Join lailiving Newsletter



[ Recipe ] Soto Ayam Komplit Ala Ibu

May 09, 2019




Menu sahur hari pertama tahun ini adalah soto ayam. Soto ayam paling komplit dan sesuai kesukaan saya sejauh ini. Pada umumnya di dalam hidangan soto akan disertakan bubuk koya yang berfungsi sebagai pelengkap yang membuat hidangan soto semakin gurih, serta diberi pelengkap sambal terasi dan jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Namun, dari dulu saya tidak menyukai ketiga bahan pelengkap yang jadi favorit sejuta umat tersebut, haha. Maafkan saya ya wahai koya, sambal terasi dan jeruk nipis. Mungkin selera saya agak aneh, haha, namun saya lebih suka kuah soto yang apa adanya. Seperti halnya bakso, mentok saya tambahkan saus cabai kalau sedang ingin makan pedas, selebihnya saya biarkan apa adanya.


Kali ini ibu membuat soto ayam spesial untuk hari pertama puasa, biar lebih semangat puasa hari pertama. Semangkuk soto ayam komplit dengan taoge rebus favorit saya, telur rebus, keripik kentang, dan bawang goreng. Di hari biasa, akan ada sambal pedas yang teksturnya padat dan kering namun bukan sambal terasi, sebagai pelengkap soto ayam buatan ibu ini.


Soto Ayam Komplit Ala Ibu

Untuk 1 keluarga
Bahan :
1/2 kg ayam (sudah direbus dan air kaldunya digunakan untuk kuah soto)
Air kaldu ayam (yang didapat dari ayam yang direbus bersama rempah seperti irisan bawang putih, kunyit, jahe, serai dan  daun jeruk )
Daun bawang yang diiris iris, secukupnya

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 butir kemiri
2 iris kunyit

Pelengkap :
Telur rebus
Bawang merah goreng
Keripik kentang
Taoge rebus

Cara membuat :
1. Goreng bahan untuk bumbu halus (kecuali ketumbar) sebentar. Tiriskan. Kemudian haluskan bumbu.
2. Masukkan bumbu halus ke dalam kuah kaldu ayam, tambahkan sedikit air jika dibutuhkan, didihkan. Tambahkan irisan daun bawang, garam  dan lada secukupnya. Didihkan kembali. Angkat.
3. Goreng ayam yang sudah direbus, angkat dan tiriskan. Kemudian suwir-suwir.
4. Sajikan soto ayam lengkap dengan nasi, telur rebus, bawang goreng, keripik kentang dan taoge rebus.

Yang mungkin berbeda dalam proses memasak soto ini adalah, bumbu halusnya yang tidak ditumis, namun langsung direbus bersama air kaldu, karena di awal bahan-bahannya sudah digoreng lebih dahulu agar lebih mudah saat menguleknya. Selain itu, rasa soto buatan ibu selalu dominan di rasa rempah-rempahnya seperti kunyit, jahe dan lada yang bisa menghangatkan tubuh di pagi hari saat sahur.

Punya resep soto berbeda yang juga tidak kalah lezat? Share di kolom komentar ya, bisa cantumkan link post resepnya agar bisa saya kunjungi.

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan