Join lailiving Newsletter



5 Cara untuk Minum Cukup Air Tiap Hari

June 26, 2019


how to drink enough


Di postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara mengetahui kebutuhan air tubuh kita melalui rumus tertentu dan website yang menyediakan fitur tersebut. Karena sudah mengetahui seberapa banyak air yang kita butuhkan, maka saatnya kita mempraktikkannya.

Namun, terkadang kita enggan atau lupa untuk minum air, karena kesibukan pekerjaan kita, yang biasanya berujung “nanti deh waktu selesai ini” atau “nanti deh kalau habis makan” yang biasanya “nanti” nya pun juga kelupaan. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan jumlah air yang cukup setiap harinya?


Menurut saya, kita membutuhkan sebuah dorongan atau motivasi untuk meminum air, baik dari diri sendiri maupun dari luar. Karena tanpa motivasi, kita tidak akan bergerak untuk melakukan sebuah aksi.

Ada beberapa cara yang saya praktekkan hingga hari ini, yang sukses memotivasi saya untuk meminum air, dan mengingatkan saya untuk selalu minum air.

1. Pakai Botol Air Minum yang Disukai

Botol air dengan desain yang bermacam-macam sudah bisa kita dapatkan dengan mudah baik di toko fisik maupun online, ukurannya pun beragam. Mulai dari yang ukuran anak TK hingga yang cukup besar. Semua ini tergantung selera masing-masing. Nantinya botol inilah yang selalu kita bawa kemanapun kita pergi. Di saat bekerja, saya meletakkan botol saya di sebelah monitor komputer, sehingga selain saya bahagia melihatnya, saya juga jadi selalu ingat untuk minum air.

2. Minum Air Sebagai Reward

Setiap menyelesaikan target dalam sehari, misalnya menyelesaikan satu pekerjaan yang sulit, saya selalu minum air sebagai penghargaan kepada tubuh saya sudah bekerja keras selama waktu tertentu. Selain lebih mudah didapat,  minum air secukupnya juga merupakan bentuk self-reward yang cukup murah dan memiliki manfaat kesehatan.


3. Minum Air Setelah Buang Air

Setelah buang air, tentunya ada sebagian cairan tubuh sisa metabolisme yang dibuang, inilah saatnya kita “mengisi kembali” cairan yang dibuang tersebut dengan meminum segelas air. Agar tidak lupa, maka cara kerjanya adalah : setelah membuang, kita harus mengisinya kembali.

4. Minum Air Setiap Bangun Tidur

Saya selalu minum air di pagi hari tepat setelah bangun tidur, sebelum menggosok gigi dan lain lain. Tujuannya agar saya merasa lebih segar dan menghilangkan rasa ngantuk. Kata ibu saya, meminum air di pagi hari seperti ini juga baik untuk kesehatan terutama ginjal. Saya lupa-lupa ingat mengenai air dan kesehatan ginjal, pokoknya minum air di pagi hari bisa membuat tubuh terasa segar.

5. Menggunakan Aplikasi

Saya sudah mencoba beberapa aplikasi yang bisa saya dapatkan di Google Play. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk water reminder, seperti Hydro Coach, WaterMinder, Water Pro dan lain-lain. Biasanya dalam aplikasi tersebut menawarkan untuk menentukan jumlah kebutuhan air tubuh kita berdasarkan perhitungan tertentu dari aplikasi tersebut, sehingga kita tidak perlu menghitung sendiri. Masing-masing aplikasi memiliki keunikan seperti sistem reward untuk memotivasi user, dan juga ada aplikasi yang mencatat detail jam berapa kita menginputkan data air yang kita minum, serta ada yang menyertakan tips mengenai minum air serta hidup sehat. Saya sendiri menggunakan aplikasi Plant Nanny yang sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya.

Ngomong-ngomong soal Plant Nanny, sekarang perkebunan saya sudah lumayan banyak isinya, meski ada beberapa jenis tanaman yang masih belum saya coba. Hihi.


Beberapa cara di atas adalah yang biasa saya lakukan setiap hari, yang berhasil buat saya. Ada beberapa cara lain seperti untuk yang suka cara analog bisa menggunakan water tracker di jurnal masing-masing, atau selalu minum air setiap sebelum makan. Saya juga biasa minum air hingga 2 gelas jika saya selesai makan makanan seperti gorengan dan kerupuk. Bisa juga kita meminum air di sela-sela kebiasaan kita seperti setelah menyiram tanaman atau memberi makan hewan peliharaan. Selain itu, butuh waktu untuk mengetahui cara mana yang bisa kita gunakan untuk secara ampuh ‘memotivasi’ diri sendiri untuk minum air.

Nah, punya tips lain agar bisa meminum air dengan cukup? Bisa dishare di kolom komentar di bawah ini ya.


Title picture by lailiving
Background photo by The Printable Concept

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan