Mari Mengenal Klub Buku (Book Club)

 


Hai! Kali ini aku bakal bahas mengenai book club atau klub buku, karena sebelumnya aku sempat bahas rekomendasi buku middle grade horror untuk meeting pertama Neverland Book Club, atau mereview buku Charlie Thorne dan Catalyst yang semuanya aku baca untuk reading challenge Neverland Book Club. Nah, sebagian besar dari kalian mungkin sudah mengenal apa itu book club dan sudah ikut beberapa book club yang sesuai dengan buku-buku yang kalian suka, dan mungkin juga sebagian dari kalian have no idea about what book club is, kenapa orang-orang suka masuk book club, apa manfaatnya sih bergabung di book club dan lain sebagainya. Di blog post ini aku mungkin bakal menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

 

APA ITU BOOK CLUB?

◾ Menurut Collins Dictionary :

A book club is a group of people who meet to talk about a book or books that they have all read.

◾ Menurut Cambridge Dictionary :

a group of people who meet regularly to talk about a book that they have all read

Book club atau klub buku adalah beberapa orang yang bersama-sama membaca dan mendiskusikan buku yang dapat berupa grup informal antar teman yang berkumpul untuk membaca dan mendiskusikan buku, hingga ke grup yang lebih terstruktur dengan daftar bacaan tertentu dan jadwal pertemuan rutin.

 

MACAM-MACAM BOOK CLUB

Book club bisa dibentuk dengan berbagai tujuan dan alasan, sehingga bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Karena banyak banget (sepertinya), macam-macam book club yang aku sebutkan mungkin masih belum mencakup semua book club yang ada di dunia :

1. Book club berdasarkan genre / kategori buku

◾ Fiction book club (klub buku fiksi)

◾ Non-fiction book club (klub buku non-fiksi)

◾ Classic book club (klub buku klasik)

◾ YA book club (klub buku YA)

◾ Middle grade book club (klub buku middle grade) >> Neverland Book Club masuk kategori ini

◾ Poetry book club (klub buku puisi)

◾ Fantasy book club (klub buku fantasi)

◾ Mystery book club (klub buku misteri)

◾ Historical fiction book club (klub buku fiksi sejarah)

 

2. Book club menurut komunitas atau grup orang-orang dengan ketertarikan atau identitas yang serupa

◾ Women’s book club (klub buku yang anggotanya wanita dan atau membahas buku-buku yang ditulis oleh wanita atau mengenai wanita)

◾ LGBTQ+ book club (klub buku yang khusus membahas buku-buku dengan karakter atau yang ditulis oleh penulis LGBTQ+)

◾ African-American book club

◾ Latinx book club

◾ Religious book club (biasanya berdasarkan agama tertentu dan berfokus pada diskusi buku-buku agama tersebut)

3. Book club lain

◾ Author-specific book club (klub buku yang membahas buku-buku yang hanya ditulis oleh satu penulis tertentu)

◾ Language-specific book club (klub buku yang khusus membahas buku-buku dalam bahasa tertentu seperti Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, atau Bahasa Indonesia)

◾ Online book club (klub buku yang membernya bisa berasal dari manapun dan berpartisipasi dalam diskusi / meeting secara online)

◾ Public figure book club (klub buku yang dibentuk oleh oleh orang-orang yang dikenal publik, tidak hanya orang-orang super terkenal namun bisa juga klub buku yang dibentuk oleh book content creator seperti booktuber, bookstagram atau bookblogger yang temanya juga beragam)

 

MANFAAT IKUT BOOK CLUB

1. Memperluas daftar bacaan

Dengan menjadi member book club, kita bisa mendapat kesempatan untuk mengenal buku-buku dan penulis baru.

a. Membuat kamu mengenal penulis dan genre baru karena biasanya klub buku bakal memilih buku yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Dengan membaca buku pilihan tersebut, kamu dapat mengeksplor penulis dan genre baru yang sebelumnya tidak pernah kamu pikirkan. Seperti waktu aku ikut reading challenge Neverland Book Club bulan Maret, aku sama sekali belum pernah mempertimbangkan untuk membaca historical fiction karena biasanya selalu menyedihkan karena bersetting sekitar perang dunia, tapi ternyata historical fiction untuk middle grade bisa sangat kompleks dan isinya tidak sedih melulu.

