July 2022 Book Haul

 

july book haul lailiving

Hello friends! Kali ini kita bakal bahas mengenai semua buku yang aku dapat di bulan Juni dan awal bulan Juli atau bisa disebut dengan July Book Haul. Aku udah bikin versi videonya di channel aku, silakan menonton, if you are not into reading july book haul blog post.

(Hello friends! Today we’re going to talk about all the books I got during the month of June and the first half of July or July Book Haul. I have made the video version of this blog post on my channel, please watch if you are not into reading july book haul blog post)

 

1. Pedro Paramo by Juan Rulfo

Buku pertama yang aku dapet adalah Pedro Paramo oleh Juan Rulfo, yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Gramedia. Aku pengen baca buku ini karena dikatakan buku ini adalah sumber inspirasi bagi Gabriel Garcia Marquez untuk menulis buku 100 Years of Solitude yang menjadi salah satu all time favorite books aku. Buku ini bercerita mengenai Juan Preciado yang pergi ke sebuah desa yang bernama Comala yang merupakan kampung halaman ibunya yang sudah meninggal, dan ternyata desa Comala ini sudah menjadi desa mati yang dihuni oleh hantu-hantu.

(The first book is Pedro Paramo by Juan Rulfo, which has been translated into Indonesian and published by Gramedia. I want to read this book because it’s said to be the inspiration for Gabriel Garcia Marquez to write 100 Years of Solitude which is one my all time favorite books. This book is about Juan Preciado who went to a village named Comala, her deceased mother’s village and it turned out to be a dead village with a lot of ghosts.)

 

2. Dragon Pearl by Yoon Ha Lee

Next, buku kedua adalah Dragon Pearl oleh Yoon Ha Lee yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit Mizan Fantasi. Aku dapet buku ini dari Official Store Mizan, dan aku pengen baca karena buku ini termasuk dalam middle grade scifi yang ada unsur mitologi Korea di dalamnya. Buku ini ternyata adalah buku pertama dari seri Thousand Worlds yang bercerita mengenai Min yang merupakan siluman rubah atau dalam mitologi Korea disebut Gumiho. Min dan keluarganya  tinggal di sebuah planet yang bernama Jinju, dan mereka gak bisa menggunakan kekuatan mereka sebagai gumiho demi keselamatan mereka sendiri. Min tentu saja sebel dengan banyaknya peraturan ini sehingga dia gak sabar buat ikut jejak kakak laki-lakinya yang bernama Jun untuk masuk ke dalam tentara antariksa agar bisa berpetualang. Suatu hari datang kabar kalau Jun ini tiba-tiba meninggalkan post nya demi mencari dragon pearl yang dikatakan memiliki kekuatan yang luar biasa. Min langsung kabur dari rumah untuk mencari Jun dan membersihkan nama baik kakak laki-lakinya tersebut.

(Next, the second book is Dragon Pearl by Yoon Ha Lee which is also translated to Indonesian and published by Mizan Fantasi. I got this book from Official Store Mizan and I want to read this book because it’s a middle grade sci-fi with Korean mythology in it. This book is the first book in Thousand Worlds series which follows our main character Min who is a nine tailed mythical fox or in Korean mythology is called Gumiho. Min and her family live in a planet named Jinju and they can’t use their fox-magic for their own safety. Min is disappointed with all the rules so she cant wait to follow her brother, Jun, to join Space Forces to explore the world. One day, there’s a message that told Jun suddenly left the post to find the dragon pearl which is said to possesses great amount of power. Min then runs away from home to find Jun and clear her brother’s name.)

 

3. 20.000 Leagues Under the Sea by Jules Verne

Buku selanjutnya adalah buku preloved klasik 20.000 Leagues Under The Sea yang karena tahun lalu aku baca Daughter of the Deepnya Rick Riordan yang terinspirasi oleh buku klasik ini, aku masukin buku  20.000 Leagues Under the Sea ke dalam 22 Books I Want to read on 2022. Aku seneng banget bisa dapet edisi Collins Classic, dan karena preloved kertasnya udah menguning kayak gini dan somehow aku suka banget. Buku ini mengenai penampakan misterius di lautan yang lebih besar daripada paus dengan kecepatan yang luar biasa, sehingga kemunculannya menggemparkan seluruh dunia. Buku yang termasuk buku klasik di genre scifi ini berisi mengenai petualangan Kapten Nemo dan kapal selamnya yang super canggih yang bernama Nautilus.

(Next book is a preloved of Classic book 20.000 Leagues Under the Sea. Last year I read Daughter of the Deep by Rick Riordan which is inspired by this book, so I put this classic book to my 22 Books I want to read on 2022. I’m so happy to get this Collins Classic edition which has yellowing pages and somehow I like it. This book is about a mysterious figure in the ocean which is bigger than a whale with incredible speed, so it surprised the whole world. This classic sci-fi book is filled by Captain Nemo’s adventures with his hi-tech submarine named Nautilus.)

 

4. Graceling by Kristin Cashore

Buku selanjutnya adalah Graceling oleh Kristin Cashore, yang aku pengen baca karena direkomendasikan oleh Emma dari channel emmie. Awalnya aku pengen dengerin audiobooknya aja kalau ada. Ternyata belum ada di storytel, jadi aku lupakan sejenak bukunya. Namun suatu hari pas browsing di shopee, buku ini nyempil di antara rekomendasi buku preloved fantasi impor jadi langsung aku check out bukunya. Bukunya aku dapet edisi UK dan cover yang cantik dan harga yang murah meriah. Buku ini bagian dari seri Graceling Realm dan buku ini bersetting di dunia di mana orang-orang bisa punya skill tertentu yang disebut Grace. Skill ini bermacam-macam, namun tokoh utama kita yang bernama Katsa, dapat kemampuan untuk membunuh orang, dan seiring dengan berjalannya waktu, Katsa mengetahui kenyataan mengenai Grace yang dia miliki yang mempunyai potensi bahaya bagi tujuh kerajaan.

(The next book is Graceling by Kristin Cashore. I want to read this book because it’s recommended by Emma from channel emmie. At first I wanted to listen to the audiobook but it hasn’t been available on Storytel so I forgot this book for awhile. One day when I browsed on my Shopee acc, this book was among preloved fantasy books recommendation so I immediately checked out this book. I get this UK edition with beautiful cover and great price. This book is part of Graceling Realm series and this book is set in a world where people can have certain skill named Grace. There are many kinds of Grace, our main character is Katsa and got Grace for killing people. As the time goes by, Katsa knows the truth behind her Grace which holds the danger for the Seven Kingdoms.)

 

5. Vespertine by Margaret Rogerson

Selanjutnya ada buku Vespertine oleh Margaret Rorgerson yang merupakan penulis Sorcery of Thorns yang menjadi buku terfavorit aku tahun ini yang aku baca bulan lalu. Buku ini bercerita mengenai tokoh utama kita yang bernama Artemisia yang menjadi Gray Sister in training atau orang-orang yang bertugas membersihkan jasad orang-orang yang sudah meninggal agar rohnya bisa terkirim alam sana, kalau tidak dibersihkan rohnya bakal mengganggu orang-orang yang masih hidup. Suatu hari biara tempat Artemisia tinggal diserang oleh tentara yang (( kesurupan )). Untuk mempertahankan biaranya, Artemisia membangkitkan ancient spirit dari benda pusaka dengan syarat kalau Artemisia kehilangan konsentrasi, maka ancient spirit akan menguasai Artemisia sepenuhnya. Seiring berjalannya waktu maka terkuaklah kalau ada musuh yang lebih besar, sehingga Artemisia untuk mengalahkan musuh tersebut harus melupakan semua keyakinan yang dimilikinya sejak lama.

(Next is Vespertine by Margaret Rogerson who is the author of Sorcery of Thorns, my favorite book this year which I read last June. This book follows Artemisia, a Gray Sister in training, or people who clean the body of the deceased so their soul can be sent, if not, this soul will harm the living ones. One day her convent is attacked by possessed soldiers and to defend herself, Artemisia awakened an ancient spirit from a saint’s relic. If Artemisia losses her concentration, this ancient spirit will control her fully. Then a bigger enemy makes appearance and to defeat it, Artemisia has to abandon all her beliefs.)


 

6. Little Women by Louisa May Alcott

Selanjutnya adalah buku Little Women oleh Loisa May Alcott yang aku dapet dari Flash Salenya Periplus. Aku dapet edisi Wordworth Classic yang hardcover dan covernya cantik banget. Buku ini bercerita mengenai Keluarga March dengan 4 anak perempuannya bernama Meg, Jo, Beth dan Amy yang sudah sejak kecil bertema dengan anak tetangga yang namanya Laurie, dan mereka berusaha untuk mewujudkan  impian mereka masing-masing meski keadaan keluarga mereka sedang susah dan berat dan ditinggal ayah mereka pergi berperang.

(Next is Little Wormen by Louisa May Alcott which I got through Periplus Flash Sale. I got this Wordsworth Classic edition with beautiful cover. This book is about March family with 4 daughters named Meg, Jo, Beth, dan Amy who are friends with Laurie, neighbour’s son. They all tried to achieve their dreams despite their difficult family situation while their father went to a war.)

 

7. Keeper of the Lost Cities by Shannon Messenger

Selanjutnya ada beberapa buku dari satu seri yang sama yang aku beli dari beberapa seller yang berbeda karena bukunya ini buku-buku preloved dan buku ini adalah dari Keeper of the Lost Cities series oleh Shannon Messenger. Keeper of the Lost Cities ini adalah seri favorit aku dan aku udah re-read 2 kali, dan biasanya aku bacanya di aplikasi scribd, namun tahun ini aku punya satu goal sendiri untuk mengumpulkan buku-buku fisiknya sebelum buku ke-9 dirilis akhir tahun ini.

(Next, there are some books from the same series which I bought from different sellers because they are preloved books and these books are Keeper of the Lost Cities series by Shannon Messenger. Keeper of the Lost Cities is my favorite series and I have re-read it twice on Scribd. This year I have one goal for myself to buy to physical books before the 9th book is released by the end of 2022.)

 

Series ini bercerita mengenai Sophie Foster yang berusia 12 tahun dan merasa terasing dalam kehidupannya karena dia termasuk murid jenius dan bisa mendengarkan pikiran orang lain. Suatu hari muncul satu cowok ganteng namanya Fitz yang mengatakan kalau Sophie ini bukan manusia, melainkan elf. Sophie pun bingung untuk mengabaikan Fitz yang baru dia temui, atau ikut Fitz ke dunia elf untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaannya terutama kenapa dia sendiri yang elf sementara kedua orang tua dan saudara perempuannya adalah manusia.

(This series follows Sophie Foster, 12 year old who doesn’t fit in because she is a genius and able to hear other people’s thoughts. One day there’s a good-looking boy named Fitz who revealed that she is an elf, not human. Sophie hesitated to ignore Fitz or follow him to the elven world to answer her questions especially why she is the only elf while her parents and sister are humans.)

 

Books I got :

7.1 Keeper of the Lost Cities

7.2 Exile

7.3 Everblaze

7.4 Neverseen

7.5 Lodestar

7.6 Flashback

 

Buku yang aku dapet ini kondisinya masih bagus dan disampul, ini untuk buku pertama. Kemudian ada Everblaze, buku ketiga yang juga masih kinclong. Kemudian ada Neverseen buku keempat, dan disini ada Lodestar buku kelima yang dateng dalam keadaan masih dalam plastik buku meski tulisannya buku preloved, kemudian buku ketujuh ini Flashback, ini buku baru tapi harganya diskon, jadi aku sikat juga. Lalu ada buku kedua ini judulnya Exile, ini juga preloved, dan ternyata hardcover dengan harga mirip-mirip dengan yang paperback. Aku seneng banget bisa ngumpulin buku-buku di series Keeper of the Lost Cities ini dan tinggal sekitar 3 buku yang belum aku dapet yaitu Nightfall, Unlocked dan Legacy. Buku kesembilannya bakal dirilis akhir tahun ini di bulan November dan udah enggak sabar buat baca buku kesembilannya.

(I got this book in a good condition and it has plastic sleeves for the first book. Then there is the sparkling Everblaze, the third book. Then Neverseen, the fourth book. Then Lodestar the fifth book which came in sealed condition even though it’s labeled as preloved. Then there’s the seventh book, Flashback, a new book but it was on special price. Then the second book is Exile which turned out to be hardcover edition with similar price to the paperback ones. I’m so happy to get these books from Keeper of the Lost Cities, there are still 3 books left which are Nightfall, Unlocked and Legacy. The ninth book will be released by the end of 2022 on November, and I can’t wait to read it.)

 

8. Uprooted – Tercerabut by Naomi Novik

Buku selanjutnya yang aku dapet adalah buku yang aku beli waktu berkunjung ke New Bookstore yang dibuka akhir Juni lalu. Buku ini adalah Uprooted / Tercerabut oleh Naomi Novik. Aawalnya aku nggak tahu kalau Uprooted ini ada terjemahan bahasa Indonesianya yang diterbitkan oleh Gramedia dan aku seneng banget bisa ketemu buku ini yang covernya cantik banget. Buku ini bercerita mengenai Agniezka yang tinggal di desa yang sangat dia cintai dan setiap tahun (atau sepuluh tahun??), desanya mengirim satu anak perempuan untuk melayani Naga selama 10 tahun agar Naga ini melindungi desa mereka dari kekuatan Rimba. Tahun ini, penduduk desa sudah tahu kalau Naga bakal memilih Kasia, anak perempuan yang pemberani dan memiliki segala hal positif yang enggak dimiliki oleh Agniezka, namun ternyata yang dipilih Naga adalah Agniezka. Meskipun begitu Naga kelihatannya juga enggak cukup senang dengan pilihannya tersebut.

(The next book is bought when I visited New Bookstore’s opening on last June. This book is Uprooted or Tercerabut by Naomi Novik. I didn’t know it has Indonesian translated version published by Gramedia and I’m so happy to get this book with this beautiful cover. This book follows Agniezka who loves her village, and every year (or 10 years??) her village sends a girl to serve the Dragon for 10 years so Dragon will protect them from the Wood. This year, everyone knows that The Dragon will choose a girl named Kasia whose courage and other positive things Agniezka doesn’t. It turned out The Dragon chooses Agniezka but seems not happy with this choice.)

 

9. Kastel Terpencil di Dalam Cermin by Mizuki Tsujimura

Selanjutnya, buku terakhir yang aku dapet adalah Kastel Terpencil di Dalam Cermin atau Lonely Castle in the Mirror atau Kagami no Kojo oleh Mizuki Tsujimura. Buku ini sudah cukup lama menjadi wishlist aku, dan aku seneng banget bisa ketemu terjemahannya yang lagi diskon di Official Store Gramedia.

(The last book is Kastel Terpencil di Dalam Cermin atau Lonely Castle in the Mirror atau Kagami no Kojo oleh Mizuki Tsujimura. This book has been on my wishlist for so long and I’m happy to get the Indonesian translation edition in special price.)

 

Buku ini bercerita tentang Kokoro yang merasa terasing di kelasnya sehingga dia merasa enggan pergi ke sekolah. Suatu hari cermin di dalam kamarnya mengeluarkan cahaya dan di dalam cermin itu muncul penampakan sebuah kastil. Dan ada tujuh anak-anak lain di dalam sana yang juga enggan pergi ke sekolah. Mereka punya satu tugas untuk nyari satu kunci yang tersembunyi di kastel tersebut dan siapapun yang menemukan bakal dikabulkan satu keinginannya.

(This book is about Kokoro who doesn’t fit in her class so she doesn’t want to go to school. One day the mirror in her room glows and there’s a castle image in it. There are other 7 kids inside it who don’t want to go to school. They have one task to find one key hidden in the castle, and whoever finds it will be granted one wish.)

 

Jadi itu semua buku-buku yang aku dapet di bulan Juni dan awal bulan Juli, atau bisa kita sebut sebagai July Book Haul. So, apa ada diantara buku-buku ini yang sudah pernah kamu baca, atau juga jadi wishlist atau TBR kamu? Tell me down below yaa.

(So that’s all the books I got on June and the first half of July or we can call it the July Book Haul. So, is there any book among these you have read or in your wishlist or TBR? Tell me down below.)

0 Comments

don't use this comment form, use the embedded disqus comment section. No spam!

Note: only a member of this blog may post a comment.