Join lailiving Newsletter



Aplikasi Produktivitas untuk Ramadhan Blogging

May 26, 2019




Karena saya bukan full-time blogger dan harus pergi bekerja setiap hari maka saya mengandalkan beberapa aplikasi smartphone untuk menunjang kegiatan blogging saya terutama untuk membuat blog draft dan merencanakan konten. Nah, karena bulan puasa tahun ini saya mengikuti challenge dari BPN selama sebulan penuh, maka saya akan membagikan beberapa aplikasi yang saya pakai untuk mengikuti challenge ini hingga akhir, yang tentu saja sebenarnya hampir semua saya pakai di luar bulan puasa.

Photo editing

1. Adobe Spark Post

Cukup mudah menggunakan aplikasi ini, ditambah berbagai stock photo dari Adobe yang bisa dijadikan pilihan. Saya biasanya menggunakan foto yang saya ambil sendiri, kemudian menggunakan aplikasi ini untuk me-resize ukuran untuk berbagai media sosial terutama instagram post dan story. Berbagai font yang ditawarkan juga bisa saya gunakan untuk memberi watermark pada foto.

2. Adobe Lightroom

Aplikasi cihuy dari Adobe juga. Aplikasi ini meski butuh space agak besar dan lebih berat dari aplikasi lain, namun menawarkan fitur editing foto yang cukup bagi pengguna android. Yang saya suka dari aplikasi ini, kita bisa mengedit tone gambar secara keseluruhan maupun warna tertentu saja sehingga tidak mempengaruhi warna lain dalam foto. Saya menggunakan aplikasi ini saat hasil foto yang saya dapat kurang sekali pencahayaan dan tidak bisa ditangani oleh Snapseed.

3. Snapseed

Aplikasi sejuta umat dari Google. Free, ringan dan komplit. Snapseed lebih sering saya gunakan untuk koreksi background yang kotor, sharpening maupun sekedar meratakan cahaya yang belang belang di foto. Kadang saya hanya pakai Snapseed untuk mengedit foto kemudian baru diresize instagram fit di Spark Post.

Inspiration

1. YouTube

Saya biasanya mencari pencerahan di YouTube melalui berbagai video motivasi terutama TED yang meski tidak semua memberi saya inspirasi untuk tulisan blog saya, namun bisa memberikan semangat positif dan sudut pandang baru bagi saya. YouTube juga berguna untuk sekedar menonton video kucing gemas yang bisa membuat bahagia.

2. iPusnas

Aplikasi Perpustakaan Nasional ini sangat berguna bagi saya untuk membaca buku dengan gratis, secara online dan tidak harus kemana-mana. Meski untuk beberapa buku, saya harus mengantri, ada lumayan banyak koleksi buku bermanfaat yang bisa kita baca. Buku-buku yang sudah selesai kita ‘pinjam’, historynya masih ada di semacam library akun kita, sehingga bisa kita pinjam lagi di kemudian hari.

3. Spotify

Di Spotify selain mendengarkan musik, juga kita bisa mendengarkan podcast. Saya jarang mendengarkan podcast lewat Spotify, namun saya suka rekomendasi lagu-lagu baru di Spotify terutama lagu yang memberikan semangat dan empowering for women. Baik lagu-lagu dan podcast, semuanya bisa memberikan inspirasi buat saya untuk menulis blog.

Blogging

1. Google Docs

Saya yang awalnya menggunakan Word dari Microsoft untuk mengetik di waktu senggang, sekarang lebih memilih Google Docs, karena bisa kita edit dan buka di device lain dengan cepat dan ringan. Selain itu karena ini produk Google, tentu saja open-source dan free. Ada fitur offline juga yang memungkinkan user membaca dan mengedit dokumen tanpa koneksi internet.

2. Trello

Ada versi free untuk personal use dan versi berbayar untuk team. Saya menggunakan versi free karena fiturnya sudah cukup lengkap dan saya juga bekerja sendiri. Trello buat saya berguna untuk salah satunya planning konten blog. Selain itu, saya bisa menggunakannya di berbagai device yang berbeda sehingga saya bisa fokus di satu device saja saat bekerja.

3. Google Keep

Google keep banyak fungsinya terutama untuk membuat notes dan to do list, namun buat saya aplikasi ini saya gunakan untuk bookmark lintas device yang bisa menyimpan berbagai link berguna yang kita temukan saat browsing di kantor dan akan saya baca saat di rumah di komputer atau handphone milik saya. Selain itu, ada fitur pin yang bisa menempelkan link-link dan catatan paling penting di deretan paling atas, dan juga fitur untuk mengkategorikan link dan memberi deskripsi.


Karena beberapa aplikasi bisa terintegrasi ke device berbeda, hal ini sangat membantu saya yang berpindah-pindah perangkat mulai dari komputer, laptop hingga handphone, sehingga kegiatan blogging saya tetap jalan dimanapun saya berada ( asal ada koneksi internet, hihi ).

Bagaimana? Punya aplikasi yang selalu dipakai saat mengikuti blogging challenge Ramadhan ini? Share di kolom komentar ya




Title picture edited by lailiving, background photo by Emma Matthews
All the screenshots above are by lailiving

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan