10 Best Standalones I’ve Read So Far (according to Goodreads)



Halo hai!

Di blog post kali ini, aku bakal bahas mengenai 10 buku standalone terbaik menurut goodreads yang udah aku baca sejauh ini. Awalnya aku pengen bikin top 10 best books secara general, namun ternyata waktu aku coba urutin di Goodreads yang masuk ke dalam 5 besar adalah beberapa manga dan buku-buku dari dua series yang sama, jadi bakal aku pisahkan antara video best standalone dan series agar tidak membagongkan.

(In this blog post, I’m going to talk about 10 best standalones I have read so far according Goodreads. Actually I wanted to make a video for 10 best books in general, but when I sorted the ratings on my Goodreads, it showed some manga and books from the same 2 series, so I decided to divide the video into standalone and series so it won’t confuse me lol.)

Buku-buku yang bakal aku sebutkan di blog post ini bakal diurutkan dari peringkat ke-10 hingga peringkat ke-1 berdasarkan average rating Goodreads, jadi bukan rating dari aku ya.  Penasaran? Buku-buku apa aja yang masuk ke dalam daftar ini? Let’s get started!

(The books in this video are sorted from 10th place way up to the 1st place based on Goodreads average rating, so it’s not my own rating. So, which books are the chosen ones for this categories? Let’s get started!)

 

10. A Man Called Ove by Fredrik Backman

4.37 (avg rating) | Gramedia Bandung (Shopee) | Storytel

Buku kesepuluh di daftar ini dapet average rating 4.37 di Goodreads, dan buku ini adalah A Man Called Ove oleh Fredrik Backman yang aku baca tahun lalu. Buku ini bercerita mengenai seorang pria bernama Ove yang dikenal sebagai pria yang grumpy dan neighbor from the hell karena dia ini kelihatannya gak suka manusia terutama manusia-manusia yang suka melanggar aturan. Suatu hari Ove bertemu dengan sepasang suami istri yang merupakan awal dari persahabatan yang unik, bikin ketawa dan mengharukan. Sejak awal aku baca buku ini aku rasanya bisa relate banget ke Ove, terutama ke kemarahan dan kata-kata yang dia ucapkan yang bikin orang lain sebel, dan aku jadi bertanya ke diri sendiri jangan-jangan jiwaku ini jiwa-jiwa grumpy macam Ove dan jiwaku ini sudah tua. Karena saking banyaknya yang relate ke aku, aku jadi banyak ketawa sepanjang membaca buku ini. Semakin masuk ke dalam bukunya, kita bakal diperkenalkan siapa sih sosok Ove ini dan bagaimana masa lalunya yang membuat aku jadi berpikir jangan-jangan orang-orang yang aku sebut sebagai orang-orang yang serem, gumpy dan suka marah-marah juga memiliki masa lalu yang enggak terduga seperti masa lalunya Ove ini. Yang bikin gak nyangka itu ternyata buku ini bikin aku nangis terutama di bagian sepertiga terakhir bukunya. Dan buku ini kalau dari aku dapet rating 4.5 bintang. Ada yang udah pernah baca buku ini? Share di kolom komentar di bawah ya.

(In the 10th place which got 4.37 Goodreads average rating is A Man Called Ove by Fredrik Backman. I read this book last year and it follows a man named Ove who was known as a grumpy – neighbor from the hell because he seemed not liking humans especially those who violate the rules. One day Ove met a couple which started their funny, unique and touching friendships among them. Since I started reading the book, I could relate to Ove especially to his anger and annoying words he said to other people. I wonder my soul is actually a grumpy one and it’s as old as Ove’s lol. Those relatable moments made me laugh throughout the book. As the story goes, we are introduced who Ove really was and how his past looked like which made me think that people I labeled as grumpy, scary or angry all the time might have similar unexpected past to Ove’s. I didn’t expect to cry when I read this book, but the last third of the book made me. I give this book 4.5 stars, and have you read this book. Let me know in the comment section ya.

9. Firekeeper's Daughter by Angeline Boulley 

4.37 (avg rating) | Periplus (Shopee) : Hardcover, Paperback | Storytel

Di peringkat kesembilan dengan average rating 4.37 di Goodreads juga adalah Firekeeper’s Daughter oleh Angeline Boulley yang juga aku baca tahun lalu. Buku ini termasuk ke dalam YA Thriller yang bercerita mengenai Daunis yang merupakan keturunan kulit putih sekaligus native american yang merasa gak begitu diterima oleh keluarga dan komunitasnya karena ras dan asal-usulnya tersebut. Pokoknya kehidupan Daunis ini berkisah seputar not belong anywhere. Suatu hari Daunis menyaksikan sebuah pembunuhan yang mencengangkan yang akhirnya menyeretnya ke dalam sebuah investigasi yang membuatnya harus menyamar.

(On the 9th place with 4.37 average rating is Firekeeper’s Daughter by Angeline Boulley which I also read last year. This book is a YA thriller which follows Daunis a half-white and half native American who felt that both her family and her community couldn’t accept her because of her race and her past. In short, Daunis’ life is about feeling not belong to anywhere. One day Daunis witnessed a shocking murder which later dragged her to an investigation and did some disguises for that.)

Buku ini tuh bercerita mengenai banyak hal, dan sejujurnya ketika awal membaca buku ini aku merasa agak kebingungan dengan banyaknya istilah-istilah baru dari kebudayaan native american namun begitu lanjut ke bab-bab selanjutnya kita lebih mudah memahami istilah-istilah tersebut dan mengingatnya. Selain itu, buku ini juga bikin aku belajar mengenai kebudayaan native american dan aku jadi kagum ke mereka karena penulisnya berhasil mendeskripsikan dengan sangat baik makna dari setiap ritual dan kegiatan yang mereka lakukan. Semakin masuk ke dalam cerita, maka semakin banyak pula hal-hal yang terungkap dan ini melebihi ekspektasi aku saat awal mulai baca buku ini, terutama kasus yang diinvestigasi oleh Daunis yang akhirnya meluber ke hal-hal lain yang ada di komunitas tersebut. Dari aku, buku ini dapet rating 5 bintang.

(This book is about many things. Honestly when I started this book, I was a bit confused with so many Native American culture terms presented in this book but as I continued reading, I can grasp the meaning and remember them. Besides, I learned Native American culture from this book and I admire the Native American people because the author has successfully described the meanings behind every rituals and activities they did. As the story goes deeper, there are more things revealed and it’s beyond my expectation when I first picked this book, especially the case that our main character investigated which turned out to reveal many other things inside the community. So, I give this book 5 stars.)

 

8. Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela by Tetsuko Kuroyanagi

4.38 (avg rating) | Gramedia Official (Shopee)

Di peringkat kedelapan dengan average rating 4.38 adalah Totto-chan Gadis Cilik di Jendela oleh Tetsuko Kuroyanagi yang aku baca bulan ini untuk Orilium Readathon. Buku ini bercerita mengenai Tetsuko Kuroyanagi atau Totto-chan yang bersekolah di sekolah barunya yang bernama Tomoe Gakuen, yang menurut aku adalah sekolah yang unik. Tahun ini jadi re-read aku yang kedua, dan aku gak pernah bosan baca buku ini karena selain ceritanya gak terlalu panjang dan juga kisahnya inspiratif, dan bikin aku pengen bersekolah di Tomoe Gakuen. Spoiler alert. Buku ini bikin aku nangis sepanjang membaca bukunya dan buku ini dapet rating 5 bintang dari aku. Gimana dengan kamu? Udah pernah baca buku  ini? Kasih tau di kolom komentar di bawah ya.

(On the 8th place with 4.38 average rating is Totto-chan: The Girl in the Window by Tetsuko Kuroyanagi which I read this month for Orilium Readathon. This book follows Tetsuko Kuroyanagi or Totto-Chan in her new school, Tomoe Gakuen, a cool school for me. This year would be my second re-read and I never get bored reading this book since the story is not too long and it’s an inspirational one, and this book made me want to study at Tomoe Gakuen. Spoiler alert, this book made me cry a lot, and I give this book 5 stars. How about you? Have you read this book? Let me know in the comment below.)

 

7. Cosmos by Carl Sagan

4.38 (avg rating) | Gramedia Bandung (Shopee) 

Di peringkat ketujuh dengan average rating 4.38 adalah sebuah buku non-fiksi yang sangat populer yaitu Cosmos oleh Carl Sagan. Sejujurnya buku ini adalah buku yang mengeluarkan aku dari reading slump berbulan-bulan, dimana (bulan-bulan sebelumnya) aku biasanya menyelesaikan 1 bulan 1 buku, setelah baca buku ini somehow aku bisa menyelesaikan 6 buku dalam 1 bulan. Ajaib banget kan, padahal genre non-fiksi ini adalah genre yang bikin aku ngantuk dan ketiduran di tengah-tengah aku membaca bukunya karena gak ada tokoh atau karakter dan plot yang mengarahkan ke mana bukunya, dan cuman ada pendapat dan fakta-fakta atau teori yang disajikan oleh penulis kepada pembaca. Tapi kayaknya hal itu gak berlaku buat Cosmos ini, buktinya aku bisa menyelesaikan buku ini dalam beberapa hari dan kemudian bisa membaca buku-buku lain dalam satu bulan.

(On the seventh place with 4.38 average rating is a popular non-fiction book, Cosmos by Carl Sagan. Honestly this book got me out of months long reading slump where the months before I was able to finish one book a month, after reading this book I could finish 6 books a month. Unbeliveable! Actually non-fiction books often make me sleepy and fall asleep while reading it since there are no characters or plot which determine where the book is going. I think that doesn’t apply to this book, I finished it in days and was able to pick the next books to finish.)

Selain itu aku jadi nemu beberapa quotes favorit, gak beberapa tapi banyak banget aku tulis di reading journal aku di bulan itu, yang isinya itu beberapa lembar adalah quotes dari buku Cosmos aja. Salah satu dari quotes itu adalah :

(I also found so many favorite quotes which I wrote on my reading journal and they filled several pages of it. One of them is :)

“Every one of us is, in the cosmic perspective, precious. If a human disagrees with you, let him live. In a hundred billion galaxies, you will not find another.”

You will not find another guys.

“The beauty of a living thing is not the atoms that go into it, but the way those atoms are put together.”

From my reading journal :

“Every star maybe a sun to someone”

“Nothing exists but the atoms and the void.”

Jadi aku bikin reading journal tahun lalu buat Cosmos, kemudian di halaman selanjutnya isinya quotes-quotes favorit aku aja, jadi berhalaman-halaman quotes kesukaan aku dari buku ini. Kemudian ada lagi nih yang bagus :

(I made reading journal spread last year for Cosmos, then the next pages are only quotes, several pages are filled by some favorite quotes from this book. Oh this one is cool:)

“The obvious is sometimes false; the unexpected is sometimes true”

Meskipun beberapa teori yang cukup panjang yang ada di dalam buku ini terasa agak membosankan, tapi aku sangat senang mendengar pendapat-pendapat dan fakta-fakta yang disebutkan oleh Carl Sagan mengenai alam semesta di buku ini. Kalo dari aku buku ini dapet rating 4 dari 5 bintang. Kalo kamu?

(Even though some theories inside this book are so long and I was a bit bored reading them, I enjoyed this book in general and I love reading opinions and facts about universe mentioned by Carl Sagan. This book got 4 out of 5 stars from me.)

 

6. After/Math by Emily Barth Isler

4.40 (avg rating) | OpenTrolley (web)

Di peringkat keenam dengan average rating 4.40 di Goodreads adalah sebuah ARC yang aku baca 2 tahun lalu yang berjudul After/Math oleh Emily Barth Isler. Buku ini bercerita mengenai Lucy yang sangat menyukai matematika, yang setelah meninggalnya adik laki-lakinya, dia dan kedua orang tuanya pindah ke sebuah kota di mana beberapa tahun sebelumnya terjadi penembakan massal di sebuah sekolah yang menjadi sekolah barunya. Lucy yang punya masalah, kesedihan dan kehilangan tersendiri merasa terkucil karena dia gak bisa nyambung ketika semua orang membicarakan mengenai peristiwa penembakan yang membuat semua orang trauma dan kehilangan anggota keluarganya sehingga dia berpikir bahwa kesedihan dan kehilangan yang dia rasakan itu gak lebih penting daripada yang dirasakan oleh orang-orang atau teman-teman di kelasnya.

(On the 6th place with 4.40 Goodreads average rating is an ARC I read 2 years ago titled After/Math by Emily Barth Isler. This book follows Lucy who loves Mathematic. After the death of her brother, her family moved to a new town where several years ago there was a mass shooting in a school which is her new school. Lucy whose own problems, sadness and loss felt not belong to her new school because she couldn’t talk about the mass shooting incident which was traumatic for everyone, and she thought that her sadness and loss are not more important than her friends’.)

Buku ini tuh keren banget, karena ditulis dari perspektif seorang anak SMP yang sedang merasa sedih dan marah terhadap situasi yang sedang dialaminya. Karakter-karakter yang ada di buku ini juga realistis sehingga rasanya aku lagi dengerin cerita dari orang-orang yang beneran ada. Satu hal yang aku pelajari dari buku ini adalah setiap orang punya luka mereka masing-masing, dan dengan luka tersebut seseorang bisa saja melukai orang lain. Karena aku suka banget bukunya aku kasih buku ini rating 5 bintang, dan buku ini pun jadi ARC pertama yang bikin aku beli buku fisiknya karena aku suka ARCnya. Terus, jokes-jokes yang ada di dalam buku ini adalah jokes seputar matematika karena tokoh utama kita suka banget sama matematika, jadi kalau kamu termasuk orang yang suka matematika, kayak Lucy, mungkin buku ini cocok buat kamu.

(This book is so cool since it’s written in a junior high school student POV who felt sad and angry to her current situation. The characters in this book are realistic so I felt like listening to the real people talking about their stories. One thing I learned from this book is that everyone has their own wound, and with that wound they can hurt other people too. since I love this book so much, I give this book 5 stars, and this book becomes the first ARC that made me buy the physical copy because I love it so much. Also, the jokes inside this book are smart ones related to mathematic, so if you love math just like Lucy, this book might be for you.


5. Happy Ending Machine by Adelina Ayu

4.42 (avg rating) | Bhuana Ilmu Populer / BIP Official (shopee) | GramediaDigital

Buku selanjutnya di daftar ini dapat average rating 4.42 di Goodreads dan buku ini adalah buku dari penulis lokal yaitu Happy Ending Machine oleh Adelina Ayu. Aku pertama baca buku ini di Gramedia Digital karena tertarik banget sama covernya dan begitu aku baca blurbnya kayaknya menarik banget jadi aku putuskan untuk baca. It turned out bukunya ini page turner dan bikin aku ketawa sepanjang membaca  bukunya.

(The next book in this list with average rating 4.42 on Goodreads is a book from an Indonesian author titled Happy Ending Machine by Adelina Ayu. I read this book on Gramedia Digital because of the cover, and the blurb is interesting. It turned out to be a page turner book and it made me laugh throughout the book.)

Buku ini bercerita mengenai Shailendra atau Shaien yang terlihat sempurna dengan hal-hal yang dia miliki namun ternyata dia ini menyimpan sebuah beban yang berat dan gak bisa dia share ke orang-orang terdekatnya, karena dia takut menyakiti perasaan mereka. Kemudian dia ketemu dengan Candrarupa atau Andra yang dandanannya heboh, suka makan makanan ekstrim dan dia punya fitur beauty filter untuk melihat hal-hal positif di kehidupannya. Buku ini tuh gak terduga, terutama dari karakternya dan karakter dalam buku ini tuh semuanya lovable banget, dan mereka itu gak kayak karakter manapun yang pernah aku baca di buku lain, jadi mereka ya mereka. Sebenernya aku udah kayak nebak gitu sih apa yang sebenernya jadi beban Shailendra selama ini, meskipun gitu, cara penulis mengungkapkan rahasia dari Shailendra dan gimana karakter-karakter lain bereaksi terhadap pengungkapan tersebut menurutku menarik. Dan buku ini dari aku dapet rating 4,5 bintang.

(This book follows Shailendra or Shaien who looked perfect with everything he had but he kept a heavy burden he couldn’t share to anyone because he’s afraid it would hurt them. Then he met Candrarupa or Andra whose eccentric style, she loves extreme foods and she has beauty filter to see good things in her life. This book is unexpected especially the characters. They are so lovable and they aren’t like any characters I have read, they are just them. Actually I have guessed what this burdern he kept as secret, but the way the author revealed it and how everyone reacted are interesting for me. This book got 4,5 stars.)



4. The House in the Cerulean Sea by TJ Klune

4.45 (avg rating) | Periplus (shopee) | Storytel

Buku selanjutnya di daftar ini dapet average rating 4.45 di Goodreads dan buku ini adalah The House in the Cerulean Sea oleh TJ Klune yang aku baca di awal tahun ini, karena masuk 22 Books I want to read on 2022. Buku ini bercerita mengenai Linus Baker yang bekerja di Departemen yang menangani anak-anak ajaib jadi buku ini termasuk ke dalam magical realism. Suatu hari Linus dapat tugas rahasia untuk mengunjungi sebuah rumah atau panti asuhan di Masyas Island dan setiap minggu dia wajib mengirimkan laporan mengenai kondisi tempat tersebut beserta penghuninya. Ada banyak kejadian dan keseruan yang terjadi di pulau tersebut termasuk misteri yang akhirnya terungkap yang membuat Linus harus memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk anak-anak di pulau tersebut. Nah, ada yang sudah pernah baca buku ini? Kasih tau di kolom komentar ya. Kalau dari aku buku ini dapet rating 4,5 bintang.

(The next book in this list with 4.45 Goodreads average rating is The House in the Cerulean Sea by TJ Klune which I read in the beginning of this year since it’s one of my 22 Books I Want to Read on 2022. This book is about Linus Baker who worked at Department for Magical Youth, so this book is part magical realism.  One day Linus got a secret mission to visit an orphanage in Marsyas Island and he is required to send a report about the situation there along with its people. There are many interesting things happening there including the revelation of the orphanage’s mystery which made Linus consider to do something for the kids there. So, anyone has read this book? This book got 4,5 stars from me.)

 

3. Other Words for Home by Jasmine Warga

4.46 (avg rating) | Garasi Buku (shopee) | Storytel

Buku selanjutnya yang ada di daftar ini dapat average rating 4.46 yaitu Other Words for Home oleh Jasmine Warga yang aku baca di bulan April lalu untuk Orilium Readathon.

(The next book got 4,46 average rating titled Other Words for Home by Jasmine Warga which I read last April for Orilium Readathon. I have made a blog post for reviewing this book, and the link is in the description box.)

Buku ini bercerita mengenai Jude yang harus pindah dari Syria ke Amerika bersama ibunya dan meninggalkan ayah dan kakak laki-lakinya karena situasi di Syria tidak aman untuk ibunya yang sedang mengandung. Tentu saja di tempat yang barunya, Jude harus berbicara dalam bahasa Inggris, dan bertemu dengan teman-teman dan orang-orang baru yang gak semuanya menerima kedatangan mereka.

(This book follows Jude who had to move from Syria to America with her mother, leaving her dad and her brother because Syria is not safe for her pregnant mother. In the new place, Jude has to speak in English and she met new people and not all of them accepted their arrival from Syria.)

Yang aku suka dari buku ini adalah kesan simpel yang ditampilkan oleh Jude sebagai tokoh utama, yang selain menghadapi kesulitan di sekolah dalam berbahasa, juga merindukan ayah dan kakaknya, yang terus mengingatkan diri sendiri kalau Amerika yang dia tinggali saat ini berbeda dari Amerika yang dulu dia kagumi bersama kakak laki-lakinya. Jangan lupa cek trigger warning dari buku ini juga ya. Buku ini dari aku dapet rating 4,5 bintang.

(What I love from this book is the simplicity Jude showed in this book as the main character, beside her problem in the school related to communication, she also missed her dad and her brother, and she constantly reminded herself that this America is different from the America she and her brother admired during their childhood days. Don’t forget to check the trigger warning for this book ya. This book got 4,5 stars from me.)

 

2. The Shark Caller by Zillah Bethell

4.46 (avg rating) | Togamas Soehat Malang (shopee) | Storytel

Buku kesembilan di daftar ini juga dapat rating 4.46. Buku ini bikin aku nangis dan plot twistnya mengagetkan karena gak terduga banget. Buku ini adalah The Shark Caller oleh Zillah Bethell yang aku baca untuk Orilium Readathon juga di bulan April.

(The 9th book also got 4.46 average rating. This book made me cry and the plot twist is unexpected for me. This book is The Shark Caller by Zillah Bethell which I read for Orilium Readathon on April too.)

Buku ini bercerita mengenai Blue Wing yang tinggal di desa pantai Papua Nugini yang kehilangan orang tuanya saat serangan hiu beberapa tahun lalu, suatu hati datang ilmuwan bernama Atlas Hamelin beserta anak perempuannya yang bernama Maple yang datang ke sana untuk penelitian seputar koral. Kemudian dimulailah kisah persahabatan yang mengharukan tentang Maple dan Blue Wing.

(This book follows Blue Wing who lived in a beach village of Papua New Guinea. She lost her parents during the shark attack years ago. One day there’s a scientist named Atlas Hamelin with his daughter, Maple coming to the village for Coral research. Then the heartwarming friendship between Maple and Blue Wing started.)

Enggak tau lagi harus cerita bagian mana biar gak spoiler, yang jelas buku ini adalah salah satu best book yang aku baca tahun ini karena banyak banget pesan yang disampaikan di dalamnya seperti persaudaraan, persahabatan, menjaga lingkungan, dan juga gimana kita bisa tahu orang-orang yang punya kesedihan dan kehilangan yang dalam bisa terhubung satu sama lain dan saling membantu. Ada yang udah pernah baca buku ini? Versi terjemahan bahasa Indonesianya judulnya Sang Pemanggil Hiu. Kalau dari aku buku ini dapet rating 5 bintang, kalau kamu? 

(I don’t know which part I need to talk about without spoiler. Shortly this book is one of my best 2022 reads because there are many messages it delivers to the readers such as friendship, sisterhood, keeping the environment, and we can also know how people with grief and loss connect and relate and help each other. Have you read this book? The Indonesian translation edition is titled Sang Pemanggil Hiu. This book got 5 stars from me, how about you?)

Pengungkapan dan plot twist di buku ini tuh mengejutkan bikin aku kayak : lho, bentar, kok sampai di sini, kok jadi kayak gini nih, kayaknya ada yang aku lewatin deh. Terus akhirnya aku baca ke part-part yang menunjukkan ke bagian pengungkapan ini yang ternyata waktu aku baca  di awal gak begitu aku perhatiin karena ditunjukkan dengan begitu casualnya, begitu normalnya sehingga aku gak begitu perhatiin. Dan kasusnya ini ngingetin aku ke Hana Khan Carries On yang muncul di July Wrap-Up sebelumnya, yang tokoh-tokohnya aku pikir cuman timun dan brambang mentah di nasi goreng ternyata tokoh-tokoh itu termasuk suwiran ayam dan sosis bakar. So, penulisnya sungguh smart dalam menuliskan  narasinya sedemikian rupa hingga plot twist di bagian akhir ini mengejutkan buat aku.

(The revelation and plot twist in this book are shocking, like: wait! How it went like this? I must be missing something. Then I read some parts which refer to this revelation and I didn’t pay attention to them since it’s shown so casually there. This reminds me of Hana Khan Carries On in my previous July Wrap Up video, where I thought some characters were only cucumber and raw scallion to fried rice, but turned out to be shredded chicken and sausage. So, the author is so smart to write the narration to make this plot twist shocked me.)

Kalau aku cuman bisa rekomendasi 1 buku dari 10 buku yang ada di video ini, yang wajib kalian baca adalah buku The Shark Caller ini, yang kalau misalnya kalian gak punya buku fisiknya, versi dari audiobook dari buku ini juga tersedia di Storytel tapi dalam bahasa Inggris, jadi bisa coba kalian dengerin dan kasih tau pendapat kalian tentang buku ini di kolom komentar di bawah kalau kalian udah selesai baca bukunya.

(If I could only recommend one book from this list in this video, I would pick The Shark Caller. If you don’t have the physical copy, you can listen to the audiobook version in English in Storytel. Try listen to this book and let me know your thoughts about it in the comment section when you finish it.)

 

1. The Seven Husbands of Evelyn Hugo by Taylor Jenkins Reid

4.48 (avg rating) | Periplus (Shopee) | Nana Corner (shopee) | Storytel

Buku terakhir atau buku yang menempati peringkat satu di daftar ini dapat average rating sebesar 4.48 di Goodreads, dan buku ini adalah The Seven Husbands of Evelyn Hugo oleh Taylor Jenkins Reid. Aku baca di bulan Juni dan review selengkapnya bisa kalian baca di link ini.

(The last book or the book in the 1st place got 4.48 average rating, is The Seven Husbands of Evelyn Hugo by Taylor Jenkins Reid. I read this book on June and I have made a review blog for this book and the link is down below.)

Buku ini dimulai ketika seorang jurnalis bernama Monique mendapat tugas untuk mewawancarai aktris legenda Hollywood yang bernama Evelyn Hugo. Padahal Monique ini termasuk ke dalam jurnalis gak begitu terkenal dan juga sedang menghadapi masalah di dalam hidupnya.

(This book started when a journalist named Monique got a task to interview a Hollywood legend actrees named Evelyn Hugo, even though Monique is not a famous journalist and she has her own problems in her life.)

Buku ini tuh gak kayak buku yang aku bayangkan sebelumnya. Karena buku ini berfokus ke kehidupan seorang aktris bernama Evelyn Hugo, aku kira buku ini bakal berfokus ke kehidupan glamor para aktris Hollywood dan persaingan diantara mereka. Ternyata aku jadi kayak berguru ke Evelyn Hugo yang merupakan sosok yang sering melakukan kesalahan namun gak mencoba menutupinya, dan hidupnya ini kayak, No Regret Life gitu lah. Banyak banget hal yang aku pelajari dan kata-kata Evelyn ini banyak yang relate ke aku secara pribadi jadi aku punya banyak banget quotes favorit dari buku ini dan salah satunya adalah :

(This book isnt like something I expected before. Since this book is about a Hollywood actress, I thought this book will focus on their glamour life and the competition among them. But it turned out I learned so many things from Evelyn Hugo who was someone who did mistakes but never tried to conceal them, and her life is like, No Regret Life. I can deeply relate to many of Evelyn’s words, personally, so I have so many favorite quotes from this book. One of them is :)

"Tell them that I was confused, for a very long time, about what love was. Tell them that I understand it now, and I don’t need their love anymore."

Tentu saja buku ini dapet rating 5 bintang dari aku. Ada yang udah baca buku yang hypenya setengah mati ini? Tell me down below yaa

(Of course, this book got 5 stars from me. Have you read this super hyped book? Tell me down below ya!

Kesimpulannya, kesepuluh buku yang ada di video ini adalah buku-buku yang aku suka karena rating yang aku berikan 4 ke atas dan rasanya seneng banget bisa membahas dan merekomendasikan buku-buku yang aku sendiri sangat enjoy membacanya. Mungkin next time aku bakal bikin untuk top 10 best series yang udah aku baca berdasarkan rating Goodreads. Just stay tuned guys! 😁

(Conclusion! All the 10 books in this video are books I like because the rating I give is 4 or above and I’m so happy to talk and recommend books I enjoy reading. Next time I might talk about top 10 best series I have read so far according Goodreads. Just stay tuned guys! 😁)

Jadi itu tadi kesepuluh buku yang masuk ke dalam top 10 best standalones yang udah aku baca sejauh ini. Apa ada salah satu buku yang pernah kamu baca? Atau ada yang masuk TBR atau wishlist kamu? Kasih tahu di kolom komentar ya.

(So that’s all the 10 books in my top 10 best standalones I have read so far. Have you read one of them? Or is there one book from this list in your TBR or wishlist? Let me know in the comment section below ya. )

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.