7 Simple Reading Tracker Inspirations and Templates

 


Halo hai! Sebentar lagi tahun baru, sudah merencanakan mau baca buku apa aja tahun depan? Atau kamu masih ga tau gimana caranya memotivasi diri sendiri untuk membaca buku-buku yang sudah kamu beli? Kali ini aku mau membagikan beberapa template reading tracker yang bisa kamu gunakan untuk mencatat, mereview bahkan menambah semangat kegiatan membaca kamu.

(Hi! New year is coming. Have you planned your next reading year? Or are you currently in a need of motivation for reading your already bought books? In this blog post, I share some reading tracker templates for you to track, review even boost your reading motivation.)


7 Simple Reading Tracker Inspiration and Templates

Kalau kamu pengguna planner atau bullet journal, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tracker yang satu ini, bahkan mungkin kamu sudah punya template kamu sendiri. Bagi yang sama sekali belum pernah bikin reading tracker atau lagi males bikin sendiri atau lagi gak ada ide mau bikin reading tracker kayak gimana, beberapa jenis reading tracker di bawah ini bisa kamu contoh di journal kamu atau kamu bisa download filenya untuk kamu print sendiri!

(If you use planner or bullet journal, reading tracker is your best friends, or at leat you know this tracker exists in this world, and you might even have your own tracker template. If you haven’t tried using any trackers or you don’t have any ideas which reading tracker you want to use, don’t worry! You can make your own using these simple reading tracker templates or you can print the files by yourself.)

 

Contoh yang aku sebutkan berikut adalah versi sederhana tanpa warna dengan font standar yang tentu saja gak bakal bikin kamu mikir mau nyontoh templatenya gimana. Kalau kamu lebih suka versi berwarna dengan font yang gemes, kalian bisa mendapatkannya di shainalite shop, yang linknya aku taruh di bawah masing-masing deskripsi template ya.

(Some templates I provided below are plain versions without colors using standard font which are easier to copy on your journal. If you prefer the colorful version with cuter fonts, you can get them from shainalite shop. The link for each product will be provided below.)

 

1. One Year Reading Tracker


Reading tracker yang ini bisa kamu pakai kalau kamu ingin membuat satu tracker untuk setahun, jadi gak perlu bikin tabel lagi setiap bulan. Tracker yang ini juga sama kayak Period Tracker yang biasa aku pakai di bullet journal aku. Kalian tinggal menandai tanggal dimana kalian membaca buku. Peraturan pengisian terserah pada kalian. Di bagian bawah tabel ada kotak untuk keterangan warna atau simbol yang kalian gunakan. Misalnya kalian ingin tracking waktu membaca, bisa pakai warna berbeda untuk durasi membaca kalian. Atau kalau kalian ingin yang simpel lagi, pokoknya dalam sehari kalian udah baca tak peduli durasinya, bisa kalian centang aja di kotaknya. Nanti kalau sudah setahun, bakal kelihatan hasilnya. Kalau buat aku, pakai warna berbeda lebih satisfying hasil akhirnya. 

(You can use this reading tracker for one whole year. You don’t need to make table or template each month. This template is similar to my Period Tracker I use on my bullet journal. You can mark the date where you read your book. The rules depend on you. There is a rectangle below the table for color coding or symbols you use here. Example : you can track your reading time here using different colors. You can also use certain symbol for marking the day you read a book without paying attention to the duration or pages read. You will see the result or your reading pattern for a year in one page. As for me, it’s more satisfying to use different colors for things you want to track)

DOWNLOAD : One Year Reading Tracker plain version (jpg)

SHOP : One Year Reading Tracker colored version (printed)

 

2. One Month Reading Tracker



Reading tracker yang ini digunakan untuk tracking bacaan selama sebulan, jadi kotaknya lebih gede-gede. Kekurangannya adalah kalian harus bikin tracker ini setiap bulan. Cara pengisian juga sama seperti One Year Reading Tracker di atas. Karena kotaknya gede, selain bisa mengisi warna, juga bisa menambah keterangan jumlah halaman maupun durasi membaca harian kalian. Bentuknya juga bisa sesuai selera, yang aku cantumkan ada bentuk segienam, bintang dan persegi.

(This reading tracker is meant for one month only, so it has bigger boxes or other shapes in one page. If you use this kind of reading tracker, you need to make this each month. It’s the same as One Year Reading Tracker above when it comes to the rules. Since it has bigger shapes, you can not only fill certain color depending on your color coding, but also add other notes such as reading duration and pages read. The shapes are varied, I only attached hexagonal, star and rectangle ones here.)

DOWNLOAD : One Month Reading Tracker plain version (3 jpg files)

SHOP : One Month Reading Tracker colored version (printed)

 

3. One Book Reading Tracker



Kalau kalian lebih suka tracking bacaan per buku (untuk keperluan review misalnya), kalian bisa pakai tracker yang ini.  Untuk tracker ini tidak ada batas waktu sebulan atau setahun, bebas, pokoknya untuk satu judul buku saja. Di bagian lingkaran bisa kalian isi tanggal baca yang tentu saja bisa kapanpun, dan di bagian bawah langsung kalian isi durasi membaca dan jumlah halaman yang kalian baca. Di bagian atas, ada identitas buku seperti judul dan penulis, kemudian waktu awal dan selesai baca, dan juga review singkat tentang buku tersebut.

(If you like tracking each book you’re reading, you may need this tracker. It’s useful for you to make book reviews since it has space for short review. The circles can be filled by dates which can be any day you read (it doesn’t require you to read every single day) then you can fill in your reading duration and  pages read below each circle.)

DOWNLOAD : One Book Reading Tracker plain version (jpg)

SHOP : One Book Reading Tracker colored version (printed)

 

4. Bookmark Reading Tracker



Kalau kalian suka reading tracker yang lebih sederhana dan bisa dibawa kemana-mana, jenis reading tracker yang ini bisa kalian pakai. Selain bisa dijadikan reading tracker, juga bisa dijadikan bookmark. Kalau kalian mau bikin sendiri, bisa pakai kertas apapun mulai dari yang tipis sampai yang tebal, dan ukurannya sesuai bookmark yang kalian inginkan. Kalau di contoh yang aku pakai ini ukurannya 5 x 13 cm. Cara pengisian juga sama seperti reading tracker sebelumnya, terserah kalian.

(This tracker is meant for you who love simpler and easier to bring type of tracker. Not only reading tracker, it’s also a bookmark! If you want to make this by yourself, pick whatever paper you like and cut it to your preference. For this sample, I use 5 x 13 cm size. You can tick or mark the shapes with the days you read your book by any colors you like.)

DOWNLOAD : Bookmark Reading Tracker plain version (3 jpg files)

SHOP : Bookmark Reading Tracker colored version (printed)

 

5. Reading Progress Tracker



Jenis tracker yang ini bisa digunakan untuk beberapa buku yang kalian baca. Sesuai judulnya, dengan menggunakan tracker ini kalian bisa mengetahui reading progress tiap buku yang ada di current reads kalian. Template yang  ini cocok buat kalian yang suka baca buku lebih dari satu secara bersamaan. Di bagian kolom progress, ada 10 kotak yang bisa kalian isi setiap kalian menyelesaikan 10% dari buku yang kalian baca.

(This tracker can be used for multiple books you’re currently reading. By using this tracker, you will know your reading progress for each book on your current reads. This template is suitable for those who love reading more than one book at once. Progress column contains 10 smaller columns which you can mark / color for every 10% read of your book.)

DOWNLOAD : Reading Progress Tracker plain version (jpg)

SHOP : Reading Progress Tracker colored version (printed)

 

6. Nostalgia Reading Tracker



Judulnya begini karena aku ga tau harus ngasih judul apa lagi, karena reading tracker ini mengingatkan aku ke buku panduan Ramadhan dimana ada tracker buat membaca Al-Qur’an. Modelannya kayak gini. Bedanya kalau Al-Qur’an biasanya pakai nama surat, kalau yang ini pakai judul buku,sehingga kalian bisa tracking lebih dari 1 buku yang sedang kalian baca. Kemudian kalian mengisi tanggal berapa kalian baca dan halaman mulai dan halaman terakhir yang kalian baca hari itu.

(I decided to give this title to this tracker since I haven’t found any other name and it always reminds me of my old school days’ Ramadhan tracker where we filled it with our Holy Qur’an reading progress. The template is similar, for Qur’an tracker, it has surah as the first column, but here we changed it to book title, so you can read multiple books each day. Then you fill your reading date as well as page stated and page ended.)

DOWNLOAD : Nostalgia Reading Tracker plain version (jpg)

SHOP : Nostalgia Reading Tracker colored version (printed)

 

7. Reading Time Tracker



Kalau kalian sedang menantang diri sendiri untuk membaca dalam durasi waktu tertentu setiap hari, reading tracker yang satu ini bisa kalian gunakan. Ada 4 blok dalam satu halaman, setiap blok berisi 60 kotak, setiap kotak melambangkan 1 menit. Kamu tinggal menandai kotak-kotak ini jika sesuai dengan durasi baca kamu. Jika sudah mencapai 1 jam atau 60 menit, bakal pindah ke blok selanjutnya. Kamu bisa mengubah tulisan menit di bawah tiap blok sesuai keinginan kalian.

(If you’re currently doing a challenge for yourself to read certain minutes everyday, this reading tracker can be useful. There are 4 blocks in one page where each block contains 60 boxes. One box represents one minute you spend reading. You only need to mark the boxes depends on your reading duration. When you have reached one hour or 60 minutes, you’ll move to the next block. You can custom the writing below each block to your preference.)

DOWNLOAD : Reading Time Tracker plain version (jpg)

SHOP : Reading Time Tracker colored version (printed)


Jadi, sudah menentukan mau pakai reading tracker yang mana nih? Reading tracker biasa digunakan untuk memotivasi atau memulai kebiasaan membaca, namun tidak menutup kemungkinan orang yang sudah teerbiasa membaca setiap hari juga membutuhkan tracker ini, untuk keperluan review atau keperluan lain seperti tugas sekolah atau penelitian seputar kebiasaan membaca. Jika kalian punya tracker yang berbeda, bisa share di kolom komentar, siapa tau aku juga tertarik ingin mencoba jenis tracker baru.

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.