The Polar Bear Explorers’ Club by Alex Bell | Book Review

 

polar bear explorers' club book review

Hai, aku kembali dengan ulasan buku middle grade yang bertema winter nih. Aku baca buku ini karena ikutan Wintery Hollow Readathon oleh Neverland Book Club yang diadakan di bulan Desember hingga Januari. Seneng banget aku mengakhiri readathon dengan buku yang sangat aku suka dan menjadi salah satu best book aku di tahun 2022.

 

Series                          : The Explorers’ Club #1

Length                         : 320 pages

Where to read              : Scribd

Released date               : November 2, 2017

Date read                     : December 6-9, 2022

Keywords                    : middle grade, adventure, Iceland, fantasy, friendship, family

Trigger warning          : blood, amputation (mentioned), death

 

The Polar Bear Explorers’ Club by Alex Bell | Book Review

 

BLURB

Stella Starflake Pearl knows, without a doubt, that she was born to be an adventurer. It’s too bad girls are forbidden from becoming explorers.

But Stella’s father has never been one to play by the rules.

Leaving behind her pet polar bear, Gruff, and beloved unicorn, Magic, Stella and Felix set off on an expedition to the snowy Icelands. There, Stella plans to prove herself as a junior explorer, worthy of membership in the Polar Bear Explorers’ Club. So when Stella and three other junior explorers are separated from the rest of their expedition, she has the perfect opportunity. Can they explore the frozen wilderness and live to tell the tale?

The first in Alex Bell’s imaginative new series, The Polar Bear Explorers’ Club is a fun and daring adventure filled with magic, outlaws, and fantastic faraway lands.

 

HAL YANG AKU SUKA

🧊 Karakter di dalam buku ini diperkenalkan satu per satu dan dengan karakteristik atau deskripsi yang unik baik untuk karakter manusia, hewan atau magical creature lainnya seperti fairy. Karakter anak-anak seumuran Stella juga beragam baik dari kemampuan maupun ciri-ciri fisik mereka seperti Beanie yang half-elf yang punya kebiasaan tertentu, kemudian Shay yang punya kemampuan yang sangat bermanfaat saat berpetualang dengan serigala, dan ada Ethan yang digambarkan sebagai cowok yang grumpy dengan kata-kata yang pedas tapi selalu menjadi korban makhluk-makhluk aneh yang mereka temukan.

🧊 Narasi yang digunakan dalam buku ini dalam menggambarkan setting sangat detail baik rumah Felix dan Stella, kapal yang mereka gunakan untuk berpetualang, gedung markas Polar Bear Explorers’ Club hingga situasi Iceland dengan saljunya yang tebal dan makhluk-makhluk misterius yang mereka temukan.

🧊 Gaya penulisan di buku ini tergolong mudah dipahami. Awalnya aku ingin membaca buku lain yang lebih tipis dari buku ini tapi ternyata waktu aku coba baca, bahasa Inggrisnya cukup sulit meskipun sama-sama middle grade.

🧊 Buku ini sama sekali gak ada bagian yang membosankan buat aku meskipun buku ini adalah buku petualangan yang melibatkan serigala dan unicorn serta kapal laut. Pacing dari buku ini juga sedang-sedang saja, gak cepet banget, gak lambat banget. Antara dialog dan deskripsi juga seimbang, pokoknya gak bakal kerasa baca buku ini tau-tau udah menyelesaikan beberapa chapter. Pengungkapan mengenai identitas Stella juga menarik menurut aku meskipun tidak mengejutkan karena sudah ada beberapa hint yang dimunculkan di beberapa bab di awal.

🧊 Kisah mengenai petualangan Stella dan kawan-kawan di buku ini sangat menarik buat aku terutama karena banyak sekali magical creatures yang baru buat aku yang dimunculkan di buku ini, misteri tentang identitas Stella hingga gimana semua hal yang ada di buku ini berhubungan dengan kumis dan mustache grooming.

🧊 Semua hal yang ingin diketahui pembaca sudah dijelaskan dengan sangat jelas di buku ini, mulai dari motif tiap karakter, gimana mereka bertindak, setting yang digunakan, magic system dan beberapa peraturan yang ada. world buildingnya cucok, suka banget daerah bersalju dan musim dingin yang dijadikan destinasi klub petualang.

🧊 Secara keseluruhan aku sangat suka buku ini terutama bagian perkumisan yang dimunculkan di sepanjang ceritanya, aku selalu ketawa di tiap babnya, bahkan di bagian yang mengharukan yang bikin aku hampir nangis juga setelahnya masih berhubungan dengan kumis yang bikin aku gagal nangis.

🧊 Found family trope! Suka banget buku-buku dengan trope ini termasuk buku The Polar Bear Explorers’ Club ini yang menurut aku heartwarming, kadang mengharukan dan banyak bikin ketawa.

 

HAL YANG GAK AKU SUKA

Gak ada. Kumis adalah koentji untuk menghapuskan segala kekurangan dari sebuah buku!

 

HAL YANG AKU PELAJARI

Koemis adalah koentji!

 

KUTIPAN FAVORIT

"I'm sure a great number of extraordinary and incredible things have been achieved despite others saying that they cannot be done."

 

"I tried to be normal once, and it made me utterly miserable."

 

"It is no great achievement to be the same as everybody else, Stella. Being different is a perfectly fine thing to be."

 

"Being shy is a personality trait. Not a fault."

 

"Wolves can be like that too. Sometimes they want to be part of the pack, other times they just want to be left in peace. Nothing wrong with that at all."

 

"... you should never be too absolutely sure that you're in the right and the other fellow is in the wrong. Sometimes you're the silly fool who needs to learn something."

 

"I think that anyone who won't let you down, who'll be there for you no matter what, counts as family."

 

"No one is born to be anything! You decide for yourself."

 

RATING

5/5 STARS

 

BACALAH BUKU INI JIKA KAMU SUKA

🧊 KOEMIS!

🧊 Buku middle grade petualangan yang melibatkan tempat bersalju, serigala, unicorn, fairy dan berbagai magical creatures lainnya

🧊 Trope found family

🧊 Buku middle grade dengan tema persahabatan

🧊 Buku middle grade yang bahasa Inggrisnya tidak terlalu sulit

🧊 Buku middle grade yang tiap babnya lumayan panjang kalau di scribd sekitar 20-an halaman per bab

🧊 Tokoh utama perempuan yang ceria dan pemberani (dalam hal berpetualang)

🧊 Buku middle grade dengan sedikit ilustrasi di dalamnya

🧊 Tokoh utama yang punya banyak peliharaan di rumah termasuk polar bear!

🧊 Buku yang bisa bikin kamu ketawa

🧊 Karakter ayah yang punya filosofi hidup yang sangat relatable dengan anak muda

🧊Buku dengan banyak hewan yang dimunculkan dan mengandung pesan untuk memperlakukan hewan sebaik mungkin

 

Jadi ada yang sudah pernah baca buku The Polar Bear Explorers’ Club ini? Kasih tau di kolom komentar ya!

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time