Join lailiving Newsletter



Plant Nanny, Cara Gemas Buat Minum Air

May 04, 2019


plant nanny by lailiving


Karena saya sering lupa minum air yang cukup, saya mencoba beberapa cara untuk memotivasi saya agar rajin minum air. Salah satunya dengan aplikasi di smartphone yang bisa saya download melalui Play Store. Saya sempat menggunakan beberapa aplikasi untuk mengingatkan saya untuk selalu minum air. Semuanya memiliki keunikan masing-masing, ada yang menyediakan badge untuk setiap jumlah tertentu yang kita minum, dan juga unlock fitur tertentu setelah mencapai periode tertentu. Ada juga yang memiliki fitur setting reminder untuk setiap waktu tertentu sesuai kebutuhan. Dan ada juga yang temanya seperti peta harta karun.

Baca juga : 5 Cara untuk Minum Cukup Air Tiap Hari



Satu aplikasi yang sekarang saya gunakan adalah Plant Nanny, yang awalnya saya kira game tembak-tembakan tanaman seperti Plant vs Zombie karena bentuknya hijau dan menggemaskan. Namun ternyata saya salah, Plant Nanny merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memotivasi manusia untuk rajin minum air setiap hari dengan konsep berkebun.

Buat saya, aplikasi inilah yang paling memotivasi saya yang suka sekali dengan interface yang lucu dan menggemaskan.

Cara kerjanya, kita bisa mengeset jumlah kebutuhan air berdasarkan berat badan yang nantinya menurut Plant Nanny dihitung sebagai kebutuhan air harian tubuh kita.



Setelah itu kita memilih tanaman untuk ditanam, kita bisa memberi nama juga untuk tanaman ini. Kalau tidak punya ide nama, pakai nama default dari aplikasi juga bisa. Tanamannya bermacam macam yang bisa kita pilih. Selain tanaman yang sudah tersedia, kita bisa mendownload jenis tanaman lain di flower shop, kita baru bisa menanamnya jika jumlah seed kita cukup.


Seed didapat jika kita sudah menanam tanaman di kebun, tanaman yang bisa ditanam di kebun adalah tanaman yang sudah cukup pertumbuhannya. Jumlah seed yang dihasilkan pun macam-macam, ada yang 1 seed per hari, ada yang hingga 3 seed per hari. Contohnya seperti gambar di bawah ini yang maksudnya seed bisa kita panen 4 jam kemudian



Namun jangan khawatir, di awal-awal, kita bisa menanam tanaman yang free tanpa harus pakai seed yaitu Devil Ivy dan Dandelion.

Bagaimana aplikasi ini memotivasi saya?
Karena saya memberi nama tanaman saya dengan nama yang saya sukai, saya akan ingat untuk ‘menyiram’ tanaman ini yang otomatis mengingatkan saya untuk minum air.  Saya akan merasa memiliki peliharaan, yang kalau saya tidak minum air, dia akan layu kemudian mati.

Kejadian tanaman dehidrasi pun sering terjadi dalam liku-liku kehidupan perkebunan saya ini. Hihi. 



Plant Nanny juga menampilkan grafik jumlah air yang sudah kita minum setiap hari berikut persentasenya.



Kita bisa membagikan perkembangan tanaman yang kita tanam ke media sosial yang kita miliki dengan tap icon kamera.  Aktivitas sharing ini juga bisa unlock badge yang tersedia di achievement tab untuk jumlah share tertentu.

Di bagian bawah, kita bisa memilih ukuran gelas untuk sekali minum. Awalnya saya menggunakan ukuran gelas 250 ml, kemudian ternyata lebih baik saya minum air sedikit sedikit sehingga saya pilih ukuran 150 ml.



Otomatis jumlah gelas yang harus kita minum akan berubah sesuai dengan ukuran per satu kali minum. Yang awalnya sekitar 8 atau 9 gelas saja, sekarang menjadi sekitar 12 gelas per hari.

Sisi positifnya dari aplikasi ini? Tentu saja saya jadi rajin minum air. Sehingga saya merasa lebih sehat karena kebiasaan baru saya ini. Seperti, tubuh saya bakal langsung memberi sinyal sakit perut dan menyuruh saya ke toilet ketika saya makan makanan yang tidak disukainya, terutama makanan instan dengan bubuk cabai. Padahal dulu saya biasa saja, malah bisa habis beberapa jajanan pedas dalam sehari. Bibir saya yang biasanya gampang kering dan pecah-pecah, kali ini, di musim yang kering ini, terasa normal. Selain itu, saat toel-toel tanaman, biasanya ada bunyi tuing-tuingnya yang membuat bahagia, dan tanaman merespon seperti ini.



Jadi selain memotivasi untuk minum air, membuat tubuh jadi sehat, aplikasi ini juga meningkatkan kebahagiaan buat saya. Hihi.
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?
Atau sudah pernah menggunakan aplikasi lucu ini? Silakan share di komentar di bawah ini ya



All pictures above are by lailiving (owner archives)

You Might Also Like

4 comments

  1. Uwaaa menarik bangeet mbak, langsung cuss download ah plant nanny, akhir" ini suka kurang memenuhi kebutuhan air yg dikonsumsi seharusnya. Salam kenal juga ya mbaak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak. Bisa dicoba instal plant nanny juga mbak :D

      Delete
  2. Lucu juga ya ada aplikasi reminder tubuh kayak gini, seperti main game aja jadinya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak gemes, kalau lupa nyiram, bisa layu :"

      Delete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan