Join lailiving Newsletter



[ Life Lesson ] Mulailah dengan Pikiran Positif

April 16, 2019




Pagi ini saya merasa semua ujian selama 2019 sedang ditumpahkan semuanya kepada saya bertubi-tubi, mulai dari hal se-sederhana tali tas yang lepas hingga klien yang tiba-tiba berubah pikiran tentang desain minggu lalu yang menurutnya sudah oke ternyata banyak sekali revisinya. 

Satu hal berharga yang saya pelajari hari ini adalah saya sudah menanamkan sejak pagi hari saat tali tas saya lepas bahwa hari ini bakal banyak hal tidak baik. Seharusnya saya tidak perlu berpikir seperti itu, hanya mengganti tas saya dan kemudian berangkat ke kantor dengan perasaan yang lebih positif. Saya baru menyadarinya saat menjelang jam istirahat, saya sudah memulai hari ini dengan pikiran yang negatif, sehingga apapun yang datang pada saya selanjutnya tampak sebagai hal-hal negatif yang membuat saya tidak nyaman.

Lalu apa yang saya lakukan?
Saya berhenti sejenak. Mengingat kembali apa yang sudah terjadi dan sudah saya lakukan seharian ini.  Yang sudah terjadi memang tidak bisa saya undo untuk saya edit agar hari ini jadi lebih baik. Yang bisa saya lakukan hanya mengisi pikiran saya dengan kata-kata positif, agar sisa hari ini yang tinggal beberapa jam saja bisa saya lalui dengan lebih baik.

Saya rasa pikiran adalah magnet. Apapun yang kita pikirkan akan memanggil hal-hal serupa kepada kita. Misalnya saya berpikiran negatif, maka pikiran negatif ini akan memanggil teman-temannya yang lain yang juga negatif untuk datang kepada saya. Sebaliknya jika saya berpikiran positif, maka pikiran positif ini akan memanggil teman-temannya yang lain yang juga positif untuk datang kepada saya.  

Pikiran juga adalah lensa. Saat kita berpikiran positif, maka kita mampu melihat segala sesuatu melalui lensa yang jernih dan jelas. Sebaliknya saat berpikiran negatif, saya seperti melihat dunia dari lensa yang buram, retak dan membuat saya berasumsi yang tidak-tidak.

Melalui kejadian hari ini saya belajar, bahwa jika saya mengalami hal buruk di luar kendali saya yang membuat perasaan saya tidak nyaman, bukan hal buruk itu yang harus saya ubah, namun cara saya berpikir dan melihatnya.





Title picture edited by lailiving
Background photo by Masaaki Komori

You Might Also Like

4 comments

  1. Berpikir positif itu sangat penting sekali. Walau ada saja rintangannya. Tapi harus tetap punya prasangka yang baik. Agar energi yang dihasilkannya pun baik.

    ReplyDelete
  2. Setuju sama opini diatas, dalam hidup dan bekerja positif thinking itu penting sekali buat ningkatin mood bekerja jangan sampe kita trlalu beremosi hingga akhirnya kerja pun sdh gak fun lagi, bahaya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek mbak kalau kita kerja sambil membawa pikiran negatif :" yang ada ga selesai selesai pekerjannnya

      Delete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan