Join lailiving Newsletter



Kebaikan yang Bisa Kamu Mulai Sekarang

May 24, 2019




Pernahkah kalian merasa bahwa dalam satu merasa banyak sekali kebaikan yang mendatangi kalian?Atau sebaliknya, pernahkah kalian merasa dalam satu hari banyak sekali hal-hal tidak baik yang datang? Kebaikan maupun keburukan sama-sama akan menarik hal serupa dalam kehidupan kita. Satu kebaikan akan menarik kebaikan yang lainnya. Begitu pula sebaliknya. Jika dalam kehidupan kita tidak diisi kebaikan, maka hal sebaliknya lah yang akan menghampiri kita. Sama seperti pikiran kita, saat kita tidak bisa berpikir positif, maka yang mengisi pikiran kita adalah hal negatif.

Kali ini saya tidak akan membahas berapa banyak pahala yang akan kita dapat kalau melakukan perbuatan baik di bawah ini. Berbuat baik sudah pasti akan memberikan manfaat dan kebaikan kepada diri sendiri dan orang lain secara langsung maupun tidak langsung. Semua perbuatan baik atau buruk adalah benih yang kita tanam, yang pada akhirnya kita akan bisa memanennya di kemudian hari. Jadi, jangan khawatir.

1. Membantu

Membantu dalam kebaikan tentunya. Membantu ada banyak jenisnya, pokoknya apapun kegiatan yang bisa meringankan kesulitan orang lain atau mempermudah kegiatan orang lain dalam kebaikan. Ada banyak cara untuk membantu, bisa dalam bentuk apapun yang kita miliki.
a. Membangunkan anggota keluarga untuk makan sahur
b. Menyiapkan makanan untuk berbuka puasa
c. Memberi petunjuk arah bagi pengguna jalan yang kesulitan
d. Membuang sampah pada tempatnya, yang bisa membantu petugas kebersihan dan pengguna tempat umum untuk menggunakan fasilitas umum dengan nyaman
e. Mendengarkan curhatan teman. Meski sedikit membingungkan, kadang tidak semua orang ingin dibantu dengan saran, ada beberapa orang yang hanya dengan didengar saja sudah merasa terbantu.
f. Mentaati rambu-rambu lalu lintas. Berhenti pada saat lampu merah, tidak menggunakan trotoar untuk kendaraan umum, belok pada tempatnya maupun parkir dengan tertib adalah bentuk bantuan kita untuk orang lain sesama pengguna jalan secara langsung maupun tidak langsung. Meskipun hal ini termasuk kewajiban, namun bagi saya berbuat yang seharusnya sesuai peraturan adalah bentuk bantuan yang paling mudah yang bisa kita lakukan kepada orang yang lebih banyak.
g. Meletakkan kembali barang swalayan yang tidak jadi dibeli pada tempatnya
h. Membawa tas belanja sendiri yang tentu membantu program mengurangi penggunaan plastik dan juga membantu lingkungan secara umum
i. Membaca blog post sesama blogger dan meninggalkan komentar atau feedback
j. Memberikan support berupa saran konstruktif atau bahkan dalam bentuk partisipasi tertentu untuk karya/usaha seseorang
k. Mengikuti survey yang diadakan mahasiswa untuk proyek tugas akhir/skripsi
l. Membantu untuk share link website atau media sosial rekan yang sedang membangun usaha online


2. Belajar

Belajar adalah proses seumur hidup, bisa mempelajari hal-hal mengenai kehidupan maupun hal-hal baru seperti pengetahuan umum dan bahasa asing. Belajar adalah bentuk pengembangan diri yang tentu saja sangat membantu diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Kegiatan proses belajar paling mudah yang bisa kita ikuti adalah dengan melihat segala sesuatu yang terjadi pada kita sebagai sebuah proses pembelajaran dimana kita akan mendapatkan sesuatu yang baru untuk membuat kita jadi lebih baik. Misalnya kita belajar sabar dengan tidak menyerobot antrian. Kita juga bisa belajar untuk lebih rileks saat terkena macet di jalan.

Kalau kalian masih bersekolah atau kuliah, maka gunakan kesempatan ini untuk  mempelajari hal-hal baru di sekolah atau kampus yang menurut saya selain akademik, ada banyak hal non-akademik yang juga bisa didapat dari sini.

3. Diam

Diam adalah perbuatan baik juga lho. Diam untuk tidak membicarakan keburukan, diam untuk mengatakan hal-hal negatif kepada diri sendiri, serta diam untuk tidak membuat kebencian melalui media sosial. Kita perlu diam untuk mendengarkan orang lain, membuka pikiran pada sudut pandang yang berbeda, melihat lebih dekat sebuah perbedaan. Kita juga perlu diam untuk mengintrospeksi diri. Kita juga perlu diam untuk menyerap ilmu dan informasi baru. Kita perlu diam untuk menghargai orang lain. Jadi, ada banyak hal baik yang bisa kita lakukan dengan hanya diam. Daripada menghabiskan energi untuk hal-hal tidak baik, lebih baik kita diam.


Baca juga : Save Your Energy

4. Berterima Kasih

Setiap hari kita punya kesempatan untuk berterima kasih, terutama kepada diri sendiri dengan berbagai cara seperti tidur dengan cukup, makan makanan sehat, berolahraga, dan lain sebagainya. Berterima kasih kepada orang lain bisa kita lakukan misalnya kepada mbak mbak kasir swalayan, atau kepada mas-mas kurir yang sudah mengantar paket kita. Berterima kasih tidak hanya dengan mengucapkan terima kasih, namun bisa juga dengan point pertama yaitu membantu. Kita berterima kasih kepada ibu dengan membantu ibu berbelanja, atau juga berterima kasih kepada driver ojek dengan memberikan review yang baik. Kita juga bisa berterima kasih atas tempat tinggal yang kita miliki dengan membersihkan, mengecat dan merapikannya kembali. Tidak lupa, kita pun berterima kasih kepada Sang Pencipta atas kehidupan yang kita dapat dengan menggunakan kesempatan untuk hidup ini untuk terus berbuat baik.


Meskipun bagi kita kebaikan kecil yang kita lakukan seperti tidak bermakna dan biasa saja, bisa jadi bagi orang lain sangat berguna dan berharga. Sekecil apapun kebaikan, tidak akan pernah sia-sia.

Nah itu tadi 4 point yang bisa kita lakukan mulai sekarang. Seperti yang selalu saya sebutkan bahwa, kebaikan akan menarik kebaikan yang lebih banyak. Maka kapanpun dimanapun kita berada, kita bisa memulai sebuah kebaikan dari hal yang paling sederhana yang ada di sekitar kita.

Nah, punya ide kebaikan yang belum disebutkan dalam blog post ini? Yuk bagikan di kolom komentar, siapa tahu kita bisa mengajak lebih banyak orang lagi untuk berbuat baik.






Title picture edited by lailiving, background photo by rocknwool

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan