Rekomendasi 6 Buku Horror Middle Grade

 


Hai, aku kembali dengan rekomendasi buku. Kali ini aku memutuskan untuk membuat blog post ini karena aku menemukan catatan aku untuk Neverland Book Club meeting yang pertama tahun lalu di mana para member harus datang membawa satu rekomendasi buku middle grade bergenre horror. Jadi buat kamu yang merupakan member Neverland Book Club dan ikut meeting yang pertama, mungkin sudah tahu buku-buku yang bakal aku rekomendasikan di blog post kali ini atau bahkan mungkin lupa (soalnya aku juga lupa, haha). Selain ketiga buku yang aku rekomendasikan saat meeting juga aku bakal menambah 3 buku yang aku selesai baca tahun lalu.

Sebenarnya aku bukan pembaca buku bergenre horror, karena aku sangat mudah membayangkan hal-hal yang menyeramkan, jadi bisa dijamin aku bakal sulit tidur. Kalaupun aku ingin baca genre horror, aku bakal pilih buku-buku middle grade karena lebih ringan dan content warningnya mungkin tidak sebanyak dan separah buku-buku horror YA atau adult. Karena itulah, aku jadi ubek-ubek daftar bacaan aku di Goodreads, dan ketemulah buku-buku di bawah ini yang semuanya bisa diakses di aplikasi Storytel.

 

1. The Girl and the Ghost by Hanna Alkaf

Aku dengerin audiobooknya di Storytel, naratornya Mirai Booth Ong dan aku suka banget suara naratornya di audiobook ini, terdengar menggemaskan jadi cocok untuk menarasikan buku middle grade. Ceritanya tentang Suraya yang dapet semacem warisan makhluk gaib yang disebut pelesit dari neneknya yang seorang penyihir. Suraya ini ngasih nama Pink buat pelesit itu dan di buku ini kita mengikuti persahabatan Suraya dan Pink yang tidak selamanya sehat, dan bakal merembet ke hal-hal lain hingga ada dukun juga yang muncul. Topik yang dibahas di buku ini terutama mengenai toxic relationship dan dukun-dukunan juga. Kalo buat aku karena hantu-hantu malaysia kayak hantu-hantu Indonesia yang pernah aku tonton di masa kecil dan ada deskripsi tentang darah dan hal-hal yang termasuk gore buat aku, jadi aku cukup takut dan agak mual juga sih dengerin audiobooknya.

 

2. Long Lost by Jacqueline West

Yang ini juga aku dengerin audiobooknya di Storytel gara-gara ikut readathon yang promptnya baca buku bersampul ijo. Aku ga tau kalau buku ini masuk kategori horor, jadi kaget juga waktu ada hantu yang dimunculkan di buku ini. Ceritanya ini tentang Fiona yang baru pindah dengan keluarganya ke sebuah kota yang baru, dan dia gak suka dengan kepindahannya ini karena dia merasa kakaknya ini lebih diutamakan dari dirinya. Hingga akhirnya dia berkunjung ke perpustakaan di sana dan menemukan sebuah novel yang menarik menurut dia yang ternyata kejadiannya itu mirip dengan kejadian nyata yang terjadi di kota barunya itu. Di blurbnya disebutkan juga kalau kota itu ternyata adalah kota tempat para arwah gentayangan, dan ternyata beneran dong ada arwah gentayangan. Yang aku suka dari buku ini adalah tema mengenai persaudaraan Fiona dan kakak perempuannya dimana dia merasa kayaknya kakaknya lebih diperhatikan dan disayangi oleh orang tuanya, dan gimana di akhir buku ini masalah tersebut diselesaikan oleh kedua bersaudara ini.

 

3. City of Ghosts by Victoria Schwab

Yang ini adalah middle grade horror favorit aku dan aku selesaikan buku ketiganya di bulan Oktober tahun lalu. Buku ini bercerita tentang Cassidy Blake yang bisa lihat hantu dan dia punya teman hantu namanya Jacob. Orang tuanya ini juga bekerja yang ada kaitannya dengan hantu gitu yaitu jadi semacam host acara traveling ke tempat-tempat angker. Jadi di buku ini selain kita bisa ketemu berbagai macam hantu, juga bisa jalan-jalan dan makan makan di kota-kota yang berbeda sambil mempelajari sejarah kelam mengenai tempat-tempat berhantu itu. Aku suka banget buku ini karena tentang persahabatan dan karakter Cassidy di series ini kayak relatable gitu buat aku. Terus kalau beruntung, kita bakal nemu beberapa makanan enak yang ada di tempat yang dikunjungi Cassidy dan keluarganya yang tentu saja bisa di-googling karena makanan dan tempatnya ada beneran. Karena tempatnya ada beneran, sambil baca buku fiksi kita juga bisa sambil belajar sejarah tempat-tempat angker di kota yang mereka kunjungi.

