Join lailiving Newsletter



8 Tips Pintar Memilih Skincare untuk Pemula

March 30, 2019





Karena belakangan ini saya terlibat dalam diskusi mengenai skincare dan make-up, yang merupakan topik yang saya sukai, saya jadi ingin membagikan sedikit pengalaman saya selama ini dalam memilih dan membeli produk skincare yang saya gunakan hingga sekarang. Siapa tahu bisa berguna untuk siapapun yang membaca blog ini.

Terkadang memilih produk skincare mana yang harus dibeli diantara sekian banyak produk bagus di pasaran adalah hal yang membingungkan dan membuat galau. Saya sendiri juga mengalaminya di awal saat belum memahami kulit saya. Ditambah lagi produk produk yang beredar saat ini menawarkan harga yang cukup murah dengan klaim yang multifungsi bisa mengatasi berbagai masalah kulit dalam satu produk.

Produk skincare yang beredar di pasaran tentunya diciptakan untuk jenis kulit dan permasalahan kulit tertentu. Namun produk yang ada tersebut tidak semua bisa kita pakai. Kesalahan dalam memilih dan menggabungkan penggunaan produk skincare bisa mengurangi fungsi produk tersebut bahkan menyebabkan iritasi di kulit.

Saya biasanya melakukan sebuah proses panjang sebelum memutuskan untuk membeli satu produk skincare. Saya tidak ingin menambah masalah baru di atas masalah-masalah kulit saya yang sudah menumpuk dan belum teratasi. Berikut ini saya bagikan cara saya selama ini dalam memilih produk skincare.

Baca juga : Skincare Routine Guide -The Basic-

Disclaimer : saya bukan ahli kimia maupun ahli kecantikan, saya membagikan tips berikut berdasarkan pengalaman saya. Beberapa info mengenai produk dan bahan-bahan penyusunnya, saya dapatkan dari berbagai sumber yang saya pelajari selama ini dan akan saya cantumkan di akhir post.


1. Mengenali dan Menentukan Masalah Kulit untuk Diatasi

Terlebih dahulu kita harus mengenali jenis kulit kita, entah kulit kering, berminyak, maupun kombinasi. Kemudian kita memilih satu masalah untuk diatasi terlebih dulu membuat kita fokus pada masalah tersebut dan bisa melihat efek skincare yang kita gunakan.
Dalam kasus saya, saya punya beberapa masalah kulit wajah seperti kulit kering hingga mengelupas dan perih, blackheads, whiteheads, pori-pori besar, sunspot dan bekas jerawat. Selain itu, di T-zone saya dulu sering jadi lahan subur untuk jerawat kecil-kecil yang mudah datang dan pergi. Saya memutuskan untuk mengatasi masalah kulit kering saya, karena cukup mengganggu aktivitas saya, perih saat saat saya berkeringat, dan juga gatal saat udara cukup dingin.

2. Mengenali bahan dalam skincare untuk masalah kulit dan bahan yang harus dihindari

Ada bahan tertentu yang ditujukan untuk masalah kulit tertentu, dan juga ada bahan tertentu yang harus dihindari. Misalnya, kulit saya kering, maka saya harus memilih produk yang mengandung moisturizing agent seperti hyaluronic acid, dan menghindari produk yang mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol biasanya ditujukan untuk pemilik kulit berminyak, yang membutuhkan skincare yang cepat diserap kulit.
Selain itu, kenali juga bahan-bahan yang mungkin menyebabkan reaksi alergi dan iritasi seperti bahan dari laut, mineral oil, jenis minyak tertentu, dan juga alkohol.

Baca juga : Kenapa Skincare Berhenti Berfungsi?

3. Mengumpulkan informasi produk yang relevan

Setelah menemukan bahan-bahan yang kita butuhkan, dan bahan yang tidak bisa kita gunakan untuk kulit, maka saatnya mengumpulkan semua produk yang berhubungan dengan masalah kulit kita dan mengecek ingredientsnya satu per satu.
Baru kita bisa memutuskan produk-produk mana yang mungkin bisa kita beli.

4. Mengumpulkan review produk

Review dari pengguna lain juga penting. Saya biasanya mengumpulkan lebih dari 5 review baik berbahasa Indonesia maupun Inggris. Hal ini agar saya mendapatkan informasi yang cukup mengenai gambaran produk yang akan saya beli.

5. Membeli share in jar

Kalau kebetulan produk yang kita pilih ini mahal dan full sizenya berukuran besar, biasanya ada seller yang menjualnya dalam versi share in jar. Selain harganya lebih murah, juga jika produk tersebut tidak cocok di kulit, kita tidak akan membuang satu produk full size yang sudah kita beli. Namun kita harus memastikan kebersihan dari produk share in jar yang dijual ya.

6. Mengecek review toko yang menjual

Jika saya memutuskan untuk membeli skincare secara online, baik di e-commerce maupun online seller di media sosial, saya tidak lupa mengecek review dari pengguna produk toko tersebut. Hal ini untuk memastikan hal-hal seperti produk yang dijual original, pengemasan share in jar yang higienis, maupun pengemasan untuk shipping yang memberikan opsi bubble wrap maupun kemasan tertentu yang melindungi produk saat pengiriman.

7. Mengecek website produk jika ada

Untuk produk skincare tertentu biasanya disediakan tips bagaimana menggunakan produk skincare tersebut dengan benar, serta bagaimana tekstur produk yang mereka jual, sehingga bisa memberikan gambaran bagaimana produk yang akan kita beli dan harus kita apakan.

8. Mengenali kombinasi bahan skincare

Jika kita sebelumnya sudah menggunakan produk skincare tertentu, ada baiknya mengecek apakah bahan-bahan yang ada di dalam produk tersebut cocok digunakan bersama dengan produk baru yang akan kita beli. Saya mendapatkan banyak info mengenai bahan skincare dari Female Daily maupun Sociolla, sehingga saya punya catatan khusus mengenai kombinasi bahan skincare yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan. Berikut ini rangkuman beberapa bahan dalam skincare yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan.  


Untuk info lebih jelas bisa mengecek sumber yang saya sebutkan di akhir post.


Saya juga membagikan contoh worksheet saya saat memilih produk skincare. Saya biasanya menuliskan semua produk yang mungkin bisa mengatasi masalah saya, kemudian mengecek satu per satu apakah ada produk tersebut yang mengandung bahan yang saya hindari, kemudian saya memilih maksimal 3 produk saja untuk dibandingkan. Ada 2 versi worksheet yang bisa digunakan, dan 1 contoh worksheet yang berisi gambaran umum cara yang saya gunakan.

Download : 



Jika ada pembaca yang memiliki pengalaman atau pertanyaan seputar skincare, atau mungkin ide mengenai topik apa yang berkaitan dengan tema blog ini yang bisa saya bahas selanjutnya,  bisa dibagikan di kolom komentar di bawah ini. 






Sumber :
Skincare 101 on Female Daily
Beauty Journal by Sociolla
Avoskin Beauty
Paula's Choice


Mario Badescu photo by : Charisse Kenion

You Might Also Like

3 comments

  1. Thank you untuk tipsnya!

    ReplyDelete
  2. AHA/BHA dan Benzoyl itu bahan aktif buat pemutih wajah bukan ya? Soalnya pas waktu hamik dilarang banget pake produk berbahan ini

    ReplyDelete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan