Mau Hemat Uang THR atau Habiskan Saja?

 

hemat uang thr sikat habis

Halo hai! Sudah memasuki hari ke-28 challenge BPN Ramadhan 2022 nih. Apa masih tetep nulis atau bakal nulis ketigapuluh tema harian langsung dalam sehari? Atau kamu hanya ingin menulis beberapa tema saja? Gak ada yang salah sih, lagian juga yang kamu isi blogmu sendiri, bebas mau ngapain aja. Karena udah deket lebaran, pasti topik bahasannya menyangkut THR dan baiknya uang ini diapain biar gak nyesel. Apa disimpen aja di dalam peti yang dikubur di kebon belakang? Apa dibelanjain bakso buat warga sekecamatan?

Menurutku sih terserah kamu, kan duit kamu sendiri. Gak harus menghemat dan juga gak harus dibelanjain. Kamu bingung karena kebanyakan uang THR? Boleh kok dikasih ke aku, langsung kasih tau aku aja lewat pesan, email, anything that can connect us (ea) dan bakal aku kasih tau juga kemana kamu bisa kirim uang yang membuatmu kebingungan karena gak habis-habis itu. Aku akan dengan senang hati menerimanya.

Nah, kamu masih bingung mau berbuat apa dengan uang THRmu? Baca list di bawah ini deh, nomor 12 dan 13 adalah favoritku lho! 


Hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan uang THR

1. Masukkan tabungan, kapan-kapan dibelanjain

2. Masukkan tabungan, gak akan dibelikan apapun karena THR hanya setahun sekali

3. Jajan sepuasnya sampe gak pengen jajan lagi sebulan ke depan

4. Traktir orang-orang sekomplek

5. Beli apapun deh pokoknya THR harus habis tanpa sisa biar gak kepikiran

6. Bepergian

7. Bagi-bagi untuk orang rumah biar seneng

8. Bayar cicilan

9. Masukkan peti, kubur di kebon belakang

10. Sumbang ke lembaga yang kamu suka

11. Pigurain uang THR buat koleksi

12. Transfer ke pemilik blog ini

13. Beli setumpuk buku terus dikirim ke pemilik blog ini

 

Jika kamu tidak ingin menyesal sudah membelanjakan uang THRmu namun kamu juga gak ingin menyesal sudah melewatkan diskon belanja, aku sarankan kamu mengetahui dengan jelas total uang THRmu saat ini, lalu catat apapun jasa atau benda yang sudah kamu tukar dengan uangmu. Dengan begitu, kamu gak bakal kaget tahu-tahu udah gak ada uang di rekeningmu alias gaji, THR dan uang sisa di bulan sebelumnya tersikat habis saat lebaran. Saran ini berlaku jika kamu berpotensi menyesal di akhir masa libur lebaran setelah menggunakan uang THRmu.

 

Kalau aku sendiri, biasanya selalu ada sisa (di penghujung masa libur lebaran), karena aku kalap belanja gak pas lebaran alias di saat-saat random di luar lebaran. Uang THR ini bakal aku bagi dalam beberapa kategori kayak dibagiin buat anggota keluarga (aku suka bikin amplop lebaran lucu-lucu, jadi buat menyebar kelucuan amplopku aku bakal pakai amplop ini buat membagikan uang THR ini), dana jajan selama libur lebaran, buat ngisi e-wallet biar mereka juga kecipratan THRnya, dan juga dimasukkan amplop THR untuk diriku sendiri biar gemes. Dari pembagian uang ini biasanya masih ada sisa, yang bakal aku gunakan untuk kalap di masa mendatang tentunya. Hahaha.

 

Sebenernya gak ada aturan khusus sih berapa persentase untuk kategori tertentu, karena aku gak suka hitung-hitungan ribet. Kamu juga begitu, kalau kamu gak pengen menggunakan rumus penghematan yang kamu temukan saat browsing, ya jangan dipakai, gak berdosa kok say. Sebaliknya kalau kamu pengguna setia rumus keuangan, bisa banget kamu ceritain ke aku kesan-kesan kamu selama menggunakan rumus tersebut di kolom komentar di bawah ini. Kalau kamu mau mengikuti beberapa kegiatan dari list di atas juga boleh, kalau kamu berpikir kalau ide-ide dari list di atas kurang banyak juga aku bakal nerima ide apapun dari kamu untuk dimasukkan di list tersebut siapa tahu ada orang yang cocok dengan ide tersebut, atau kamu berpikir you will do nothing to your THR because you will do nothing during lebaran, THAT’S TOTALLY OKAY DEAR.

 

Kamu boleh bijak menggunakan uang THRmu, atau boleh juga sebaliknya, toh uangnya sudah menjadi milikmu, jadi bos di tempat kerjamu gak bakal protes kalau uang THRmu sudah berubah jadi tiket nonton Dr. Strange untuk teman-teman sekelurahan. Kamu boleh saja menggunakan uang THRmu sesuka hati dan menyebut dirimu bijak dalam hal finansial dan membagikannya di blog kamu, aku gak akan marah say.

 

Nah karena Microsoft Word sudah menunjukkan bahwa blog post ini sudah lebih dari 500 kata, maka saatnya aku beralih pada tema selanjutnya. Semoga apapun yang kamu lakukan dengan uang THRmu membuatmu bahagia yaa say. Kalau ada ide buat list hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan uang THR, boleh banget kamu sebutin di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca blog post yang aku buat di tengah siang bolong hari Kamis yang super panas ini. Satu view dari kamu bermakna lho, karena kehadiranmu di dunia ini bermakna. Sampai jumpa.

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time