Join lailiving Newsletter



Cara Tetap Produktif di Hari Libur

May 31, 2019




Hari libur ideal saya selama ini adalah tidak melakukan apa-apa, tidak keluar rumah, tidak mengerjakan apapun, hanya bersantai di rumah. Namun, berbeda dengan hari libur saat bulan Ramadhan tahun ini. Dimana saya mengikuti challenge dari Blogger Perempuan untuk menulis blog selama 30 hari penuh setiap hari.

Saya yang biasanya bermalas-malasan seperti beruang kutub, ditambah lagi cuaca di pagi hari di Malang lebih seringnya dingin dan membuat mengantuk, kali ini hingga hari ini saya malah merasa cukup dengan hanya tidur dari jam 11 hingga jam 3 pagi, tanpa tidur siang dan tidur lainnya di hari libur. Saya juga heran kenapa. Tapi rasanya garis mata saya semakin mirip Itachi Uchiha di serial Naruto, mungkin setelah bulan puasa saya akan kembali ke rutinitas tidur 7 jam setiap hari, hihi.

Setiap minggu saya membuat daftar hal yang ingin saya kerjakan dalam satu minggu tersebut, dan kemudian semuanya saya distribusikan ke 7 hari yang saya punya. Sehingga tiap pagi saya tinggal menambahkan daftar kegiatan yang mungkin akan saya kerjakan hari itu. Jadi, setiap hari saya ada kegiatan yang saya kerjakan. Berikut ini kegiatan yang biasa saya lakukan di hari libur selama puasa :

1. Skincare Routine

Setelah mandi pagi, saya lanjutkan dengan kegiatan menghidrasi kulit. Meskipun libur, saya tetap melakukan rutinitas skincare saya agar kulit tetap sehat dan terjaga meski tidak sedang pergi keluar rumah. Rutinitas skincare ini nanti akan saya bahas di post terpisah ya.

2. Blogging

Kegiatan ini meliputi membuat draft, mempublish blog post sesuai tema, dan juga membalas komentar serta blogwalking. Sebenarnya kegiatan ini sendiri bisa memakan waktu hingga pukul 1 siang jika saya kebetulan belum menulis tema di hari sebelumnya, seperti yang terjadi pada hari libur tanggal 30 kemarin.

3. Mengedit foto

Jika saya kebetulan belum mengedit untuk title picture, maka saya edit juga di hari itu. Atau saya buat title picture untuk tema-tema yang sudah saya rencanakan di Trello menggunakan Adobe Spark Post (jika mengedit di handphone) atau jika saya pakai laptop saya pakai software seperti Adobe Photoshop atau Corel DRAW. Foto-foto dalam ruangan yang kurang cahaya pun biasanya saya edit juga. Jika ada masukan melalui komentar atau pesan, akan saya kerjakan sekalian. Seperti waktu mengerjakan foto keterangan untuk ombre lips di postingan saya sebelumnya


4. Mengambil foto

Jika kondisi alam sedang bagus, yaitu matahari sedang bersinar, maka saatnya saya mengambil foto-foto produk atau foto tertentu yang mungkin saya butuhkan. Dengan pencahayaan yang bagus, saya bisa menghasilkan foto yang bagus, tanpa perlu banyak diedit. Seperti waktu memasak nasi goreng spesial Lala Lala Chahan, cahayanya sedang bagus sekali di siang hari.


5. Yoga

Yoga sudah menjadi kegiatan saya setiap hari. Meskipun bukan yoga yang sulit, saya berusaha melakukan yoga ringan di pagi hari agar lebih segar. Selain itu, saya berhenti sejenak untuk melakukan peregangan di tengah-tengah kegiatan blogging yang saya lakukan hingga berjam-jam agar tidak sakit pinggang.

6. Membaca Al-Qur’an

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi kenapa saya membaca Al-Qur’an, haha. Satu tips bermanfaat yang saya temukan di instagram mengenai khatam Al-Qur’an selama 30 hari adalah dengan membagi-baginya, selembar setiap selesai sholat wajib. Cara seperti ini juga digunakan saat kita merasa overwhelmed by the tasks, kita potong-potong tugasnya jadi kecil-kecil kemudian dikerjakan satu per satu.

7. Menonton YouTube

TED merupakan salah satu channel YouTube favorit saya, karena tentu saja banyak sudut pandang baru dan motivasi yang disampaikan oleh para pembicaranya. Tidak hanya topik umum mengenai self-development dan inspirasi dari para tokoh, namun juga ada pembahasan mengenai Al-Qur’an dan hijab lho.

8. Membaca buku

Saya membaca buku untuk inspirasi, selain untuk memenuhi target baca buku di goodreads, hihi. Namun belakangan ini saya sedang rajin baca-baca jurnal mengenai kecantikan dan kesehatan, yang salah satunya sangat berguna saat saya praktekkan buat saya di bulan Ramadhan ini.

9. Berlatih Bahasa Jepang

Saya sebenarnya sudah membagi-bagi ingin belajar apa bulan ini, namun karena saya ikut challenge dan jam kerja yang semacam dimampatkan, maka saya tidak bisa mengambil online course baru, sehingga yang saya lakukan adalah mereview kanji yang sudah saya pelajari di bulan sebelumnya.

Semua kegiatan ini tidak selalu saya kerjakan tiap hari libur, tergantung kegiatan blogging dan editing foto yang bisa lebih cepat atau sebaliknya. Pokoknya hal inti yang harus saya kerjakan di hari itu selesai.

Bagaimana? Punya kegiatan seru setiap hari libur di bulan Ramadhan ini? Share di kolom komentar ya.


Title picture edited by lailiving, background photo by Plush Design Studio

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan