Join lailiving Newsletter



Make-up Natural untuk Lebaran

May 28, 2019



Sebenarnya, saya kehabisan ide harus memberi judul apa untuk blog post kali ini, karena make-up saya yang begitu-begitu saja, yang mungkin hanya saya yang suka menggunakannya. Maafkan Lala ya ibu-ibu, saudara-saudaraku yang baik hatinya.

Nah, karena intinya saya tidak mau Idul Fitri atau hari pertama bulan Syawal ini jadi punya vibe seperti mau wisuda, dimana saya harus dandan penuh pagi-pagi untuk bertemu orang-orang sekitar (namun di sisi lain saya ingin menyayangi kulit saya), maka produk yang saya gunakan tidak jauh beda dengan hari-hari biasanya. Saya usahakan untuk tidak menggunakan banyak produk agar selain cepat dipakai, cepat dibersihkan dan tidak membuat kepikiran.

Produk yang saya gunakan hampir sama seperti hari-hari biasanya. Namun karena kali ini saya punya lip crayon baru dari Wardah, maka saya akan menggunakannya untuk dicampur dengan lipstik favorit saya.

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion


Sementara ini belum bisa menemukan hydrating toner yang murah tapi cocok dengan kulit saya yang suka pilih-pilih. Saya pakai yang strip orange, untuk normal to dry skin. Untuk pemilik oily skin bisa pakai yang strip hijau yang judulnya Light Lotion.

2. Skin Aqua UV Mild Milk


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, teksturnya lebih kental dari varian Moisture Milk (tutup biru), namun saya lebih suka yang ini saat mengaplikasikannya di muka. Sebenarnya tidak ada masalah dengan yang Moisture Milk, namun karena saya bekerja indoor, rasanya SPF 50 kebanyakan deh, hihi. Jadi saya pilih yang Mild Milk ini dengan SPF 25.

3. Canmake Juicy Glow Skin Base 02


Awalnya saya berencana ingin pakai sunscreen saja, namun tiba-tiba saya punya ide untuk menggunakan base dari Canmake yang dulu kalau saya pakai sendirian bakal tidak berpengaruh apa-apa terhadap kulit saya. Nah, ternyata setelah saya coba menggunakannya bersama sunscreen, jadi berpengaruh, tekstur kulit jadi terlihat lebih kalem. Karena produk ini lebih padat dari Skin Aqua, maka agak susah kalau dipakai sendirian buat kulit kering kombinasi seperti saya. Oh iya produk ini sudah punya SPF40 PA++ lho.

4. Lip On Lip Velvet Matteness Nude


Bisa dipakai lipstik dan eyeshadow. Produk ini adalah satu-satunya lipstik murah meriah yang cocok di bibir saya yang kering, tanpa butuh lip balm sebelum pemakaian. Kekurangan dari lipstik shade Nude ini adalah super gampang transfer, jadi kalau saya minum pakai sedotan, lipstiknya banyak yang nempel di sedotan itu (untuk shade lain tidak se-parah itu transfernya, yang paling terasa melembabkan ya si Nude ini). Tapi, saya tetap cinta, karena sifat melembabkannya itu. Sehingga kadang saya campur dengan shade lain dari lipstik ini maupun lipstik lain.

5. Wardah Instaperfect Gloss Chic Lip Crayon 03


Jadi beberapa hari lalu, saya berhasil membuat ombre lips dengan produk ini dikombinasikan dengan Lip on Lip favorit saya, dan itu bisa bertahan sampai sore hari saat saya pulang kerja. Saya jadi kecanduan pakai gaya ini. Karena produk Wardah menurut saya sifat melembabkannya kurang buat saya yang bibirnya super kering ini, tapi warnanya bagus dan lumayan bertahan lama, saya campur dengan lipstik favorit saya.


How to Make Ombre Lips in 3 Easy Steps


Jadi karena mbak Yani tanya bagaimana cara membuat ombre lips, maka saya sekalian tambahkan di sini ya, siapa tahu bisa dicoba untuk yang membaca blog ini. Disini saya menggunakan kedua lipstik yang saya sebutkan di atas.
1. Pakai Lip on Lip Velvet Matteness Nude di seluruh bibir, buat saya wajib hukumnya karena bibir saya pucat dan kering, biar ada warna natural yang kalem dan lembab.
2. Gunakan Wardah Instaperfect Gloss Chic Lip Crayon shade 03 hanya di bagian dalam bibir. Shade yang ini warnanya bagus, saya totol totol lip crayonnya sudah muncul warnanya, tinggal kita beri lebih banyak di tempat yang ingin diberi warna yang lebih intens.
3. Rapikan dengan jari, tapi tidak perlu sampai ke depan bibir. Atau, lebih mudahnya, satukan bibir atas dan bawah, kemudian diamkan beberapa detik biar warnanya merata di bagian bibir dalam saja.
4. Sudah jadi yay. Maafkan gambarnya kurang ngejreng warnanya, tidak seperti bibir mbak mbak girlband.

Sudah saya coba untuk make-up ke kantor, dan lumayan bertahan meski di hari itu udaranya cukup panas dan terik. Fotonya saya ambil di jam istirahat, dimana matahari sedang bagus-bagusnya. Di satu sisi saya tidak begitu suka sinar matahari karena membuat silau, namun di sisi lain saya suka sinar matahari karena membuat hasil foto saya bagus. Foto untuk title picturenya diedit pakai Lightroom agar masuk waktu dikasih tulisan cerah. Kalau tanpa Lightroom, contoh hasilnya bisa seperti foto di bawah ini



Rasanya ini jadi blog post paling aneh yang saya buat, karena judulnya seperti itu, dan saya bahas Lightroom juga di isinya. Sekali lagi maafkan saya. Oh iya, karena saya tidak pakai bedak, cushion, foundation dan sejenisnya, maka tentu saja berbagai skin imperfection seperti dark spot dan bekas jerawat bakal terlihat jelas di dunia nyata, but I’m okay with that.

Selama kita merasa nyaman dengan bagaimanapun tampilan kita, itu tidak masalah, jangan lupa menyayangi diri sendiri ya. Yang bakal jadi masalah adalah saat kita memaksakan tampilan ideal kita kepada orang lain yang punya sudut pandang berbeda dari kita. Misalnya nih, saya yang sudah 2 tahun ini jarang pakai foundation, tidak akan memaksa orang lain untuk mengikuti jejak saya. Begitu pula sebaliknya, jika saya adalah tim full make-up, maka saya juga tidak berhak menghakimi orang lain yang suka melakukan make-up dengan sedikit produk atau tidak pakai make-up sama sekali.

Produk-produk yang saya gunakan adalah tentu saja yang cocok untuk kulit saya, cocok tidak harus mahal atau populer atau dipakai semua orang, bukan? Jadi, jangan minder kalau kalian merasa produk make-up nya tidak seheboh orang lain, atau malah sebaliknya. Tergantung kebutuhan saja mah pokoknya. Produk-produk yang saya pilih ini bisa jadi tidak cocok di kulit orang lain.

Nah. Punya produk make-up favorit untuk hari raya yang berbeda dari produk yang saya gunakan? Atau punya look spesial untuk lebaran? Atau mau tanya-tanya apapun? Share di kolom komentar ya.




All photos above are by lailiving

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan