Join lailiving Newsletter



[ Reflection ] Modify Your Life Feed

June 29, 2019




Sebenarnya kita mampu. Sebenarnya kita punya kekuatan.

Mungkin kita sering merasa tidak nyaman dengan YouTube suggestion yang menampilkan video kontroversial di timeline kita, video-video yang mungkin memuat konten sensitif maupun yang membuat kita merasakan perasaan negatif seperti kesal, marah dan lain-lain. Jika begitu, mari kita ingat-ingat video-video apa saja yang sudah kita tonton sebelumnya. Timeline YouTube kita akan selalu menyajikan video-video yang didasarkan pada video-video yang sering kita tonton sebelumnya.

Jika kita selama ini menonton video-video kecantikan di YouTube, maka yang di-suggest oleh YouTube di home kita adalah video-video serupa mengenai produk kecantikan dan tips kecantikan dari Youtuber yang berkaitan dengan video yang kita tonton, atau video dari orang-orang yang berkaitan dengan topik kecantikan. Jika kita sering tertarik pada video yang menggiring penontonnya pada pikiran dan opini negatif, maka YouTube akan menyarankan video-video kontroversial lain di timeline kita.

Begitu pula diri kita. Perkataan, pikiran, dan perbuatan kita akan menarik hal-hal serupa dengan yang kita lakukan baik secara langsung maupun tidak. Perkataan baik akan menarik hal-hal baik.  Perkataan buruk menarik hal-hal buruk. Kata-kata maupun hal-hal lain yang kita terima akan membentuk kepercayaan, baik kita disadari maupun tidak, sehingga akan mempengaruhi apa yang kita kerjakan setiap hari. Jika hal yang saya kita lakukan setiap hari, akan membentuk kebiasaan dan gaya hidup.

Pikiran positif juga akan menarik hal-hal positif pada diri kita dan pikiran negatif akan menarik hal-hal negatif kepada diri kita.

Kita adalah apa yang kita ucapkan, kita pikirkan dan kita lakukan setiap hari, berulang-ulang.

Saat kita ingin mengubah suggestion YouTube kita agar menampilkan video-video memasak, maka yang harus kita lakukan adalah berhenti menonton video lain dan mulai menonton video memasak. Tidak hanya sekali, namun setiap hari. Begitu pula jika kita ingin mengubah kehidupan kita jadi lebih baik, yang perlu kita lakukan adalah berhenti berhubungan dengan hal-hal negatif, dan mulailah berkata, berpikir dan bersikap lebih baik. Tidak hanya sekali hari ini, namun seumur hidup. 

life quotes lailiving


Memang ada hal-hal yang selalu terjadi di luar kendali kita. Seperti saat kita sudah menonton video-video memasak, video-video lain yang tidak kita kaitannya pun kadang masih muncul juga. Namun, kita punya pilihan untuk menontonnya atau menekan tombol not interested. Kita pun, kalau mau, bisa menghindari kegiatan scrolling home page atau trending page dan hanya membuka subscription page saja. Kita punya kemampuan untuk menentukan mau jadi seperti apa kehidupan kita, kita punya kekuatan untuk memodifikasinya, atau mengubahnya menjadi sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Kita mampu, kita bisa.


Title picture edited by lailiving
Background photo by 
- Kelli Tungay
- Ornella Binni

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan