Reading Goals yang Ingin Dicapai di Bulan Puasa

 


Biasanya aku bikin reading goals yang ambisius karena bulan-bulan biasanya aku punya lebih banyak waktu untuk membaca dibandingkan bulan puasa. Kalau bulan puasa, waktu membaca tidak bisa panjang, kalau kemaleman pasti besoknya tidak bisa sahur. Setelah pulang kerja, harus menyiapkan buka puasa dan karena aku pulangnya 1 jam sebelum maghrib, pastinya mepet, ga sempat mandi juga biasanya. Terus malamnya, baru pulang dari masjid paling jam setengah 9, maka aku punya waktu membaca 1 jam saja. Pagi adalah waktu membaca paling oke, biasanya aku punya waktu 2 jam setelah subuh sebelum berangkat kerja. Nah waktu 2 jam ini untuk membaca juga. Kemudian istirahat siang 1 jam, aku bakal baca sedikit, kemudian merem, agar tidak capek, karena aku bekerja dengan komputer.

Nah, jadinya aku hanya punya 4 buku dalam TBR bulan April dan kalaupun aku menemukan buku-buku yang ingin aku baca di aplikasi baca, aku bakal mengutamakan goal ke-2 dan ke-3. Dan mungkin juga aku bakal banyak baca manga.

1. Orilium Spring Equinox readathon

Bulan ini pengen menyelesaikan semua buku yang masuk dalam silabus semester pertama Story Weaver, yaitu 4 buku yang sudah aku sebutkan di blog post April Reading Plans ini. Sejauh ini aku sudah menyelesaikan 1 buku dari silabus, dan 2 buku dari quest untuk tambahan point. Kalian ada yang ikut readathon seru ini juga gak? Cerita dong kalian masuk guild apa dan milih calling yang mana.

2. 2022 Book List

Setidaknya dalam 1 bulan, aku ingin membaca 2 buku yang masuk dalam daftar 22 Books I Want to Read on 2022, jadi aku bakal memasukkan buku-buku tersebut dalam monthly TBR maupun readathon prompt yang sesuai. Bulan ini aku sudah baca On Earth We’re Briefly Gorgeous byOcean Vuong. Masih ada beberapa buku yang belum aku baca dari list ini dan kayaknya buku-buku itu cocok buat dibaca di akhir tahun waktu udara lagi dingin-dinginnya di sini, tapi ga tau deh, kayak bulan lalu aku baca Frankenstein dan Dracula buat kelas English Literature, jadi bulan ini aku mungkin bisa baca dark academia juga.

3. Asian author

Aku pengen baca lebih banyak buku yang ditulis oleh penulis Asia, negara manapun pokoknya di benua Asia. Aku tidak mengeset jumlah buku yang harus aku baca tahun ini dari kategori ini, namun kalau ada buku dari penulis asia, maka akan jadi prioritas baca. Kalau buku dari asian author, aku bisa pilih versi audiobook di Storytel buat tahu cara baca kata-kata dalam bahasa selain Inggris, kayak waktu baca Daughter of the Moon Goddess, aku suka banget versi audiobooknya karena bisa dengerin cara baca nama-nama karakter dan istilah dalam bahasa cina.

4. Baca buku fisik

Tiap bulan aku bakal baca 1 buku fisik yang aku miliki, dan bulan ini, Emma by Jane Austen adalah buku fisik yang lagi aku baca untuk readathon bulan ini.  Masih ada beberapa buku (terutama dapet hadiah) yang belum aku baca dan kayaknya setelah Emma selesai, aku bakal baca salah satu dari buku-buku tersebut, terutama dari Penerbit Haru, biar sekalian buat fulfilling reading asian author books goal.

Nah, itu tadi reading goals yang ingin aku capai bulan puasa ini. Kalau di bulan-bulan lainnya aku bisa baca lebih banyak buku, mungkin bulan April ini aku bakal baca buku gak sebanyak bulan Maret atau bulan-bulan sebelumnya. Oh iya, saat ini progress reading challenge di Goodreadsku sudah 58 dari 100 buku, jadi kayaknya tetep on track ya (terima kasih pada manga yang aku binge-reading bulan lalu – beneran ketagihan sampe ga bisa tidur kalau belum baca kesepuluh volumenya, hahahaha).

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time