Tips Menjalani Kehidupan Menjelang Usia Tertentu (Biasanya Sih 25 Tahun)

 


Hola hai!

Kali ini aku gak bahas buku, tapi lebih ke kategori personal. Belakangan di feed twitter yang semakin kacau selalu lewat tweet base yang menanyakan tips hidup di usia 25 tahun. Hal ini membuat aku mengingat-ingat apa saja yang aku perbuat saat aku berusia seperempat abad. Setelah mengingat-ingat cukup lama, sampai besoknya tweet tersebut muncul lagi di feed, aku ga bisa mengingat hal-hal yang membekas di ingatanku selama aku bernapas di usia tersebut. Dengan melihat kondisi kehidupanku sekarang yang menurut aku sudah sukses mengisi blog ini selama 4 tahun, aku memutuskan untuk memberikan tips hidup buat kalian yang mungkin tidak sengaja menemukan blog post ini.

Ya ini adalah blog post paling inspiratif yang aku buat selama blog ini lahir ke dunia. 

Blog post ini tidak hanya ditujukan untuk orang-orang berusia 25 tahun, tapi semua usia, karena menurutku, tidak ada standar pasti yang bisa menentukan seseorang harus ngapain di usia tertentu. Jadi blog post ini buat semua orang yang merasa ga tau harus ngapain dalam hidup saat mau ulang tahun di usia tertentu (misal 17 tahun, 15 tahun, 21 tahun, 28 tahun, 35 tahun, dll.). Meskipun usiaku tidak se-tua fosil pithecanthropus erectus, tapi semoga tulisan ini bisa membantu kamu berapapun usiamu.

 

TIPS MENJALANI KEHIDUPAN MENJELANG USIA TERTENTU

1. Tetap hidup. Jika ingin mendapat tips hidup, maka langkah pertama adalah bernapas. Jika kamu saat ini sedang bernapas, you’re on the right path. 

2. Kalau kamu ingin sukses, definisikan sukses menurut dirimu sendiri. Kamu bisa mendefinisikan sukses sesuai KBBI yaitu "berhasil; beruntung" dan mengembangkannya menurut keinginanmu sendiri. Kamu mau berhasil melakukan apa? Kamu bisa saja mengambil definisi sukses menurut orang lain misalnya punya rumah nanas, bisa makan nanas, punya toko nanas, punya toples acar, atau bisa berkunjung ke pulau penghasil nanas. Buat kamu yang tidak ingin berhasil melakukan sesuatu atau tidak punya keinginan untuk menjadi sukses, that's great, kamu tidak perlu pusing memikirkan definisi sukses! Tidak ingin sukses juga bukan hal yang buruk, menurut aku. Kamu mungkin bisa hidup penuh kedamaian jika hidup seperti ini.

Contoh rumah nanas :

3. Kamu boleh nonton video tokoh inspiratif atau baca interview anak muda sukses, tapi selalu ingat bahwa setiap orang punya kehidupan yang berbeda dan cara yang berbeda untuk mencapai impiannya. Saat kamu menjadikan kisah hidup seseorang dalam mencapai 'kesuksesan' sebagai standar hidupmu, kamu yang mungkin diciptakan dengan latar belakang jauh berbeda dari orang-orang yang kamu tonton videonya, bakal kesulitan mengikuti tips mereka. Kayak waktu aku membaca tips mengelola keuangan, banyak banget video dan artikel yang menyebutkan untuk tidak ngopi, tentu saja tips tersebut tidak cocok dengan aku yang emang tidak pernah membelanjakan gaji untuk ngopi-ngopi. 

4. Untuk kamu yang punya banyak keinginan : meskipun ada kemungkinan kamu bisa mencapai semua hal yang kamu inginkan, tapi kamu harus mengingatkan dirimu kalau kamu butuh waktu untuk mencapai semua impianmu dan kamu bebas mengganti impianmu dengan yang baru. Kamu ga bisa menentukan dengan pasti tanggal dan jam berapa kamu mencapai kehidupan yang kamu impikan. Masing-masing keinginanmu butuh waktu yang berbeda untuk bisa terwujud, dan mungkin juga ada yang tidak tercapai karena kamu tidak lagi menganggap satu hal sebagai keinginanmu.

5. Catat ide dan impianmu. Beberapa orang punya banyak banget keinginan dan rencana yang ingin dilakukan, termasuk aku. Meskipun kamu melakukan tips nomor 4, kamu tidak otomatis harus melupakan semua impianmu karena merasa kayaknya ga mungkin deh bisa tercapai. Catat dulu semua ide dan hal-hal yang ingin kamu lakukan atau miliki di masa depan, siapa tahu bisa menjadi inspirasi kamu saat kamu tidak tahu ingin melakukan apa. Seperti aku waktu ikut Ramadan Challenge tahun ini, aku membuka kembali draft blog yang pernah aku tulis dan ide-ide blog yang ingin aku publish sebelumnya, yang ternyata sangat membantu aku seperti curhatan tentang The Atlas Six, iseng-iseng baca buku romance di iKaltara, rekomendasi buku horor, dan review buku Catalyst.

6. Kamu boleh memilih "kalau dia bisa, aku juga pasti bisa" sebagai motto hidupmu, tapi kamu juga boleh memilih “kalau dia bisa, dia aja gapapa, aku enggak deh” sebagai motto hidup agar hidup lebih tenang. Motto yang pertama mungkin awalnya ditujukan agar seseorang lebih optimis dan bersemangat mencapai impian, tapi lama-lama capek juga mengikuti langkah orang lain. Lagi pula kenapa manusia diciptakan dengan bentuk, ukuran dan bahkan sidik jari yang berbeda kalau hanya untuk hidup dan mencapai hal-hal yang sama aja.

7. Lakukan sesukamu. Kamu boleh banget tidak setuju dengan hal-hal yang aku sebutkan ini, karena yang bakal menjalani kehidupanmu hanyalah kamu, bukan aku. Kalau sebelumnya kamu sudah punya ‘rules’ sendiri dalam menjalani hidup, that’s great! Kalau kamu hanya bisa melakukan tips nomor 1, that’s cool!

 

Sepertinya sudah ya, terlalu banyak tips juga nanti gak bakal diinget juga sama pembaca. Kalau kamu punya tips sendiri dalam menjalani kehidupan, silakan tinggalkan tipsmu di kolom komentar.

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.