Join lailiving Newsletter



5 Hal Penting yang Sering Dilupakan Saat Pakai Skincare

April 25, 2019




Masalah yang sering saya jumpai ketika teman-teman saya meminta pendapat atas produk skincare yang mereka pakai adalah ternyata mendatangkan masalah kulit baru seperti munculnya jerawat atau bahkan kulit jadi terlihat kemerahan. Penyebabnya mungkin bisa terjadi karena produk yang dipakai memang tidak cocok, seperti menggunakan produk untuk kulit kering pada jenis kulit berminyak atau menggunakan produk dengan bahan-bahan yang keras untuk kulit sensitif. Untuk masalah ini, bisa dibaca bagaimana cara untuk memilih skincare ala saya di post sebelum ini.


Namun, jika sudah menggunakan produk yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit dan lain sebagainya, namun masalah kulit masih terjadi, mungkin juga penyebabnya adalah saat menggunakan skincare. Cara menggunakan dan menyimpan skincare serta memahami label kemasan skincare bisa mempengaruhi kerja produk di kulit kita.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan skincare terutama untuk pemula, yang tentu berdasarkan pengalaman pribadi saya :

1. Membaca label kemasan (penggunaan, penyimpanan, expired date)

Ada produk skincare tertentu yang membutuhkan cara penggunaan yang berbeda dari produk lain dan juga kapan produk tersebut baiknya digunakan. Petunjuk penyimpanan juga penting, biasanya kita harus menghindarkan produk dari sinar matahari langsung dan kondisi yang terlalu basah.
Selain itu, ada produk yang expired di tanggal tertentu dan ada yang expired beberapa waktu setelah kemasan dibuka. Biasanya label seperti ini, atau biasa disebut PAO (Period After Opening). 12M dalam simbol ini berarti produk tersebut bisa digunakan hingga 1 tahun setelah pertama kali kemasannya dibuka (12M = 12 months). 



source : paosymbol.com


Sedangkan simbol ini berarti masa penggunaan produk adalah 3 tahun ( 36 months) setelah produk dibuka. Setelah lewat masa tersebut, sudah tidak boleh dipakai lagi.

source : paosymbol.com

Selain itu, produk tertentu juga menganjurkan penggunaan yang berbeda seperti menggunakan kapas, spray langsung ke wajah, atau mengocok produk dahulu sebelum digunakan.

2. Menjaga kebersihan saat menggunakan skincare

Pastikan kondisi tangan kita bersih sebelum menggunakan skincare, karena kita tidak ingin memindahkan kuman dari tangan ke kulit wajah kita, misalnya kita harus mencuci tangan hingga bersih sebelum mencuci wajah dengan facewash, atau memastikan kita tidak menggunakan toner setelah tangan kita mengoleskan body lotion.

3. Menghentikan penggunaan jika keadaan kulit terus memburuk

Biasanya akan ada reaksi kulit saat menerima produk baru untuk beberapa waktu, atau ditandai dengan purging. Jika keadaan kulit yang memburuk tidak segera kembali dalam 2-3 minggu bahkan keadaan terus memburuk, maka saatnya menghentikan penggunaan produk, dan berkonsultasi dengan ahlinya.

Baca juga : Kenapa Skincare Berhenti Berfungsi?

4. Tidak mencoba skincare baru secara bersamaan

Jika kita ingin mencoba beberapa produk skincare baru, sebaiknya tidak digunaan bersamaan. Gunakan satu per satu terlebih dulu untuk melihat efeknya. Kalau kita pakai 2 atau 3 produk baru bersamaan, kita akan sulit mengetahui produk mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak. Jika terjadi efek negatif, penggunaan 1 produk baru saja dalam satu waktu akan dengan cepat diketahui produk mana yang harus kita hentikan penggunaannya. Biasanya saya memberi jedah sekitar 2 minggu antara 1 produk baru dengan produk baru lainnya untuk saya gunakan.

Baca juga : Skincare Routine Guide -The Basic-

5. Mengetahui waktu yang tepat

Beberapa produk skincare yang merupakan exfoliator lebih baik digunakan pada malam hari. Namun jika ingin tetap menggunakannya di siang hari, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen minimal SPF 30 agar kulit yang lebih sensitif ini bisa terlindungi dari sinar matahari. Selain itu, kita juga tidak membutuhkan produk yang mengandung SPF di malam hari, sehingga produk seperti ini lebih cocok digunakan di siang hari.

Pernah mengalami masalah kulit setelah mencoba satu produk skincare baru? Mari share pengalaman tentang skincare di kolom komentar di bawah ini.

You Might Also Like

8 comments

  1. saya ngak ngerti masalah skincare, tapi karena membaca tulisan ini otak saya kok menjadi lebih tahu tentang skincare..... trim';s admin informasinya. :)

    ReplyDelete
  2. Kalo soal PAO aku lebih suka lupa sama make-up haha. Kalo skincare lebih sering dipake soalnya daripada make-up. Tahu-tahu beberapa produk make-up PAO-nya udah deket aja :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, make up juga sering dilupakan :" tahu tahu udah lewat

      Delete
  3. dulu jaman belum teredukasi soal per-skincare-an saya sering banget nyoba2 produk baru secara bersamaan karena saking keselnya sama jerawat dan pengen hasil instan, pas BO jadi bingung mana biang keroknya :( experience is the best guru emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak mana jaman dulu tuh belum rame blog yang bahas skincare ya :" seiring waktu bakal paham juga tentang skincare, jadi lebih hati-hati

      Delete
  4. Eh bener banget ini mba lala, dulu waktu masih singel saya suka labil kalo pake produk ya alhasil muka bruntusan sampe jerawatan di mana2, jadilah difacial ke dokter biar jerawat sirna tapi malah nguras kantong kan ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalo ke dokter emang ampuh banget tapi juga ampuh nguras dompet :D

      Delete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan