Tangled (2010) | My Best Disney Movie

disney tangled review

 

Haii, apa kabar? Sudah menulis apa hari ini?

Sesuai tema hari ini yaitu movie yang berkesan yang pernah ditonton, aku sejujurnya lupa movie apa aja yang sudah aku tonton tahun lalu, sepertinya banyak banget yang bikin ketawa dan kayaknya gak penting banget ceritanya tapi tetep aku tonton dan jadi favorit. Oh iya tahun ini aku nonton Turning Red dan Encanto, dan kedua movie animasi tersebut membuatku menemukan lagu baru yang aku sukai yaitu We Don’t Talk About Bruno dan Nobody Like U. Tapi, kali ini kita gak bakal bahas kedua movie itu melainkan 1 disney movie dari 12 tahun yang lalu yaitu Tangled.

Pastinya kamu sudah tahu movie animasi disney yang satu ini karena sempet ditayangin di TV nasional juga. Sudah selama itu, tapi aku masih inget karena bikin ketawa ngakak dan lagunya I See The Light jadi lagu favoritku secara instant.

 

Tangled | Disney Movie Review

 

tangled disney poster

Released             : November 24, 2010

Screenplay          : Dan Fogelman (based upon “Rapunzel” by Jacob Grimm and Wilhelm Grimm)

Characters          : Rapunzel, Flynn Rider, Mother Gothel, Maximus, Pascal

Voices                   : Mandy Moore, Zachary Levi, M.C. Gainey, Richard Kiel, Ron Perlman, Jeffrey

       Tambor, Brad Garrett, Paul F. Tompkins, Donna Murphy

Keywords            : Fantasy, Adventure, Comedy, Animation, Family, Musical, Fairytale Retelling

Duration              : 1hr 40 mins

Watch                   : Disney+

Music, Lyrics       : Alan Menken, Glenn Slater

 

Songs :

"Prologue" : Donna Murphy (Mother Gothel), Delaney Stein (Young Rapunzel)

"When Will My Life Begin?" : Mandy Moore (Rapunzel)

"Mother Knows Best" : Donna Murphy (Mother Gothel)

"I've Got a Dream" : Brad Garrett (Hook-Hand Thug), Jeffrey Tambor (Big Nose Thug), Mandy Moore (Rapunzel), Zachary Levi (Flynn Rider), Ensemble

"I See the Light" : Mandy Moore (Rapunzel) dan Zachary Levi (Flynn Rider)

"Healing Incantation" : Mandy Moore (Rapunzel)

"The Tear Heals" : Mandy Moore (Rapunzel)

"Something That I Want" : Grace Potter

 

"When the kingdom's most wanted, and most charming, bandit Flynn Rider hides in a mysterious tower, the last thing he expects to find is Rapunzel, a spirited teen with an unlikely superpower: 70 feet of magical golden hair! Together, the unlikely duo sets off on a fantastic journey filled with surprising heroes, laughter and suspense." (Disney+)

 

My Thoughts :

I laughed a lot!

Look at the poster! You know it’s a fun animation movie to watch that will make you laugh and roll on the floor.

cool flynn rider
look at betapa tampan dan mupengnya Flynn 


Movienya diawali dengan narasi dari Flynn Rider tentang bunga ajaib yang bisa membuat seseorang bernama Mother Gothel jadi awet muda. Karena gak pengen semua orang tahu keberadaan bunga ini, ditutupilah bunga itu. Namun karena waktu itu permaisuri kerajaan lagi sakit, para pengawal dikirim untuk mencari bunga ajaib, aku lupa kok bisa nemu bunga ajaib yang ditutupin Mother Gothel tadi.  Permaisuri sembuh dong habis minum ramuan bunga ajaib, dan kemudian melahirkan anak perempuan berambut pirang bernama Rapunzel (padahal bapak ibunya rambutnya coklat lho, bisa-bisanya dia pirang sendiri gara-gara ramuan bunga ajaib). Mother Gothel kan sebel ya bunga kesayangannya diambil, dia menyusup ke istana, terus jadi tahu kalau rambut Rapunzel ternyata bisa bikin awet muda. Maunya kan hanya motong rambutnya dikit, ternyata kalau dipotong jadi tidak berkhasiat lagi. Akhirnya Rapunzel dibawa pulang sama Mother Gothel untuk tinggal di menaranya dan gak boleh keluar kemana-mana dengan alasan “di luar sana berbahaya say”.

cool maximus
Kuda terganteng dan terkeren sepanjang masa


Karakter di movie ini semuanya aku suka terutama Maximus kuda kerajaan. Maximus ini karakter favoritku di Tangled lho, baru setelah itu Flynn dan Rapunzel. Kenapa suka Maximus? Karena dia kelewat jenius dan gak masuk akal banget dan benci banget sama Flynn. Saking bencinya sampe dia bisa mengendus bau Flynn di jalan yang dilewatinya.  Maximus ini kayaknya lebih cocok jadi prajurit kerajaan daripada prajurit itu sendiri. Terus Flynn juga lucu banget, biasanya kan kalo ada tokoh cowok ganteng kadang ganteng aja dan terlalu kalem dan polos sampe tertipu penyihir jahat. Nah di sini Flynn ini buronannya, dan dia pasang ekspresi mupeng pas pertama ketemu Rapunzel dan untungnya dia gak amnesia atau gegar otak karena dipentung pakai panci Rapunzel.

Karakter Rapunzel juga bikin ketawa terutama waktu dia pertama kali turun dari tower terus memutuskan untuk pergi bareng Flynn. Konflik batinnya Rapunzel bikin ketawa karena kita sering kayak gitu kan, beradu argumen dalam pikiran kita sendiri setiap kali kita melakukan hal-hal baru yang dianggap orang lain berbahaya, namun seringnya kita gak pernah menunjukkannya di luar. Kalau dikeluarin dari pikiran kita pastinya mirip-mirip kelakuan Rapunzel deh.

Karakter lainnya yang aku suka yaitu sekumpulan geng seram (orang-orang viking? entahlah, aku lupa) yang berpesta dan bernyanyi bareng Rapunzel dan Flynn. Mereka mengungkapkan impian mereka masing-masing yang sangat gak terduga dan mungkin bertolak belakang dari tampilan seram mereka. Pesan yang aku dapat dari scene ini adalah kamu bebas punya impian, gak peduli gimana wujud kamu dan siapa kamu saat ini. And we feel connected to each other when we have dreams we want to achieve.

maximus flynn rapunzel
akhirnya mereka salaman juga


Tangled ini masih belum tergeser posisinya di hatiku sebagai animasi disney yang bikin ketawa, ngakak dan terngiang-ngiang lagunya setelah movienya ditayangkan lebih dari 1 dekade setelahnya.

Karena nontonnya udah lama, sepertinya aku banyak kelewat nyeritain detail kesan yang aku miliki saat nonton movie ini, but if you love movies that make you laugh with super genius horse and beautiful song, Tangled is one of them.

 

IMDb rating : 7.7/10

My rating : 10/10 because I love Maximus!

 

Nah jadi, ada gak nih movie lucu yang sampai sekarang masih kamu inget? Kasih tahu dong, aku mau nonton, semakin gak masuk akal dan gak penting ceritanya dan semakin ngaco plotnya, aku suka. Ceritain di kolom komentar yaa.

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.