 

4. The Graveyard Book by Neil Gaiman

Nah buku ini sengaja aku baca karena aku belum pernah baca buku Neil gaiman sebelumnya. Audiobooknya tersedia di storytel dan dinarasikan oleh penulisnya sendiri. Buku ini bercerita mengenai Bod yang tinggal di kuburan bersama hantu-hantu di sana. Kalau kalian membayangkan kuburan adalah tempat angker dan hantu-hantunya pasti serem, ternyata kuburan di buku ini adalah tempat yang aman dan nyaman untuk Bod tinggal dibandingkan dunia di luar kuburan yang bisa mengancam nyawa Bod. Bagian awal buku ini sudah serem dan menegangkan, dan ada satu tokoh yang misterius yang ingin membunuh Bod, dan kita tidak tahu apa motif karakter ini sampai di akhir bukunya. Menurut aku ini buku horror yang menarik karena hantunya malah tidak menakutkan, malah yang menakutkan adalah manusia itu sendiri.

 

5. A Monster Calls – Panggilan Sang Monster by Patrick Ness

Ini juga buku middle grade bergenre horror yang aku baca tahun lalu. Aku sudah cukup lama punya buku fisiknya yang terjemahan Gramedia, sehingga aku pengen baca buku ini. Buku ini bercerita tentang Conor yang setiap malam selalu dapat mimpi yang sama mengenai monster sejak ibunya menjalani pengobatan, tapi suatu malam monsternya beda dan monster itu meminta kebenaran dari Conor. Menurut aku buku ini cukup gelap, karena bercerita mengenai kesedihan, kemarahan dan rasa kehilangan yang ingin dikubur oleh seorang anak dan ingin ‘lari’ dari kenyataan. Selain kisahnya gelap, bukunya juga banyak ilustrasi hitam putih yang mendukung ceritanya. Bagian horrornya tentu saja saat monster muncul dan bagaimana efek monster itu pada tokoh utama, itu parah banget menurutku. Tapi lebih banyak hal sedih dan emosional di dalam buku ini yang juga harus diperhatikan kalau kamu cukup sensitif dengan buku seperti ini.

 

6. Bunnicula : A Rabbit Tale of Mystery by Deborah Howe, James Howe

Ini adalah buku berlabel horror yang paling ringan menurut aku, malah lebih kayak parodi buku Dracula di mana banyak banget hal-hal yang bikin ketawa. Buku ini seperti Dracula, dibuka dengan sebuah surat misterius yang menceritakan kondisi sebuah keluarga dari sudut pandang seekor anjing peliharaan keluarga tersebut. Kisahnya dimulai ketika keluarga Monroe pulang dari bioskop sambil membawa seekor kelinci, padahal di rumah tersebut sudah ada anjing dan kucing. Karena si kelinci ditemukan saat nonton film Dracula, maka namanya adalah Bunnicula. Sejak kedatangan Bunnicula, kejadian aneh mulai bermunculan, sehingga karakter kucing yang pintar dan anjing tokoh utama berusaha memecahkan misteri tersebut untuk menyelamatkan keluarga Monroe. Buku ini menarik banget menurut aku dan poin plusnya selalu bisa bikin ketawa di tiap halamannya. Aku suka ending dan penyelesaian masalah yang dimunculkan di buku ini. Kamu bisa baca versi e-booknya di aplikasi Storytel.

 

Nah itu tadi keenam rekomendasi buku middle grade bergenre horror yang menurut aku bisa aku baca meskipun ada buku yang hantunya masih bikin trauma. Nah kalau kamu, punya rekomendasi buku horror middle grade apa nih? Kasih tahu di kolom komentar.


NEVERLAND BOOK CLUB

Instagram | Twitter

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.