak bagus. Centella adalah salah satu ingredients yang cucok buat kulit saya, karena termasuk bahan yang calming. Namun, saat kita tidak membutuhkan satu produk dengan bahan tertentu yang sedang menjadi trend, kita tidak perlu menggunakannya. Prioritaskan produk-produk yang memang kita butuhkan.
Seperti ingredients, biasanya dalam beberapa waktu ada brand-brand tertentu yang hype dan sepertinya dipakai hampir semua orang mulai dari beauty blogger, youtuber, hingga selebritis. Kalau kita sedang tidak membutuhkannya atau tidak ingin menggunakannya, kita tidak perlu memaksakan diri untuk membeli produk-produk yang sedang hype tersebut. Jangan sampai kita melukai kulit dan dompet kita sendiri hanya karena ingin mengikuti trend.



Nah itu tadi ketujuh skincare tips terbaik yang saya dapat selama ini yang selalu jadi semacam reminder saya biar tidak kalap beli produk-produk skincare dan agar saya menjadi konsumen yang baik tanpa membuang-buang skincare karena saking banyaknya produk dan keduluan expired.
Skincare routine yang kita lakukan bukanlah sebuah beban atau ada karena kebencian atas masalah-masalah kulit yang saya alami, namun sesuatu yang dengan senang hati kita lakukan seperti saat kita makan setiap hari. Rutinitas ini adalah bentuk terima kasih dan bantuan kita terhadap kulit kita.
Lakukan dengan senang dan berikan yang terbaik.


Tweet this : You are beautiful, no matter how many acne or dark spots you have. You are beautiful because you let your imperfection be part of your life #AllTimeBestSkincareTips 


Jadi apakah kalian punya tips skincare yang menjadi favorit hingga saat ini? Share di kolom komentar ya.



Pictures edited by lailiving
Background photos by :
- lailiving
- Foto T
- Kim Daniels
- Christian Newman
- Annie Spratt

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan