[ Recipe ] Tahu Bumbu Praktis Skippy




Selama ini saya belum pernah mencoba produk Skippy Peanut Butter, karena saya tidak begitu suka makanan manis, yang saya kira Skippy adalah selai rasa kacang super manis yang cocok buat isian roti saja. Blogger Perempuan sempat mengadakan kompetisi menggunakan produk Skippy, namun saya tidak berpartisipasi karena alasan tersebut sebelum mencoba. Haha.

Namun ternyata saya memang ditakdirkan untuk mencoba produk Skippy, melalui challenge Blogger Perempuan kali ini, yang tidak bisa saya skip. Mau tidak mau saya jadi beli produk Skippy dong, sambil membatin “Pokoknya kalau manis banget, biar dimakan orang rumah”. Saya juga sempat melihat beberapa makanan menggunakan produk Skippy Peanut Butter di dalamnya dari kompetisi sebelumnya seperti ramen, ayam bakar, dan lain-lain. 

Singkat cerita, malam hari setelah tarawih, saya yang belum makan makanan berat, memutuskan untuk membuat tahu bumbu favorit saya yang merupakan hidangan tahu bumbu kunyit yang digoreng dengan sedikit minyak, disajikan dengan taoge rebus dan bumbu kacang gurih dan manis. Biasanya untuk membuat bumbu kacang ini, saya harus berjuang menghaluskan kacang goreng sebelum dijadikan bumbu. Selain itu, jika takaran gula merah, garam dan kecap tidak pas, rasanya jadi kurang sip di lidah saya.


Sebelum saya menjadikan Skippy sebagai bumbu, saya icip terlebih dahulu, dan ternyata rasanya benar-benar kacang dan bukan seperti pabrik gula pindah ke dalam jar, hihi. Saya yakin bisa membuat bumbu kacang yang lezat dengan Skippy. Akhirnya saya berhasil membuat seporsi tahu bumbu favorit saya, yang tidak saya kira bakal sepraktis ini.



Tahu Bumbu Praktis Skippy

Untuk 1 porsi
Bahan :
Tahu
1 sdm kunyit bubuk
1 buah bawang putih geprek
Garam secukupnya
Air secukupnya
Taoge secukupnya
1 sdm Skippy Creamy
1 sdt bawang putih goreng
1 sdm kecap manis
Kulit ayam
Tepung bumbu

Cara membuat :
1. Buat bumbu tahu goreng dengan mencampurkan kunyit bubuk, bawang putih, garam dan air. Kemudian masukkan tahu yang sudah dipotong-potong, diamkan sebentar.
2. Goreng tahu hingga tidak begitu kering. Tiriskan
3. Baluri kulit ayam dengan tepung bumbu. Goreng hingga garing. Tiriskan.
4. Buat bumbu kacang : campurkan Skippy, kecap, dan  bawang putih goreng serta sedikit air agar bisa tercampur. Aduk rata.
5. Rebus taoge dalam air mendidih, kalau saya hanya mencelupkannya sebentar kemudian meniriskannya.
6. Siapkan nasi, tata taoge, tahu goreng, kulit ayam, terakhir siram dengan bumbu kacang Skippy

Saya tidak mengira rasanya bakal pas sesuai selera saya, rasa kacang, manis dan gurih. Dengan begini saya tidak perlu susah payah menghaluskan kacang lagi untuk membuat tahu bumbu favorit saya. 

Pelajaran berharga dari challenge kali ini adalah don’t judge a peanut butter by another peanut butter from your past. 
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?
Punya pengalaman atau blog post resep lain yang menggunakan produk Skippy? Bagikan di kolom komentar yuk. Saya ketagihan pakai Skippy nih buat masakan saya yang  lainnya.


Title photo edited by lailiving
Photos are all by lailiving
Artikel ini diikutsertakan dalam Tantangan 30 Hari Ramadhan BPN X Skippy

1 Comments

  1. Ini rasanya jadi kayak gado-gado ya..? Dulu saya juga pernah bikin, tapi bumbunya saya tambahkan Mayonaise, skippy, bubuk bawang putih, parsley kering, black paper, mustard dan jeruk nipis.

    ReplyDelete

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.