Join lailiving Newsletter



Hidangan Berbuka Puasa Favorit Bersama Keluarga

May 28, 2019




Dari polling sebelumnya yang saya buat, sebagian besar responden (kalau bisa memilih) menyukai berbuka bersama keluarga. Namun karena berbagai hal misalnya merantau, berbuka bersama keluarga tidak bisa dilakukan. Namun, kalau kita punya kesempatan berbuka puasa bersama keluarga, makanan apa yang paling kita sukai?

Kadang ibu saya sendiri bingung mau memasak apa untuk berbuka puasa, yang mungkin juga dialami ibu-ibu lain di penjuru dunia. Karena kami hampir tidak pernah makan di luar, berbuka puasa di rumah bersama-sama selalu kami lakukan. Jadi kali ini saya bakal membagikan beberapa menu masakan favorit saya selama berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Semuanya masakan buatan rumah lho. Jadi bisa dijadikan inspirasi untuk makanan berbuka puasa di hari-hari terakhir menjelang lebaran ini.

1. Bakso

Ini hidangan yang paling sering kami makan untuk berbuka puasa. Sebelum puasa, ibu membuat bakso sapi cukup banyak untuk stok selama Ramadhan, yang disimpan dalam freezer. Jadi, kalau mau makan bakso, tinggal buat kuahnya dari kaldu sapi yang juga sudah jadi, bawang putih goreng dan bumbu lain seperti garam, gula dan lada. Tinggal menambahkan mie dan tahu, kalau sempat kadang membuat siomay goreng juga.

Hidangan ini yang jadi hidangan terfavorit di rumah, terutama disukai oleh adik saya yang paling kecil. Biasanya langsung bersemangat kalau tahu ada menu Bakso.

2. Tahu Bumbu

Tahu bumbu adalah menu cepat yang biasa dibuat kalau sedang tidak ada ide. Tahu bumbu ini biasanya berupa potongan tahu putih yang digoreng bersama adonan telur, kemudian disajikan dengan saus kacang dan taoge rebus. Saus kacangnya terbuat dari kacang, kecap, gula merah, garam dan bawang yang dihaluskan bersama kemudian direbus. Nah, untuk versi saya, ada yang lebih cepat menggunakan Skippy, bisa dicek resepnya di link di bawah ini.


3. Ayam Bakar

Ayam bakar juga merupakan hidangan favorit karena baunya gurih. Tenang, kita tidak perlu menyalakan api unggun untuk membuat hidangan ini. Ayamnya sendiri biasanya dibumbui dengan bumbu balado, bumbu merah, bumbu kecap atau bumbu kacang, baru dibakar (atau dipanggang?) menggunakan double pan, yang tentu saja lebih praktis dan tidak perlu menyalakan api unggun.

4. Ayam Goreng Laos

Biasanya kalau ada hidangan ayam, maka ayam itulah yang jadi tokoh utamanya. Lain halnya dengan Ayam Goreng Laos, menu ayam goreng yang diberi bumbu dominan laos alias lengkuas ini yang saya paling suka adalah suwiran laosnya, gurih dan sedap. Saya juga suka ayamnya, tapi paling suka laosnya. Huhu.

5. Sambal Goreng Telur Puyuh

Sambal goreng telur puyuh juga merupakan hidangan favorit di rumah, tentu saja karena telur puyuhnya. Isian sambal goreng ini macam-macam, mulai dari kentang, tempe, tahu, wortel dan berbagai sayuran lainnya. Cara masaknya pun lebih praktis karena ibu sudah menemukan sebuah bumbu sambal goreng yang rasanya pas. Hihi.

6. Soto Ayam

Soto ayam beberapa kali jadi hidangan berbuka dan sahur kami sekeluarga. Kata ibu, biar bersemangat makannya. Soto ayam ibu waktu puasa selalu komplit dengan berbagai pelengkap, seperti yang saya bagikan di link di bawah ini.


7. Nasi Goreng

Kalau saya boleh jujur, saya paling suka nasi goreng buatan saya sendiri. Haha. Nasi goreng buatan ibu saya memang enak, dan selalu enak. Namun, nasi goreng saya punya tekstur yang saya sukai dan pas buat saya sendiri. Berbagai bumbu sudah saya coba untuk membuat nasi goreng sendiri yang sebenarnya tekniknya memakai teknik memasak nasi goreng Jepang rumahan. Tapi nasi goreng buatan siapapun, saya bakal tetap makan dong. Untuk versi sederhana dan cepat dari nasi goreng buatan saya, bisa dicek resepnya di link di bawah ini ya.


8. Nasi Campur

Karena namanya nasi campur, pasti isinya nasi dan berbagai macam lauk yang dicampur. Lauknya pun suka-suka. Biasanya di rumah, isiannya berupa urap sayuran yaitu sayuran kukus yang dibumbui kelapa parut, tempe-tahu bumbu merah, bihun goreng dan oseng kacang panjang. Kadang juga diberi tambahan telur bumbu bali dan tumisan wortel dan sawi.

9. Ayam Bumbu Kari

Karena judulnya bukan Kari Ayam, maka ini beda tentunya. Kalau Kari Ayam, biasanya berkuah dan bersantan, maka Ayam Bumbu Kari tanpa kuah dan santan. Semacam ayam bumbu lainnya, namun kali ini pakai bumbu kari. Ayam yang sudah disuwir-suwir dimasak bersama bumbu kari dengan sedikit air. Sehingga kita akan mendapatkan kari ayam tanpa kuah dan santan, dan ayamnya sudah disuwir-suwir sehingga tinggal hap.

Menurut saya, kesempatan bisa berbuka puasa bersama keluarga atau teman atau siapapun adalah kesempatan baik untuk saling bercerita. Kadang kita perlu makanan atau cemilan untuk memulai sebuah curhatan. Namun jika saat ini kita diberi kesempatan untuk berbuka puasa sendirian, kita dapat kesempatan untuk lebih santai dan nyaman bersama diri sendiri.

Adakah yang punya menu makanan atau hidangan berbuka puasa favorit? Jangan lupa share di kolom komentar ya, siapa tahu saya bisa kasih tahu ibu saya untuk ide masakan selanjutnya, hihi.


Title picture edited by lailiving, background photo by Elevate

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan