Join lailiving Newsletter



Masih Haruskah Kita Minum Air 8 Gelas Setiap Hari?

March 23, 2019




Seperti yang sudah sering kita dengar bahkan baca, kita disarankan untuk meminum 8 gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Namun sebenarnya seberapakah 8 gelas air tersebut? Gelas yang mana yang harus kita pakai?

Pertanyaan inilah yang dulu saya tanyakan kepada ibu saya. Gelas yang mana yang harus saya pakai? Apakah gelas jumbo ayah? Gelas plastik milik saya? Atau gelas tebal milik ibu? Ibu saya hanya mengatakan bahwa saya hanya perlu minum air secukupnya, yang memang dibutuhkan oleh tubuh, tidak sampai berlebihan, karena tidak baik juga untuk kesehatan.

Dan memang benar, kelebihan konsumsi air yang bisa menyebabkan hyponatremia pun bisa berbahaya bagi tubuh, karena menyebabkan larutnya berbagai elektrolit penting dalam tubuh kita, yang bisa menimbulkan gejala mulai dari sakit kepala hingga koma. Tentu saja, kekurangan air pun juga berefek buruk terhadap kerja tubuh karena fungsi air adalah untuk membawa oksigen, membantu kerja sel hingga membantu kerja ginjal. Kekurangan air dalam tubuh bisa menimbulkan tanda-tanda seperti sakit kepala, kram, hingga kehilangan kesadaran.

Bagaimana mengetahui saya cukup minum air atau tidak?
Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat warna urine, jika warnanya bening hingga kuning muda, artinya kita sudah mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Jika urine berwarna gelap, maka kemungkinan tubuh kita mengalami dehidrasi.

Menurut National Academies of Science, Engineering and Medicine, kebutuhan air manusia berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, kondisi tubuh dan juga kegiatan yang dilakukan. Umumnya, pria membutuhkan 3.7 liter air setiap hari, sedangkan wanita sekitar 2.7 liter. Jumlah ini akan berbeda jika seseorang dalam kondisi sakit, melakukan kegiatan fisik yang berat, atau sedang hamil atau menyusui.


Ada beberapa rumus yang bisa digunakan untuk menghitung seberapa banyak air yang dibutuhkan tubuh kita. Biasanya rumus ini menggunakan berat badan, namun ada juga yang menggunakan durasi kegiatan fisik yang dilakukan, namun kali ini saya hanya membahas rumus yang menggunakan berat badan saja, karena lebih simpel.

Rumus pertama adalah berasal dari buku berjudul Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI) yaitu dengan membagi-bagi berat badan. Untuk 10 kilogram pertama, kita membutuhkan 1 liter air. Untuk 10 kilogram kedua, kita membutuhkan 500 ml. Dan sisanya, setiap kilogramnya membutuhkan 20 ml.

Jadi jika berat badan saya 52 kilogram, maka kebutuhan air saya adalah 1000 ml + 500 ml + (32 x 20) = 2140 ml = 2,14 liter

Rumus kedua, yaitu dengan membagi berat badan dengan 0,024 yang hasilnya ada liter total kebutuhan air setiap harinya. Jadi misal berat badan saya 52 kilogram, maka kebutuhan air setiap hari tubuh saya adalah 52 / 0,024 = 2,16 liter.

Kedua rumus di atas memberikan hasil yang tidak jauh berbeda untuk saya, yaitu sekitar 2 liter per hari.

Baca juga : 5 Cara untuk Minum Cukup Air Setiap Hari



Kalau tidak ingin repot-repot menghitung rumus, kita bisa menggunakan beberapa website untuk menghitung kebutuhan air tubuh kita. Beberapa faktor yang digunakan seperti berat badan, usia, jenis kegiatan, akan menjadi penentu jumlah air yang kita butuhkan.

1. Good Calculators
Merupakan website yang berisi kumpulan kalkulator, salah satunya kalkulator untuk menghitung kebutuhan air harian tubuh kita. Kalkulator ini menggunakan berat badan dan durasi kegiatan fisik yang kita lakukan.

2. H4Hinitiative
Di website ini, lebih banyak faktor yang harus kita masukkan, seperti berat badan, tinggi badan, usia, durasi kegiatan fisik, jenis kelamin hingga negara tempat tinggal. Menariknya, akan disertakan analisis apakah kita sudah meminum air yang cukup dan juga tips lainnya.

3. WaterWise
Website ini lebih simpel lagi, kita hanya perlu memasukkan berat badan saja, dan langsung mendapatkan hasil perhitungannya.

Biasanya dalam website kesehatan yang saya temukan, 1 gelas yang dimaksud biasanya setara dengan 235 - 236 ml, sehingga kalau kita meminum 8 gelas air, maka kita dalam 1 hari kita sudah meminum 1,88 liter air, yang juga tidak memiliki selisih yang jauh dari hasil perhitungan menurut website dan rumus di atas, untuk berat badan saya. Namun, jumlah ini menurut saya tidak bisa disamaratakan untuk semua orang dan semua kondisi. Sehingga menurut saya, kita bisa menggunakan rumus maupun website untuk mengetahui seberapa banyak air yang kita butuhkan untuk berat badan kita, atau untuk lebih jelasnya kita bisa berkonsultasi dengan ahlinya terutama jika keadaan tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu.




Title photo edited by lailiving
Background photo by : Manu Schwendener
Taking notes photo by : J Kelly Brito

You Might Also Like

4 comments

  1. setuju mbak. Gak semua orang perlu minum 8 gelas per hari karena aktivitas dan kondisi kesehatan setiap orang berbeda. Om ku yang punya masalah sengan jantung justru gak boleh kebanyakan minum air putih kalo g salah kata dokternya nanti bikin apanya kerendem gitu karena kebanyakan cairan dalam tubuh

    ReplyDelete
  2. Alhamduliah aku sidah terbiasa minum air putih sejak kecil, moga selalu doneri kesehatan selaluuu

    ReplyDelete
  3. Oh ternyata ada rumusnya juga ya baru tau saya, iya sepertinya anjuran minum 8 gelas perhari itu tidak bisa disama ratakan ya, karena kondisi tubuh orang menerima asupan cairan berbeda2, buat ibu hamil dan ibu menyusui aja beda untuk takaran minumnya dengan yg gak hamil

    ReplyDelete
  4. Pernah dengar ada orang terlalu percaya dgn terapi air putih, lalu minum banyak2 tiap hari, tapi apa yg didapatnya,..ginjalnya dpt masalah,.. Sebaiknya minum sesuai kebutuhan aja

    ReplyDelete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan