Cara Memahami dan Mengingat Apa yang Kamu Baca


 

CARA MEMAHAMI DAN MENGINGAT APA YANG KAMU BACA

Membaca adalah keterampilan penting yang membantu kita belajar, menemukan hal-hal baru, dan melihat dunia secara berbeda. Tapi membaca saja tidak cukup. Penting juga untuk memahami dan mengingat apa yang kita baca. Entah kita sedang belajar untuk ujian, membaca cerita untuk bersenang-senang, atau belajar tentang sesuatu yang kompleks, sangat penting untuk dapat memahami dan mengingat informasinya.

Memahami apa yang kita baca berarti lebih dari sekadar membaca kata-katanya. Hal ini berarti secara aktif terlibat dengan materi. Ketika kita memahami apa yang kita baca, kita dapat memikirkannya, membuat koneksi, dan benar-benar belajar dari bacaan tersebut. Hal ini membantu kita untuk belajar dengan lebih baik dan memahami berbagai hal dengan lebih lengkap.

Dalam postingan blog ini, kita bakal mengeksplor beberapa strategi bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dan ingatan saat membaca. Dengan menggunakan teknik ini, kita akan dapat memahami informasi dengan lebih baik dan mengingat ide-ide penting di dalam sumber bacaan untuk waktu yang lebih lama.

 

PERSIAPAN MEMBACA

Sebelum mulai membaca, ada baiknya kita bersiap-siap. Dengan mempersiapkan diri dan memiliki tujuan yang jelas, kita dapat memahami dan mengingat apa yang kita baca dengan lebih baik.

Menetapkan tujuan dan ekspektasi

Punya tujuan dan ekspektasi yang jelas saat membaca itu penting. Apa yang ingin kamu dapatkan dari membaca sesuatu? Apa kamu ingin memahami gagasan utama, menemukan detail spesifik, atau menganalisis argumen dan bukti?

Memiliki tujuan membantu kita fokus pada apa yang penting dan memberi kita alasan untuk memperhatikan bacaan. Hal ini membuat kita jadi pembaca aktif, yang membantu untuk memahami dan mengingat lebih banyak.

Selain itu, penting untuk memiliki ekspektasi yang realistis. Tidak setiap informasi sama pentingnya dengan yang lain, dan beberapa bagian mungkin lebih sulit daripada yang lain. Memahami hal ini dapat membantu kita mencerna teks dengan pola pikir yang sesuai dan kemudian menyesuaikan strategi membaca kita.

Preview teks untuk memahami ide dan struktur utama

Salah satu strategi yang baik adalah melihat teks dengan cepat sebelum mulai membacanya secara mendetail. Luangkan waktu beberapa menit untuk membaca sekilas materi untuk mendapatkan ide tentang bacaan yang kamu pilih dan bagaimana strukturnya. Lihat judul, sub-judul, dan teks apa pun yang menonjol, seperti kata-kata yang dicetak tebal atau di-highlight.

 

TEKNIK MEMBACA

Mengajukan pertanyaan dan membuat prediksi

Salah satu cara yang membantu kita untuk benar-benar masuk ke dalam teks adalah dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri saat membaca. Sebelum memulai bagian baru, pikirkan tentang apa yang sudah kamu ketahui dan apa yang ingin kamu pelajari. Dengan mengajukan pertanyaan, kamu bakal membaca materi dan menemukan jawabannya.

Teknik lainnya adalah membuat prediksi berdasarkan judul, sub-judul, dan teks di bagian awal. Tebak menggunakan apa yang sudah kamu ketahui mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya. Hal ini membuat kegiatan membaca lebih menarik dan mengasyikkan.

 

Meng-highlight, menggarisbawahi, dan mencatat (anotasi)

Saat membaca, akan sangat membantu untuk berinteraksi dengan teks secara fisik. Kamu bisa menggunakan highlighter atau menggarisbawahi poin-poin penting, detail, atau hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal ini membantu kita untuk mengingat hal-hal penting dan membuatnya lebih mudah untuk ditinjau nanti.

Membuat catatan saat membaca juga merupakan cara yang bagus untuk memahami dengan lebih baik. Tulis ide-ide kunci, ringkasan, atau pendapatmu sendiri. Catatan ini akan menjadi referensi pribadi yang dapat dilihat kembali nanti.

 

Meringkas dan menjelaskan dengan kata-kata sendiri

Setelah membaca satu bagian atau bab, luangkan waktu untuk meringkas poin-poin utama menggunakan kata-kata sendiri. Meringkas berarti memilih ide yang paling penting dan menyampaikannya dengan cara yang lebih singkat. Hal ini membantu kita untuk mengingat apa yang kita baca dan mengetes sejauh mana kita sudah memahaminya dengan baik.

Kamu juga dapat mencoba menjelaskan bagian atau ide tertentu dengan kata-kata sendiri. Itu berarti mengatakan hal yang sama menggunakan kata-kata yang berbeda. Hal ini membantu kita untuk benar-benar memahami informasi. Kalau kamu bisa menjelaskannya kepada orang lain, itu berarti kamu sudah benar-benar mengerti.


Membuat gambar dalam pikiran

Membuat gambar dalam pikiran saat membaca adalah cara yang lain untuk memahami bacaan. Coba bayangkan seperti apa bentuknya atau bagaimana cara kerjanya berdasarkan kata-kata dalam teks.

Saat membuat gambaran mental ini, ide-ide akan terasa lebih nyata dan lebih mudah diingat. Hal ini juga membantu kita untuk melihat bagaimana berbagai ide-ide yang disampaikan cocok satu sama lain.

 

Menghubungkan dengan apa yang sudah diketahui

Menghubungkan apa yang dibaca dengan apa yang sudah diketahui adalah strategi yang bisa digunakan. Pikirkan apa kaitan antara hal-hal yang sudah kamu pahami atau yang sudah kamu alami dengan materi yang kamu baca.

Dengan membuat koneksi ini, kita membuat hubungan antara informasi baru dengan apa yang sudah kita ketahui. Hal ini membantu kita memahami lebih baik dan membuat informasi lebih menarik serta lebih mudah diingat karena terasa lebih bermakna.

 

Beristirahat untuk menghindari kelelahan dan meningkatkan fokus

Membaca dalam waktu lama tanpa istirahat dapat membuat lelah dan sulit berkonsentrasi, yang dapat memengaruhi seberapa baik kita mengingat sesuatu. Untuk membantu kita mengingat lebih baik, istirahatlah secara teratur saat membaca.

Beristirahat sejenak memberi pikiran kita kesempatan untuk beristirahat dan memproses apa yang baru saja dibaca. Gunakan jeda ini untuk melakukan sesuatu yang berbeda atau sekadar bersantai. Ketika kita memberi waktu pada otak untuk memikirkan dan mengingat informasi, hal ini akan membantu kita mengingatnya dengan lebih baik.

 

Mereview dan kembali ke apa yang sudah dibaca

Melihat kembali apa sudah kita baca secara teratur, dapat memindahkan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Setelah selesai membaca, sisihkan waktu untuk mereview kembali apa yang telah dipelajari. Kamu bisa membaca lagi catatan, ringkasan, atau poin penting yang sudah kamu tandai.

 

Membicarakannya dan mengajarkan pada orang lain

Berbicara tentang apa yang sudah kita baca atau mengajari orang lain apa yang kita pelajari adalah cara yang bagus untuk membantu memahami dan mengingatnya dengan lebih baik. Saat kita menjelaskan sesuatu kepada orang lain, kita harus menjelaskan ide-ide penting dan memberikan contoh.

Dengan mengajarkan atau mendiskusikan apa yang sudah kita baca, kita secara aktif menggunakan ingatan untuk mengingat informasi tersebut. Hal ini memperkuat pemahaman dan memudahkan kita untuk mengingat informasi.

 

Menggunakan trik untuk membantu (Perangkat Mnemonik)

Trik atau alat yang disebut perangkat mnemonik dapat membantu mengingat sesuatu dengan lebih mudah. Alat-alat ini membuat koneksi dalam pikiran kita yang memudahkan mengingat informasi.

Akronim: Akronim dibuat dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata dan membuat kata atau frase baru. Dengan membuat akronim, kita dapat mengingat daftar hal-hal dalam urutan tertentu.

Sajak dan frasa: Sajak dan frasa juga dapat membantu untuk mengingat sesuatu. Dengan menghubungkan informasi ke sajak atau frase yang menarik, informasi itu melekat lebih baik di ingatan kita.

Teknik istana memori: Teknik ini melibatkan pengaitan informasi dengan tempat-tempat yang kita ketahui dengan baik dalam pikiran. Bayangkan sebuah tempat yang kamu kenal, seperti rumah, dan hubungkan informasi yang kamu baca ke berbagai ruangan atau benda di tempat itu. Saat kita membayangkan berjalan melalui ruangan itu, kita dapat mengingat informasi yang terhubung ke setiap lokasi.

Chunking: Chunking berarti mengelompokkan potongan-potongan informasi menjadi satu agar lebih mudah diingat. Daripada mencoba mengingat daftar panjang dari hal-hal yang tidak berhubungan, pisahkan hal-hal tersebut menjadi kelompok atau kategori yang lebih kecil. Hal ini membantu otak untuk mengatur informasi dan membuatnya lebih mudah diingat.

 

MENERAPKAN TEKNIK

Menggunakan teknik membaca dalam rutinitas

Pastikan untuk menggunakan strategi yang telah disebutkan di atas secara teratur saat membaca. Konsistensi penting untuk mengembangkan kebiasaan baik. Sisihkan waktu khusus untuk membaca, mencatat, dan berinteraksi dengan teks. Dengan menggunakan strategi ini secara konsisten, strategi tersebut akan menjadi natural, dan kita bakal melihat peningkatan seberapa baik kita dalam memahami dan mengingat apa yang sudah kita baca.

 

Membuat jadwal untuk mereview apa yang telah dipelajari

Selain menggunakan strategi saat membaca, buat jadwal untuk mereview kembali apa yang telah dipelajari. Meninjau kembali materi secara teratur penting untuk memperkuat ingatan. Gunakan waktu setiap minggu untuk membahas apa yang telah kamu baca, meringkas poin-poin utama, dan menguji pemahamanmu sendiri. Beri jarak antar sesi review agar bisa membantu kita untuk memperkuat ingatan dan membuat informasi tersebut melekat dalam ingatan jangka panjang.

 

Mencoba teknik yang berbeda

Perlu diketahui bahwa setiap orang belajar dengan caranya sendiri, jadi sangat penting untuk bereksperimen dengan berbagai teknik dan menyesuaikannya agar sesuai dengan gaya belajar kita masing-masing. Tidak semua strategi akan bekerja dengan baik untuk setiap orang, dan itu tidak masalah. Jangan lupa untuk mencoba berbagai teknik dan membuat perubahan sesuai kebutuhan. Perhatikan apa yang terbaik dalam hal pemahaman dan mengingat bahan bacaan. Proses mencoba hal-hal baru dan mengadaptasinya akan membantu kita menemukan strategi yang paling cocok.

 

Mencari dukungan dan akuntabilitas

Jika memungkinkan, minta bantuan teman atau bergabung dengan kelompok belajar untuk membantu kamu tetap termotivasi dan berkomitmen untuk menggunakan teknik yang ada di postingan ini. Share progress, diskusikan apa yang telah dibaca dengan orang lain, dan terima feedback setelahnya. Melakukan percakapan tentang materi yang telah dibaca dapat memperdalam pemahaman dan ingatan. Carilah orang-orang yang tertarik dengan materi yang sama dan buat jadwal untuk belajar dan berdiskusi bersama.

 

 

KESIMPULAN

Memahami dan mengingat apa yang kitaa baca adalah keterampilan penting yang dapat membuat belajar lebih mudah dan membantu kita memperoleh lebih banyak pengetahuan. Dengan menggunakan teknik yang telah disebutkan di atas dan mempraktikkannya secara teratur, kita dapat membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Jangan lupa bahwa strategi ini membutuhkan waktu dan upaya, yang mungkin terasa sulit pada awalnya, tapi jangan menyerah. Dengan latihan dan ketekunan, kita akan menjadi lebih baik dalam menggunakan teknik-teknik ini dalam rutinitas membaca. Dengan berpartisipasi aktif dalam membaca, menggunakan metode yang sesuai, dan menyesuaikannya agar sesuai dengan gaya belajar sendiri, kita akan menjadi pembaca yang lebih baik.

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.