Join lailiving Newsletter



Monthly Highlight : August 2019

September 01, 2019




Bulan kedelapan sudah berlalu, kini kita memasuki bulan kesembilan tahun 2019, artinya tinggal sekitar 4 bulan lagi untuk menuju 2020. Hayo sudah mengecek daftar resolusi tahun ini apa belum? Hihi. Di bulan ini saya pun saya mulai fokus pada salah satu resolusi saya yang sebenarnya merupakan ‘transferan’ dari resolusi tahun lalu. Selain itu, beberapa hal baik terjadi di bulan ini. Kalau bisa memberi satu tema untuk bulan Agustus, saya mungkin memberinya tema love. Haha.


1. Google Adsense

Saya awalnya tidak berniat mendaftarkan blog ini untuk adsense, cukup blog saya yang satunya. Saya hanya iseng mendaftarkannya, mengingat usia blog saya yang ini kurang dari 5 bulan dan kontennya masih sedikit. Namun, ternyata pendaftaran saya tersebut langsung diterima dalam waktu sekitar 4 jam, saya daftarkan sekitar pukul 10-an, sekitar pukul 2 sore saya buka email ada pemberitahuan bahwa pengajuan Adsense saya diterima.

2. JLPT

Salah satu resolusi saya tahun ini (yang merupakan resolusi transferan dari tahun lalu) adalah serius belajar bahasa Jepang. Nah, karena saya belajar sendiri, saya pun jadi santai-santai dan sesuka hati saya mau belajar kapan saja, sehingga di bulan Juni saya merasa tidak ada perkembangan sama sekali. Saya merasa harus memacu diri sendiri untuk belajar, agar saya bersemangat belajar, saya pun memutuskan untuk ikut JLPT (Japanese Language Proficiency Test) untuk bulan Desember tahun ini. Pendaftarannya sudah dibuka mulai 13 Agustus hingga 3 September. Karena sudah ada tujuan untuk mencapai level tertentu, maka saya jadi lebih termotivasi untuk belajar dan jadi lebih jelas mau belajar yang mana dulu.

3. Tanggal 8 dan 18 Agustus

Di kedua tanggal cantik tersebut, saya mendapatkan banyak kejutan dan berita baik. Di tanggal 8 Agustus, ada kolaborasi video 2 youtuber favorit saya Liah Yoo dan Lavendaire, serta blog view saya yang biasanya tidak pernah lebih dari 50 per hari, bisa mencapai angka 500, entah saya habis berbuat apa kok bisa sebanyak itu. 
Di tanggal 18 di hari ulang tahun adik saya, view blog saya bisa mencapai 300, saya juga tidak paham kenapa. Mungkin karena ada yang membagikan salah satu blog post saya. Terima kasih untuk siapapun yang membagikan link blog saya. Di tanggal 18 Agustus juga saya bisa melihat full moon yang lebih besar dari biasanya berwarna orange, indah sekali di langit sebelah timur. Saya pun jadi sadar, bulan terlihat cantik dengan tekstur di permukaannya yang terlihat dari bumi, bulan tidak punya glass skin dan dia tidak menghasilkan cahaya sendiri, namun dia tetap cantik. Kita pun begitu, mungkin kita punya banyak hal yang kita sebut kekurangan pada diri kita dan kita tidak bersinar seperti bintang iklan di televisi, namun kita semua cantik dengan apa yang kita punya sebagai diri kita sendiri.

4. Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life, by Albert Liebermann and Hector Garcia