b. Menyediakan pilihan bacaan yang bervariasi yang membuat kamu bisa membaca buku-buku dengan mengangkat tema berbeda. Hal ini bisa memperluas ketertarikan kamu terhadap jenis buku yang kamu suka.

c. Menyemangati membernya untuk membaca buku yang biasanya tidak dibaca karena biasanya buku-buku untuk challenge book club kalau tidak berasal dari voting member juga berasal dari admin book club tersebut.

 

2. Bersosialisasi

Dengan bergabung ke klub buku, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan kesukaan terhadap buku yang tentunya kita bisa bersosialisasi dengan mudah, karena :

a. Kesukaan yang sama terhadap buku. Member klub buku terutama jika spesifik untuk buku-buku dengan tema, genre atau kategori tertentu bakal diisi dengan orang-orang yang menyukai hal-hal tersebut, sehingga untuk bisa berinteraksi dan membagikan buku bacaan favorit jadi lebih mudah.

b. Diskusi. Klub buku biasanya punya jadwal meeting untuk mendiskusikan buku yang sudah dibaca. Mereka bakal menyediakan kesempatan untuk membernya untuk bergabung dalam diskusi dan membagikan pengalaman membaca buku yang dipilih.

c. Adanya perspektif yang lebih luas. Karena member dari klub buku berasal dari latar belakang yang beragam dan punya pengalaman berbeda-beda, maka kita bisa mendengarkan pendapat yang berbeda punya mengenai satu buku yang sama. Member klub buku pun bisa belajar satu sama lain dan memahami sudut pandang yang berbeda.

d. Support, karena anggota klub buku bisa rekomendasi buku ke anggota lain untuk bacaan mendatang, bahkan memberi semangat untuk menyelesaikan tantangan membaca yang sedang diadakan.

 

3. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Dengan bergabung ke klub buku, kita bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebagai pembaca, karena :

a. Ikut dalam diskusi. Book club selalu menyediakan peluang untuk anggotanya agar berpartisipasi dalam diskusi buku. Dengan berpartisipasi aktif dalam diskusi, kita bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan menganalisa dan mengevaluasi isi dari buku.

b. Ada pendapat yang berbeda. Di dalam klub buku selalu ada anggota yang punya pendapat berbeda mengenai sebuah buku. Dengan mendengarkan pendapat yang berbeda, kita bisa memperluas pemahaman kita terhadap buku tersebut.

c. Kesempatan menganalisa tema dan pesan. Book club bakal menyelami tema dan pesan yang muncul di dalam sebuah buku dengan mengidentifikasi arti tersirat dari sebuah kejadian dan menghubungkannya dengan bagian lain dari buku. Di bagian ini kita juga bisa mengetahui gaya penulisan yang digunakan penulis dan bagaimana penulis menyampaikan pesannya hingga untuk siapa pesan tersebut ditujukan.

 

4. Memotivasi untuk membaca

Ketika kita bergabung dengan klub buku, maka klub buku bisa membantu kita untuk membaca buku, memprioritaskan bacaan hingga menyelesaikannya, melalui :

a. Meeting. Klub buku bakal mengadakan meeting untuk mendiskusikan buku yang dipilih dalam satu waktu tertentu. Dengan adanya jadwal meeting dan diskusi ini bakal memotivasi kamu untuk menyelesaikan buku tepat waktu

b. Deadline membaca. Karena biasanya ada meeting, maka biasanya juga diikuti dengan deadline membaca yang membantu anggotanya stay on track, yang sangat membantu buat kamu yang kesulitan membagi waktu membaca.

c. Anggota lain. Kalau kamu jenis orang yang merasa loyo dan tidak bersemangat kalau membaca buku sendirian, maka dengan adanya book club, kamu bisa bersama-sama membaca satu buku yang sama atau masih dalam satu tema bersama-sama dengan anggota lainnya.

d. Diskusi. Karena biasanya dalam diskusi book club bakal ada spoiler, buat kamu yang tidak suka spoiler, maka kamu bakal mencoba menyelesaikan buku yang dipilh agar bisa ikut diskusi dan bisa turut berpartisipasi / menyampaikan pendapat mengenai buku tersebut.

e. Goal setting. Klub buku bisa membantu kamu mengeset goal dan mencapai goal tersebut, misalnya waktu Neverland Book Club mengadakan readathon, kita bakal memilih buku-buku yang bakal kita baca dan berusaha sebaik mungkin menyelesaikannya di akhir readathon.

 

5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Hal ini bisa dicapai melalui kegiatan di dalam klub buku seperti :

a. Diskusi. Kita bisa melatih diri untuk menyampaikan isi pikiran dan pendapat kita dengan jelas dan efektif melalui diskusi buku yang dipilih.

b. Mendengarkan. Kita juga bakal mendengarkan member lain menyampaikan pemikirannya. Dengan mendengarkan, kita bisa memahami orang lain dengan lebih baik yang merupakan kemampuan komunikasi yang penting.

c. Memberi dan menerima feedback. Diskusi di dalam klub buku adalah tempat yang tepat untuk menerima dan memberikan feedback. Kita bakal berlatih untuk mengirim saran yang membangun dan menerima saran dengan baik.

d. Menghargai perbedaan. Di dalam klub buku, sangat umum jika ada member yang punya interpretasi berbeda terhadap satu buku yang sama. Dengan belajar untuk menyampaikan pendapat dengan sopan, kita bisa meningkatkan kemampuan komunikasi.

e. Mengekspresikan diri. Dengan berpartisipasi dalam diskusi klub buku, kita bisa mengembangkan kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan jelas dan efektif. Kita bisa menggunakan teknik yang berbeda yang sesuai atau kita bisa mempelajari bagaimana anggota lain berkomunikasi dengan baik.

 

6. Have fun

Hal terpenting dalam bergabung dengan sebuah klub buku adalah pengalaman yang menyenangkan. Klub buku bisa menjadi cara yang asik untuk menambah daftar bacaan, bertemu orang-orang baru yang punya minat terhadap buku, mendiskusikan buku-buku yang menarik, berinteraksi dengan sesama pembaca buku hingga berpartisipasi dalam event terkait buku lainnya, karena bisanya klub buku akan mengadakan acara terkait buku dengan mengundang klub buku lainnya sehingga kita bisa mengenal lebih banyak orang melalui kegiatan yang kita suka.

 

7. Tempat untuk berdiskusi dengan nyaman

Klub buku selalu menyediakan wadah untuk berdiskusi yang nyaman atau safe space untuk anggotanya agar bia menyampaikan pendapat dan pikiran mengenai sebuah buku hingga topik sensitif yang dibahas di dalamnya. Hal ini dkarenakan :

a. Anggota klub buku adalah orang-orang yang ketertarikan yang sama dalam membaca dan mendiskusikan buku. Hal ini menciptakan kepercayaan diantara pada anggotanya dan menciptakan lingkungan yang aman untuk berdiskusi.

b. Diskusi klub buku biasanya dipimpin dan diarahkan oleh moderator atau pemimpin diskusi yang dapat menjaga jalannya diskusi dengan interaksi yang saling menghormati dan konstruktif. Hal ini dapat mengajak para anggotanya untuk merasa nyaman dalam mengekspresikan pendapat dan idenya tanpa merasa takut akan judgment dari anggota lain.

c. Anggota klub buku berasal dari latar belakang yang berbeda dan memiliki pengalaman hidup yang beragam, sehingga hal ini dapat mengarahkan diskusi menjadi lebih kaya dan variatif. Dengan ada perbedaan pengalaman hidup dan background, maka setiap anggota bisa menghargai pendapat yang berbeda pula dari anggota lainnya.

 

KESIMPULAN

Menjadi bagian dari klub buku adalah hal yang bermanfaat mulai dari memperluas daftar bacaan, menambah teman, meningkat kemampuan berkomunikasi hingga membuat hidup lebih bahagia.  

 

Jadi, apakah kamu bagian dari klub buku? Kasih tahu di kolom komentar.

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.