Saya Dapat Liebster Award!

 

liebster award lailiving

Saya Dapat Liebster Award!

Hai! Kali ini saya akan membuat blog post dalam bahasa Indonesia. Sesuai judulnya, saya dapat Liebster Award! Yay! Kelihatannya keren ya dapat award, tapi apa sih Liebster Award?

Singkatnya Liebster Award adalah sebuah penghargaan dan recognition yang diberikan satu blogger pada blogger lainnya. Tidak perlu jadi blogger terkenal atau memiliki jutaan views dan komentar, siapapun bisa dinominasikan untuk Liebster Award. Setelah dinominasikan, blogger tersebut wajib membuat blog post mengenai Liebster Award. Intinya semacam membuat tulisan berantai, mungkin ya.

Saya tahu Liebster Award dari mbak Yani yang menominasikan blog ini dalam blog post Liebster Award (jadi terharu). Dalam postingan tersebut sudah jelas beberapa rules yang harus diikuti. Rules tersebut sepertinya mirip seperti Liebster Award yang saya baca di blog-blog lain, hanya berbeda di jumlah pertanyaan dan orang yang dinominasikan.

Rules yang ini saya dapat dari blognya mbak Yani yang menominasikan saya dalam Liebster Award.

 

Rules :

Membuat blog post mengenai Liebster Award yang isinya :

1. Ucapan terima kasih kepada blogger yang menominasikan

2. Menyebutkan 11 fakta mengenai diri sendiri + 3 blog post favorit

3. Memberikan jawaban untuk pertanyaan dari blogger yang menominasikan

4. Menominasikan 11 blogger lain

5. Memberikan 11 pertanyaan kepada blogger yang dinominasikan

6. Memberitahukan kepada blogger yang dinominasikan mengenai Liebster Award

 

Thanks To :

Mbak Yani (iidyanie.com) yang sudah menominasikan blog ini dalam Liebster Award. Awalnya saya iseng baca-baca blog post dari blogger yang saya follow, termasuk postingan Liebster Award milik mbak Yani. Ternyata ada nama saya. Ketika login kembali ke akun instagram saya, ternyata mbak Yani juga mengirimi saya pesan mengenai award ini, beberapa hari sebelumnya. Kalau tidak dinominasikan mbak Yani, saya mungkin tidak akan tahu ada award semacam ini (mungkin baru tahu beberapa tahun kemudian kali ya). Meski sejak Mei saya jarang nulis blog (karena ada hal-hal yang harus saya selesaikan), saya terharu ternyata mbak Yani masih ingat saya Q^Q Pokoknya makasih ya mbak, hehe.

 

lailiving facts


11 Random Facts About Me

1// The first child yet always be mistaken as the second child (my sister). The youngest in the workplace, and finally I know how it feels like to be the youngest lol

 

2// I love sky, stars and space. Sesuatu yang luas bisa membawa ketenangan. Langit, gedung besar yang kosong, lautan, dan ruang angkasa. Artikel, buku, bahkan lagu mengenai alam seperti langit, lautan dan bintang bisa langsung menjadi favorit saya, haha. 

 

3// Magic. Dari dulu saya suka nonton anime yang mengandung keajaiban seperti sailormoon (karena mereka menggunakan nama-nama planet dan benda-benda luar angkasa). Bahkan sampai sekarang saya masih membaca manga Cardcaptor Sakura, haha. Beberapa “novel” dan “komik” yang saya buat di masa sekolah juga semuanya mengandung magic seperti konstelasi, elemen alam, bahkan vampire. 

 

4// Simple foods. Makanan favorit saya tidak aneh-aneh. Buah, sayur dan makanan yang tidak melalui proses memasak terlalu panjang. Bukan berarti saya tidak menyukai rendang, dendeng, dan teman-temannya, saya tetap bisa makan, namun jika mereka tidak ada pun, saya masih bisa hidup. 

 

5// Clean scent. Saya suka bau kebersihan, untuk detergen, sabun mandi, pembersih lantai dan pengharum ruangan. Untuk bau buah, bunga, atau rempah-rempah pada produk-produk tersebut, saya tidak begitu suka. Berbagai minyak esensial masih bisa saya sukai, tapi yang terfavorit tentu saja lavender. 

 

6// Simple skincare routine. Seperti yang saya sebutkan di Calming Skincare Routine, saya menggunakan produk-produk yang saya butuhkan saja setiap hari. Untuk setiap beberapa waktu, saya akan menggunakan exfoliating toner. Sehari-hari saya menggunakan serum, moisturizer dan sunscreen saja. Sisanya, kalau saya ingin, akan menggunakan essence dan exfoliating toner. 

 

7// Tidak begitu suka makanan dan minuman manis. Jika boleh memilih antara minuman hits yang berisi berbagai macam benda di dalamnya dengan air mineral, saya memilih air mineral. Jenis kue dengan dekorasi yang indah pun, saya tidak begitu suka, selain karena tidak tega, saya punya pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu. Di masa lalu saya sangat menyukai kue tart dan es krim, namun ada satu waktu setelah memakan kue tart dengan banyak krim, saya jadi kena semacam radang tenggorokan dan demam tinggi. Hahaha. 

 

8// Masa lalu biarlah masa lalu. Saya mudah sekali melupakan masa lalu. Wajah orang yang baru saya temui saja, saya sering lupa, apalagi masa lalu. Sehingga, bersih-bersih benda-benda dari masa lalu cukup mudah bagi saya, karena menurut saya (juga disebutkan di bukunya mbak Marie Kondo) benda-benda yang sudah kita lupakan keberadaannya, lebih baik dipindahkan dari kehidupan kita (entah dengan dibuang, didonasikan atau yang lainnya). Jadi kalau misalnya ada uang yang terselip di barang-barang masa lalu dan ditemukan oleh orang yang lagi bersih-bersih, anggap saja itu rezeki buat yang bersih-bersih. 

 

9// Tidak punya warna favorit. Selama sekolah dari SD hingga menjelang kuliah, saya masih punya warna favorit. Favorit saya selalu biru dan merah. Benda-benda yang dibelikan oleh ibu kepada saya juga selalu biru, merah atau hijau, sedangkan adik saya selalu dapat warna yang lebih kalem seperti pink, hijau muda atau orange. Sejak belajar desain, saya tidak bisa menentukan satu warna favorit. Saat melihat mereka semua dalam palet warna di software desain, mereka semua indah. Saya tidak bisa memilih. 

 

10// Lebih suka mendengar lagu. Dibandingkan menonton drama atau film, saya lebih suka mendengarkan lagu (sekarang ditambah podcast dan audiobook), karena sambil mendengarkan saya bisa melipat baju, bersih-bersih atau melakukan kegiatan lainnya. Jika saya hanya mendengarkan lagu atau podcast saja tanpa melakukan hal lain, maka saya pasti ketiduran, haha.

 

11// Suka hal-hal lucu dan menggemaskan. Sesuatu yang dianggap lucu bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Bagi saya, sesuatu yang lucu adalah hal-hal seperti suara hewan-hewan yang unik (terutama yang mirip manusia), video hewan peliharaan yang kadang terlihat tidak penting, dan video yang bahasanya tidak saya pahami. 

 

 

Favorite blog posts :

Ketiga (empat karena ada 2 versi untuk satu judul yang sama, hihi) blog post ini menjadi favorit saya karena saya menyukai infografis yang saya buat sendiri di dalamnya, hehe. Monthly Highlight bulan Agustus lalu adalah pertama kalinya saya membuat monthly highlight dalam format berbeda tanpa saya rencanakan dan saya pun menyukai hasilnya.

1// Simple Things You Can Do To Love The Earth

2// Monthly Highlight : August 2020

3// Basic Skincare : Sunscreen || Basic Skincare :Sunscreen (English Ver.)

 

Pertanyaan dari Mbak Yani -iidyanie.com-

1// Kapan pertama kali kamu membuat blog?

Pertama kali membuat blog waktu SMP, untuk tugas pelajaran TIK yang tentu saja isinya tugas-tugas TIK. Selama masa sekolah, semua blog yang saya buat isinya tugas-tugas dan pelajaran. Baru pas kuliah, isinya macam curhatan, opini dan sedikit terjemahan artikel (buat latihan bahasa Inggris).

 

2// Alasan apa yang membuat kamu ingin memiliki blog?

Dari dulu saya suka melihat interface blog atau website yang lucu-lucu, jadi saya pengen punya blog sendiri, dengan konten original, dan foto-foto saya sendiri.

 

3// Tema atau topik apa yang sering kamu tulis di blog?

Lebih banyak tentang skincare dan pengalaman pribadi.

 

4// Bagaimana cara kamu menghadapi writer's block?

Tidak berbuat apa-apa sih, hehe. Kalau sedang tidak ada yang ingin ditulis, saya tidak memaksa buat menulis apa-apa. Seperti yang saya lakukan sejak pertengahan Mei sampai Juli.

 

5// Apakah kamu bergabung ke komunitas blogger? Komunitas apa saja?

Saya bergabung di komunitas Blogger Perempuan.

 

6// Apa manfaat menulis yang kamu rasakan?

Tentu saja, mengurangi kebisingan yang ada dalam kepala saya. Meski dalam masa “libur” ngeblog, saya tetap menulis jurnal. Jika tidak menuliskannya, saya bakal merasa kebingungan dengan banyaknya pikiran yang bermunculan dengan randomnya di kepala saya.

 

7// Buku apa yang dibaca di masa pandemi ini?

Seperti yang saya sebutkan di Monthly Highlight :July 2020, forever reading saya adalah buku A New Earth oleh Eckhart Tolle. Selain A New Earth, saya membaca beberapa buku lain seperti Untethered Soul, The Power of Now dan baru-baru ini yang saya publish di Monthly Highlight :August 2020 yaitu Astrology for The Soul dan Krishnamurti’s Notebook.

 

8// Apa kegiatan kamu selama pandemi selain nulis blog?

Saya masih pergi bekerja, jadi sepertinya kegiatan sehari-hari saya tidak banyak berubah. Berbeda dari sebelumnya, karena saya menulis blog lebih jarang, saya menulis jurnal lebih banyak, serta membaca buku, mendengarkan podcast dan audiobook, serta menonton video-video calming di YouTube.

 

9// Apa momen terbaik kamu semasa menjadi bloger?

Sepertinya semua momen asik-asik selama menjadi blogger. Mungkin saat ikut blog challenge selama sebulan, rasanya saya harus melakukan planning dan menyesuaikan jadwal blogging dengan kegiatan sehari-hari saya.

 

10// Jikalau pandemi telah usai, mau jalan-jalan ke mana saja? Apa alasannya?

Entah kenapa saya ingin ke pantai yang tenang, yang tidak ada orangnya, untuk bersantai, selama beberapa hari.

 

11// Jikalau dikasih pilihan, mau jadi blogger sukses, penulis sukses atau pebisnis sukses?

Ketiganya oke, hehe. Tapi karena saya lebih suka menulis blog, saya ingin menjadi blogger sukses. Jadi pebisnis sukses yang membuat produk yang membantu banyak orang juga menjadi keinginan saya – tapi walaupun saya jadi pebisnis, saya akan masih tetap menulis blog.

  

Nominees

Semua nominees yang saya sebutkan disini adalah para blogger yang saya follow dan tulisannya muncul di blog feed saya, sehingga saya sering membaca tulisan mereka. Meski saya libur menulis untuk beberapa lama, saya masih sering membaca blog orang lain lho (meski tidak selalu muncul di kolom komentar, karena biasanya pas tidak login di akun google atau disqus, hehe)

1// Ewafebri | Journaling Blog : Blogger pertama yang berasal dari Indonesia yang saya temukan yang membahas mengenai bullet journal dan hal-hal seputar produktifitas. Sesama Aquarius, haha, dan bahasa yang digunakan untuk setiap blogpostnya lucu-lucu, sehingga tidak membosankan meski topiknya terlihat seram seperti produktifitas. Haha.

2// Niklosebelas | The Cranky One : Mbak Nike adalah salah satu blogger yang saya kenal melalui komunitas Blogger Perempuan, kalau tidak salah karena sama-sama ikut challenge 30 hari menulis blog. Tulisannya beragam, kebanyakan mengenai lifestyle, kesehatan, parenting dan hal-hal asik seperti makanan, hihi. 

3// Monica Agustami : Blogger asal Jogja yang menulis mengenai kecantikan dan kesehatan - yang ternyata juga suka menonton anime dan membaca manga. Saya suka baca-baca review skincare dan make-up di blog ini, karena selain penjelasannya langsung mudah dipahami juga karena foto-fotonya yang mendukung blog.

4// Murenzonio [ Personal Journey of Mur ] : Blogger Jakarta yang juga saya kenal melalui komunitas Blogger Perempuan dan challenge menulis blog setahun lalu. Yang saya suka pertama kali dari blog ini adalah foto-fotonya. Kalau tidak salah, review mengenai ramen-ya yang ditulis tahun lalu, adalah yang paling saya ingat.

5// Farah | Find Beauty in Peace : Blogger yang juga saya kenal melalui challenge Blogger Perempuan. Tulisannya banyak mengenai review skincare dan make-up. Saya suka foto-foto yang ditampilkan di blog ini, untuk product review bisa sangat membantu pembaca untuk mengetahui bagaimana bentuk produk dan hasilnya.

6// Celoteh Kiky : Saya mengetahui blog mbak Kiky ini karena lagi-lagi blog challenge oleh Blogger Perempuan tahun lalu. Tulisannya beragam mulai dari lifestyle, curhatan, review film, keuangan hingga jalan-jalan. 

7// A Lifelong Journey by Lulu Khodijah : Blogger asal Surakarta yang tulisannya juga beragam (namun favorit saya selalu review drama korea dan buku, hihi) mulai dari review buku, review novel, review drama, hingga pengalaman pribadi (kalau tidak salah saya baca mengenai tes CPNS di blog mbak Lulu juga)


liebster award questions indonesia




Pertanyaan untuk nominees :

1// Apa saja lagu atau podcast yang belakangan ini sering kamu dengarkan?

2// Apa rekomendasi buku yang wajib dibaca oleh teman-teman blogger yang lain?

3// Ingin tinggal di daerah perkotaan atau pedesaan? Alasannya?

4// Apa hal yang kamu syukuri saat ini?

5// Jika kamu dapat kesempatan untuk bisa bertemu seseorang (orang yang sudah meninggal, tokoh penting, tokoh fiksi), siapakah itu? Apa yang akan kamu lakukan jika bisa bertemu dengan seseorang tersebut?

6// Apa quote favorit yang selalu kamu ingat dalam hidupmu?

7// What is love?

8// Apakah ada hal yang berubah baru-baru ini?

9// Apa makna kehidupan bagimu?

10// Jika kamu bisa kembali ke masa lalu, apa yang akan kamu lakukan atau katakan pada dirimu di masa itu?

11// Apa pesan yang ingin kamu sampaikan pada kamu 10 tahun mendatang?

 

Catatan : Siapapun boleh menjawab pertanyaan ini (meski tidak saya nominasikan dalam Liebster Award) dalam bentuk blog post atau social media post. Beritahu saya jika kamu ikutan ya, agar saya bisa share tulisanmu di blog post saya selanjutnya



liebster award english questions



English versions (for those who want to join in) :

1// What songs/podcasts do you recently listen to?

2// What books do you want to recommend?

3// Do you want to live in the city area or countryside? Why?

4// What are the things you are grateful for right now?

5// If you were given a chance to meet someone (deceased person, celebrity, famous person, fiction character), who would that person be? What would you do?

6// What is your favorite life quote?

7// What is love?

8// Has anything in your life been changed recently?

9// What is the meaning of life for you?

10// If you could go back to the past, what would you do or say to the past you?

11// What message do you have for you in 10 years from now?

 

Note : Even though you are not nominated in this blog post, you can answer the questions above in your blog post or your SNS. Let me know if you join in, so I can share yours in my next blog post.

 


Naaah, ini pertama kalinya saya menulis tentang Liebster Award, jika ada kesalahan mengenai rules dan penjelasan mengenai award ini, silakan mengirimkannya di kolom komentar ya. Silakan ikutan menjawab pertanyaan, meski blog kalian tidak saya nominasikan di sini. 

 

Sampai jumpa di blog post selanjutnya.

 

 

 

Photo by Mehmet Ali Turan from Unsplash

Nature Icon Pack by Freepik from Flaticon

 

 



0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time