Kue Sagon Kacang Hijau, Bernostalgia dengan Kue Lebaran Favorit

 

kue sagon kacang hijau

Halo! Hai!

Lebaran sudah semakin dekat, sudah menemukan inspirasi baju lebaran, tinggal mencari kue kering untuk dihidangkan di meja ruang tamu nih. Sebenernya untuk kue kering atau cemilan, kita sudah tahu bahwa di berbagai toko mulai dari yang kecil sampai level supermarket bakal menyediakan kue kering dalam berbagai kemasan dan bahkan sudah dibungkus jadi parcel. Kue-kue kering yang umum ditawarkan biasanya nastar, kastangel, kue putri salju, kacang panggang, stik keju, cookies choco chip, kue kelapa, semprit, emping melinjo hingga kue-kue dalam kaleng yang kalau sudah habis bakal berisi rengginang atau bahkan benang jahit.

Kue lebaran favoritku bukan nastar bukan kastengel, bukan juga biskuit roma atau khong guan, melainkan kue sagon kacang hijau. Kue ini juga dikenal dengan putu kacang hijau atau kue kacang hijau, tergantung dimana kamu mengenalnya. Pertama kali makan kue kering ini waktu berkunjung ke rumah nenek di Sidoarjo. Nenek punya banyak stok kue sagon kacang hijau ini di dalam lemari, dan aku disuruh nyobain. Ternyata enak dan aku suka banget karena dia gurih dan gak terlalu manis, dan tentu saja rasa kacang hijau (sebagai peserta posyandu yang rajin, aku selalu suka bubur kacang hijau – saking sukanya waktu udah umur 7 tahun pun aku tetep ikut ke posyandu buat “nganterin adek” biar dapet bubur kacang hijau juga, hahaha).

Sayang sekali aku jarang banget menemukan kue kering ini dihidangkan saat berkunjung kesana kemari saat lebaran, kalau nanya kue sagon saja bakal dikasih kue sagon kelapa dan kue ini kayaknya lebih sering aku temui daripada saudaranya yang dari kacang hijau. Tapi pada suatu lebaran, aku diajak berkunjung ke rumah salah satu teman ayah, ada kue sagon kacang hijau nongol di antara deretan kue-kue lebaran lainnya. Otomatis jadi incaran utamaku dong.

Aku sempet bertanya ke ibu, gimana cara bikin kue ini biar dibikinin sendiri di rumah. Ternyata kata ibu ini bikin kuenya tuh dari kacang hijau yang dijadikan tepung kemudian dimasukkan cetakan dan dipanggang. Bahkan kata ibu, ada yang gak dipanggang, langsung aja gitu dimakan. Gulanya adalah gula halus dan tidak terlalu banyak, pantesan tidak terlalu manis, dan aku cocok nih.

Beneran dong ternyata, waktu aku browsing di google atau youtube, kuenya dibuat dari kacang hijau yang disangrai, dijemur lalu ditumbuk dan diayak hingga jadi tepung beneran. Namun sudah ada tepung kacang hijau kemasan yang bisa dibeli di toko bahan kue, sehingga lebih menghemat waktu.

 

Resep Kue Sagon Kacang Hijau

200 gr Kacang hijau atau Tepung Kacang Hijau aja biar gak ribet

150 gr Gula halus

2 sdm air

Cetakan kesukaanmu

 

Cara membuat :

1. Kalau kamu pakai kacang hijau beneran, maka kamu harus sangrai dulu kacang hijaunya biar terpisah dari kulitnya, kemudian cuci bersih lalu dijemur. Setelah dijemur, kemudian dihaluskan dan diayak hingga jadi tepung kacang hijau.

2. Kalau sudah ada tepung kacang hijaunya tinggal campurkan semua bahan. Airnya gak usah banyak-banyak, hanya dibutuhkan untuk melembabkan adonan biar gak tepung banget kelihatannya.

3. Setelah tercampur semua, saatnya dimasukkan cetakan. Setelah tercetak, tata di loyang kemudian panggang dengan suhu 150 derajat hingga kering.

4. Kue sagon kacang hijau bisa kamu lahap.

 

Nah, itu tadi curhatan mengenai kue sagon kacang hijau dan gambaran cara membuatnya, karena aku gak pernah bikin sendiri. Nanti kalau sudah pernah bikin, bakal aku pamerin di sini deh. Kayaknya gak bakal ada kue kering lain yang bisa menggeser kue sagon kacang hijau ini di hatiku, selain karena rasanya yang cocok juga karena kenangan masa kecil dan betapa jarangnya kutemukan kue ini dihidangkan di meja saat lebaran. So, kue lebaran favoritmu yang mana? Ceritain dong di kolom komentar.

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time