Saya baru saja menyelesaikan satu buku berjudul Ikigai. Ikigai merupakan filosofi orang Jepang mengenai tujuan hidup dan bagaimana menjalani kehidupan yang bermakna. Ikigai disebut sebagai sesuatu yang merupakan alasan seseorang hidup, yang membuatnya bersemangat tiap bangun tidur di pagi hari. Ikigai adalah gabungan dari hal yang kita suka, hal yang mampu kita lakukan, hal yang bisa memberikan hasil dan hal yang dibutuhkan orang-orang di sekitar kita.
Melalui buku ini saya belajar banyak mengenai bagaimana penduduk di Okinawa bisa menjadi orang-orang berusia paling panjang di dunia, bagaimana kebiasaan mereka, dan bagaimana pola pikir mereka. Di buku ini juga disebutkan bahwa ikigai bisa berbentuk apapun yang mungkin bagi orang lain terlihat sepele, seperti seorang pemilik kedai sushi yang selalu ramai dan sudah populer namun tidak membuka cabang dan hanya menerima pengunjung dalam jumlah terbatas dalam sehari, karena memang letak kebahagiaan pemiliknya ada di situ.
Secara keseluruhan Ikigai adalah buku yang memotivasi dan membuka pikiran saya mengenai kehidupan, saya pun terharu membaca contoh-contoh yang diberikan penulisnya mengenai Ikigai tersebut. Jarang-jarang kan saya terharu membaca buku self-help begini.

5. Playlist : Clover, London Boy, us

Di bulan Agustus, ada beberapa lagu baru dan lagu lama yang menjadi favorit saya, sehingga saya memilih hanya 3 saja lagu yang paling sering saya dengarkan. Clover adalah sebuah lagu milik Flower yang merupakan coupling song dari single Blue Sky Blue yang sudah dirilis cukup lama, namun kembali menjadi favorit saya di bulan ini. Lagunya sendiri mengenai cinta anak sekolah di musim panas. Meski saya sudah bukan anak sekolahan dan tidak sedang jatuh cinta pada seseorang seperti yang digambarkan dalam lagu ini, saya suka sekali mendengar lagu ini setiap hari, rasanya seperti berada di padang rumput dengan angin yang sepoi-sepoi.
London Boy adalah salah satu track dari album baru Taylor Swift, Lover, yang semua tracknya dirilis bersamaan di channel youtubenya sebelum tersedia di Spotify beberapa jam kemudian. Sebenarnya tidak hanya London Boy saja, namun yang terasa saya banget di bulan Agustus adalah track ini dan surprisingly dia cocok dijadikan satu playlist dengan Clover.
us adalah EP terbaru dari penyanyi favorit saya, milet. Lagu ini merupakan theme song drama Gisou Furin, yang saya sendiri belum menontonnya, hihi. Music video us yang sudah mencapai lebih dari 9 juta views sudah dirilis sebelum lagunya available di spotify, merupakan music video favorit saya bulan ini. Terlihat gelap seperti lagu-lagu milet sebelumnya, gelap dan indah.

6. Brain Dump

Saya terbiasa menuangkan segala sesuatu yang mengganggu pikiran saya ke dalam bentuk tulisan atau gambar di jurnal saya, namun belakangan ini saya memutuskan untuk membuat satu file khusus di Google Docs yang bisa saya akses kapanpun, dimanapun melalui device apapun tiap kali saya perlu ‘membuang’ hal-hal yang mengganggu pikiran saya. Keberadaan file ini juga memungkinkan saya lebih aware dengan apa yang saya rasakan dan pikirkan saat itu, tidak jarang juga saya menuliskan semua hal positif yang saya dapatkan sehingga saya bisa terus ingat bahwa kehidupan itu sebenarnya menyediakan hal-hal yang kita butuhkan untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Secara keseluruhan bulan Agustus adalah bulan yang menyenangkan dimana saya merasa lebih bersemangat dan lebih hidup dari bulan-bulan sebelumnya, karena itu rasanya tema bulan ini adalah love. Saya lebih berfokus pada menghemat energi dengan tidak membiarkan hal-hal berenergi negatif untuk masuk dalam kehidupan saya, seperti melalui dunia maya. Dengan tidak mempedulikan hal-hal buruk yang disebarkan melalui internet, kita bisa menghemat energi untuk menggunakan kegiatan yang penting, dan kita pun punya kesempatan untuk mencintai kehidupan kita.

Nah, bagaimana dengan kalian? Hal baik apa yang kalian dapatkan di bulan ini? Apakah ada lagu-lagu yang kalian suka di bulan ini? Share di kolom komentar ya.



Title picture by lailiving
Bcakground photo by Jon Flobrant

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan