Join lailiving Newsletter



My Simple Daily Make-up for Dry-Combination Skin

May 12, 2019




Make-up merupakan salah satu cara bagaimana kita peduli terhadap penampilan kita. Make-up sering dianggap sebagai sarana untuk menarik perhatian atau untuk bersaing secara fisik dengan orang lain, bahkan dihubungkan dengan karakter yang negatif.

Namun bagi saya, make-up adalah cara saya untuk bahagia dan berterima kasih kepada diri sendiri. Ada kebahagiaan tersendiri saat saya mengaplikasikan produk make-up pada wajah saya. Beberapa produk make-up selain untuk mengurangi tampilan dark sport, wrinkle dan bahkan meratakan warna kulit, juga berfungsi seperti skincare yang merawat kulit wajah diantaranya melembabkan, melindungi dari sinar UV dan juga menenangkan kulit. Dengan cara inilah saya berterima kasih kepada diri saya dengan memberikan produk terbaik yang bisa saya dapatkan.

Dalam keseharian saya bekerja, saya tidak dituntut untuk menggunakan make-up full seperti kantor atau bank pada umumnya, sehingga saya bisa memilih untuk menggunakan make-up se-simpel dan se-praktis mungkin sehingga bisa dengan mudah saya bersihkan di malam hari. Di hari tertentu seperti saat menghadiri acara penting, baru saya pakai produk lebih banyak dari biasanya, agar lebih awet di wajah.

Disclaimer : Semua produk yang saya sebutkan di bawah ini adalah murni produk yang saya beli menggunakan uang saya sendiri, tanpa ada unsur iklan. Jenis kulit saya adalah kombinasi cenderung kering, sehingga hampir semua produk yang saya gunakan adalah produk untuk dry skin yang bertujuan menghidrasi kulit.

1. Sunscreen / Base

Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++




Di hari biasa, setelah menggunakan toner, saya menggunakan sunscreen yang juga berfungsi sebagai primer. Salah satu sunscreen favorit saya adalah Skin Aqua UV Mild Milk yang harganya sekitar 40 ribuan per botol. Sunscreen murah meriah ini mengandung SPF25 PA++ yang ditujukan untuk dry to sensitive skin. Sebelumnya saya pernah menggunakan varian lain dari brand ini yaitu Moisture Milk yang tutupnya berwarna biru, dengan SPF50 PA++ yang ditujukan untuk normal to dry skin. Untuk yang Moisture Milk teksturnya lebih cair, sedangkan yang Mild Milk lebih kental. Namun keduanya sama-sama tidak mengandung pewangi maupun alkohol. Untuk pemilik oily skin bisa coba yang tutupnya putih ya.

Canmake Juicy Glow Skin Base SPF 40 PA++



Nah untuk menghadiri acara tertentu saya biasanya pakai base make-up dari Canmake yang ini. Produk ini punya 2 shade yaitu beige dan pink, yang semuanya mengandung banyak ekstrak tanaman, dan diklaim mengandung oil control, jadi meskipun finishnya glowing namun tidak oily. Teksturnya lebih padat daripada Skin Aqua UV Mild Milk, namun mudah untuk dibaurkan ke kulit.

2. Powder

Canmake Transparent Finish Powder



Transparent powder favorit saya yang meskipun warnanya ungu (saya pakai shade Pearl Lavender) hasilnya tidak membuat wajah saya jadi ungu. Produk ini juga no fragrance dan no alcohol, dengan banyak kandungan ekstrak tanaman. Di dalamnya sudah ada SPF41 PA+++ (untuk keluaran terbaru, SPF nya jadi 47) dan mengandung moisturizing agent.

3. Lipstik

Lip on Lip Velvet Matteness Lipstick




Lipstik favorit saya yang murah meriah dan melembabkan. Harganya sekitar 20 ribuan waktu saya beli, untuk ukuran 2 gram. Lipstik ini sekarang sudah ada 5 shade, yang biasa saya pakai adalah 2 shade favorit saya yaitu Nude dan Pinkish, yang kalau digabungkan bisa menghasilkan warna yang cantik. Meski finishnya matte, lipstik ini tidak membuat bibir kering, malah melembabkan banget. Sehingga jadi best friend banget untuk saya yang punya bibir kering, apalagi di bulan puasa biasanya akan semakin kering.
Sehingga, kadang saya pakai lipstik ini sebagai eyeshadow dan blush sekalian, hihi.

Di hari biasanya, step saya berhenti di sini. Namun untuk acara tertentu, saya akan menambahkan beberapa produk berikut :

4. Eyeshadow

Canmake Wink Glow Eyes



Ini adalah produk liquid eyeshadow dari canmake dengan finish shimmery yang kalem sehingga cocok dipakai untuk daily. Ada 5 shade dari produk ini yaitu Terracotta Brown, Sakura Mauve, Romantic Aurora, Lady Gold dan Apricot Cherry Tulle, yang semuanya mengandung agen pelembab namun tidak membuat kulit jadi berminyak.

5. Maskara

Canmake Gokunobi Mascara



Salah satu produk maskara favorit saya, karena jika digunakan dengan benar sesuai petunjuk, bisa membuat tampilan bulu mata jadi lebih panjang. Produk ini diklaim waterproof namun bisa dengan mudah dihapus dengan air hangat maupun make up remover biasanya. Namun, pengalaman saya, produk ini bakal luntur kena air wudhu (mungkin air di Indonesia tergolong hangat?).

Kalau saya sedang malas pakai sunscreen, base, powder segala macam, saya tinggal pakai satu produk cushion dari G9 Skin yaitu :

G9 Skin White In Creamy Cushion SPF 50 PA+++



Cushion dengan packaging seperti kotak susu dan menggemaskan ini adalah salah satu cushion favorit saya, karena sekali lagi, dia mengandung banyak ekstrak tanaman di dalamnya. Meskipun mengandung fragrance, namun buat saya baunya tidak menyengat, lebih ke bau bedak bayi yang segar dan kalem. Bersifat melembabkan dan mencerahkan kulit wajah, sehingga tidak perlu pakai banyak-banyak agar tidak terlihat terlalu tebal.


Secara umum, daily make-up routine saya hanya sebatas sunscreen/base – powder – lipstik atau cushion – lipstik, yang menurut saya praktis dan sudah cukup membuat saya bahagia setiap pagi. Menurut saya untuk pakai make-up, kita tidak harus mengikuti standar orang lain, se-nyaman kita saja pokoknya mah.

Saat kita merasa nyaman tanpa make-up, maka jangan memaksakan diri untuk menggunakan make-up yang ujung-ujungnya membuat kita tidak percaya diri dan kerepotan. Saat kita merasa nyaman dengan make-up sederhana, jangan minder dengan sebanyak apa make-up yang dimiliki orang lain. Begitu pula saat kita merasa nyaman dengan full make-up, maka jangan tampil tanpa make-up hanya karena perkataan orang lain, yang hanya akan membuat kita merasa kehilangan sesuatu dalam hidup kita.

You are beautiful as you are. Maka temukan versi terbaik dari dirimu yang sebenarnya yang hanya ada satu di dunia ini, dan jadilah dirimu yang itu. Kalau kata mbak Taylor Swift dan mas Brendon (ciye mas) : I’m the only one of me, you are the only one of you,  I promise that you’ll never find another like me.

Punya cerita tentang make-up atau punya rutinitas make-up yang berbeda? Atau punya produk make-up bagus untuk dry-combination sky seperti saya? Share yuk di kolom komentar, jangan lupa sertakan blog postnya ya, yang bisa saya kunjungi balik.


All photos in this blog post are by lailiving.

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan