Finally Fall Book Tag Indonesia | Pengen Jadi Anggota Grup Villain Aja

 

finally fall book tag indonesia

Halo gais, minggu lalu aku sudah bikin versi video dari Finally Fall Book Tag karena aku ditag oleh Kak Aya, dan prompt yang yang ada di book tag ini tuh seru-seru, dan aku dengan rajinnya langsung bikin videonya, hehe. Kali ini aku mau share versi blognya yang tentunya isinya sama aja tapi slightly different karena aku gak menuliskan sama persis yang aku sebutkan di video aku.

 

In fall, the air is crisp and clear: name a book with a vivid setting!

Daughter of the Moon Goddess by Sue Lynn Tan

Buku ini adalah young adult fantasy romance yang terinspirasi dari chinese mythology yang bercerita tentang Xingyin yang merupakan putri dari dewi bulan Chang’e. Keberadaan Xingyin ini disembunyikan ibunya dari semua orang karena status ibunya adalah semacem tahanan gitu di bulan karena sesuatu yang dia lakukan di masa lalu. Demi keselamatan Xingyin, dia harus melarikan diri dari bulan dan dia menyamarkan identitasnya yang membuat dia berkesempatan untuk belajar dan berlatih bersama Liwei, Celestial Prince yang tentu saja banyak bahaya dan ancaman yang harus mereka hadapi.

Buku ini tuh bagian dari Celestial Kingdom duology yang buku keduanya bakal dirilis tanggal 15 November, dan aku udah bahas arc dari buku keduanya yang judulnya Heart of the Sun Warrior di reading vlog aku minggu lalu.

Buku ini dan buku keduanya punya deskripsi mengenai setting yang sangat indah dan detail sehingga aku bisa membayangkan gimana bentukan istana, rumah, dan tempat-tempat yang dikunjungi Xingyin di sepanjang ceritanya yang semuanya tuh meskipun gak bertabur berlian dan mutiara, dideskripsikan dengan bahasa yang mudah dipahami.



Nature is beautiful… but also dying: name a book that is beautifully written, but also deals with a heavy topic like loss or grief.

Musim Kupu-Kupu Kuning by Vanni Puccioni

Buku ini aku baca di Gramedia Digital karena cover dan judulnya menarik. Buku ini bercerita mengenai zaman kolonialisme Belanda di wilayah Nias yang diceritakan dari beberapa sudut pandang.

“Pada musim kupu-kupu kuning tahun itu, armada pemerintah kolonial Belanda tiba di Teluk Lagundri. Kembalinya pasukan kulit putih itu terasa mencurigakan hingga desa-desa Nias Selatan yang biasanya berseteru memutuskan untuk menggabungkan kekuatan. Sayangnya, mereka gagal mencegah Belanda mendirikan benteng. Kehadiran pasukan Belanda menggoyahkan tatanan hidup Nias Selatan dan mendorong persekongkolan antara Galifa, syaman muda yang haus kekuasaan, dengan pihak musuh. Namun selain pengkhianatan, lahir pula persahabatan tak terduga antara Tuha sang syaman agung Bawomataluo dengan Klint, misionaris pemberontak yang dihantui rasa bersalah. Ini adalah kisah bertemunya dua dunia yang bertolak belakang, tentang tumbuhnya persahabatan yang begitu menyentuh hingga mampu membangkitkan sang roh agung.”

Buku ini ditulis dengan bahasa yang menurut aku indah terutama saat mendeskripsikan alam di wilayah Nias dan juga penduduk serta kegiatan mereka di sana, meskipun topik yang dibahas sudah cukup jelas yaitu seputar penjajahan Belanda, pengkhianatan, rasa bersalah dan kehilangan.

 


Fall is back to school season: share a non-fiction book that taught you something new.

I’m Glad My Mom Died by Jennette McCurdy

Aku baca buku ini di bulan September, yang sudah aku bahas di video September wrap up dan juga ada satu blog post yang khusus aku buat untuk mereview buku ini. Beberapa hal yang ada di buku ini, aku juga mengalaminya di masa lalu sehingga buku ini terasa relate banget. Banyak hal baru juga yang aku pelajari seperti eating disorder, OCD dan juga mengenai hubungan tidak sehat antara orang tua dan anak yang dampaknya itu besar sekali. Banyak trigger warningnya, meskipun aku merekomendasikan buku ini ke semua orang, tapi jangan lupa cek semua trigger warning yang ada di buku ini karena topik yang dibahas cukup berat.


Related post : I'm Glad My Mom Died by Jennette McCurdy | Ulasan Buku



In order to keep warm, it’s good to spend some time with the people we love: name a fictional family/household/friend-group that you’d like to be a part of.

Yang ini ada dua sih, dan dua-duanya itu dari buku seri fantasy,

Keeper of the Lost Cities by Shannon Messenger

Buku ini bercerita tentang Sophie Foster yang merasa terkucil karena dia terlalu jenius, dia punya photographic memory dan bisa mendengar isi pikiran orang lain. Suatu hari dia didatangi Fitz, seorang cowok ganteng yang senyumnya kayak bintang film, yang bilang kalau Sophie ini adalah elf. Untuk menjawab semua pertanyaannya, Sophie harus ikut Fitz ke dunia yang disebut Lost Cities yang merupakan tempat tinggal semua makhluk kecuali manusia.

Banyak banget grup yang aku ingin jadi bagian di dalamnya, mulai dari persahabatan Sophie dengan teman-teman seangkatannya di Foxfire, terus dengan teman-teman yang tidak seangkatan juga, keluarga baru Sophie di Lost Cities, hingga persahabatan yang dia bentuk dengan berbagai macam karakter di sepanjang series ini. Kayaknya aku hanya ingin tinggal di Lost Cities aja deh ya dan menjadi warga negara sana gitu.

 

Hunter x Hunter by Yoshihiro Togashi

Nah manga ini udah muncul di video best series aku sebelumnya yang baru aku baca volume pertamanya aja, meskipun udah nonton semua episod animenya yang ada di netflix. Nah, aku tertarik dengan persahabatan Gon, Killua, Kurapika dan Leorio di dalam series ini yang menurut aku banyak bikin ketawanya dan juga seru untuk diikuti. Terutama persahabatan Gon dan Killua sih. Terus grup geneiryodan yang merupakan grup villain ternyata juga menarik, kayaknya pengen gabung dengan grup villain juga jadinya.

 


The colourful leaves are piling up on the ground: show us a pile of fall-colored spines!



Kali ini yang aku pilih adalah buku-buku dari English Classics Gramedia biar ukurannya sama gitu, karena kayaknya gemes aja lihat buku-buku ini dijejerkan.



Fall is the perfect time for some storytelling by the fireside: share a book wherein somebody is telling a story.

The Seven Husbands of Evelyn Hugo by Taylor Jenkins Reid

Aku baca buku ini di bulan Juni, dan buku ini juga sudah aku bahas juga di video best standalone sebelumnya. Buku ini bercerita tentang Monique yang merupakan jurnalis majalah gitu tapi dia bukan jurnalis terkenal, yang mendadak dipilih untuk mewawancari Evelyn Hugo yang seorang mantan bintang Hollywood. Di sini kita bakal mengikuti Evelyn Hugo yang menceritakan kisahnya selama menjadi aktris dengan para pria yang dinikahinya selama itu. Termasuk buku yang aku suka juga karena gak njelimet, bahasa Inggrisnya ga begitu sulit dan ceritanya asik aja diikuti.

 

Related post : The Seven Husbands of Evelyn Hugo by Taylor Jenkins Reid | Ulasan Buku



The nights are getting darker: share a dark, creepy read.

The Phantom of the Opera by Gaston Leroux

Sejujurnya aku bukan pembaca buku dark dan creepy dan juga genre horror, sehingga buku yang aku baca dalam kategori ini hanya sedikit. Buku yang aku pilih adalah The Phantom of the Opera yang meskipun aku tau ceritanya gimana sebelum baca bukunya, tapi tetep aja deskripsinya bikin merinding saat mendeskripsikan ketakutan yang dirasakan para karakternya dan juga kondisi setting yang sepi, gelap dan ada suara-suara misterius. Jadi buat aku buku ini bikin aku merinding juga.






The days are getting colder: name a short, heartwarming read that could warm up somebody’s cold and rainy day.

Untuk pertanyaan ini aku punya dua buku dari Jepang.

Kiki’s Delivery Service by Eiko Kadono

Aku baca yang edisi bahasa Inggris sekitar 150-an halaman gitu, tapi kalau yang bahasa Indonesia mungkin lebih panjang. Buku ini bercerita tentang Kiki yang sudah waktunya praktek menjadi witch di dunia nyata dan tinggal terpisah dari orang tuanya dan memilih satu tempat baru dimana dia bakal menggunakan kemampuannya untuk membantu penduduk di sana. Kiki ini ditemani oleh kucingnya yang bernama Jiji yang juga bikin ketawa. Ceritanya cukup pendek dan termasuk kisah yang heartwarming karena tentang penyihir yang ingin membantu manusia dengan kekuatannya kan, dan gak semua manusia itu bisa menerima penyihir. Jadi seneng aja sih bisa baca buku ini.

 

Cardcaptor Sakura by CLAMP

Kalau buku terasa terlalu panjang, maka kalian bisa baca manga. Manga ini juga masuk ke dalam video best series aku sebelumnya yang bercerita tentang kisah Sakura yang harus mengumpulkan Clow Card sebelum dunia berada dalam bahaya. Interaksi para karakter di dalam manga ini menurut aku lucu, heartwarming dan gemesin aja sih kayak interaksi Sakura dengan Kero (penjaga clow card), dengan keluarganya yang terdiri dari ayah dan kakaknya, terus dengan gebetan Sakura, hingga dengan teman-teman dan gurunya di sekolah.



Fall (luckily, it’s my favourite season) returns every year: name an old favourite that you’d like to return to soon.

The Prophet by Kahlil Gibran

Aku udah bikin semacam review buku ini di channel aku yang menjadi salah satu video pertama yang aku bikin mengenai perbukuan. Bukunya cukup tipis dan aku suka pesan-pesan yang terkandung di dalam buku ini mengenai berbagai macam bidang kehidupan mulai dari keluarga, anak, cinta, pekerjaan, makanan, keindahan dan lain sebagainya yang menurut aku meskipun ini pesan dari sosok bernama Almustafa, tapi pesannya itu menghangatkan hati dan buat aku yang sudah lelah dengan pesan dan nasihat yang terkesan menyalahkan pihak lain (baik aku atau orang lain), maka pesan di dalam buku ini adalah pesan yang bisa aku dengar setiap hari tanpa merasa bosan.

 

One Hundred Years of Solitude by Gabriel Garcia Marquez

Buku yang ini juga sudah muncul dan aku bahas di video buku yang bikin aku ketawa, yang bisa kamu cek juga tentang apa buku ini dan beberapa quotes kesukaan aku di video tersebut. Aku rencananya mau re-read buku ini di bulan Desember tahun ini, karena kayaknya cocok aja gitu menutup tahun 2022 dengan buku yang aku suka dan tentu aja bikin ketawa.



Fall is the perfect time for cozy reading nights: share your favorite cozy reading “accessories”!

Aku punya dua benda yang membuat kegiatan membaca aku jadi berasa cozy yaitu kasur atau apapun yang empuk untuk diduduki, dan suara hujan, baik hujan beneran atau juga suara hujan di youtube karena suara hujan buat aku bikin lebih fokus atau konsentrasi saat membaca.

 

Di video aku, ada 2 teman booktuber yang aku tag serta semua penonton video tersebut yang ingin bikin ikutan menjawab juga. Untuk versi blog, aku bakal tag semua orang yang membaca blog post ini, silakan membuat video atau blog post kalian sendiri, jangan lupa kasih tau aku di kolom komentar kalau kamu udah bikin ya!

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time