Join lailiving Newsletter



How to Feel Better

July 21, 2019


how to feel better


Sebenarnya minggu ini saya tidak ada rencana untuk membuat blog post ini, namun rasanya saya mendadak ingin membahas hal ini. Saya sedang kembali membaca satu buku dari Rhonda Byrne berjudul The Power yang sangat saya sukai karena banyak sekali hal positif yang diajarkan di dalamnya. Saat saya merasa sepertinya saya mulai terpengaruh dengan situasi yang sedang tidak baik, saya membaca The Power. 

Disclaimer : post ini tidak dibuat untuk menganggap bahwa merasa tidak oke atau tidak sedang baik-baik saja adalah kondisi yang salah atau harus segera diubah sesegera mungkin apapun yang terjadi, namun postingan ini dibuat sebagai alternatif bagi siapapun yang ingin merasa lebih baik, yang cara-caranya adalah cara-cara yang biasa saya lakukan.

love quotes


Dari The Power, saya banyak belajar mengenai cinta. Cinta adalah kekuatan terbesar yang dimiliki oleh manusia. Dengan melakukan segala hal dengan cinta, maka cinta itu akan kembali kepada kita. Apa yang kita berikan, itulah yang akan kita terima. Dalam buku The Power juga kita tidak harus selalu bereaksi sesuai keadaan sekeliling kita, misalnya saat banyak orang panik, kita tidak harus ikut panik. Saat kita memberikan sesuatu kepada sekeliling kita baik dalam bentuk perasaan, pemikiran, ataupun material, semua itu akan menarik segala sesuatu seperti kejadian, situasi, orang-orang atau bahkan benda tertentu yang serupa dengan yang kita berikan tersebut yang datangnya tidak kita duga.

Kita memiliki pilihan untuk hal-hal yang kita suka dan hal-hal yang tidak kita suka. Tinggalkan hal-hal yang tidak kita suka, tanpa memberikan perasaan apapun. Pilih hal-hal yang kita suka dengan menerimanya sebagai bagian dari hidup kita. Begitu pula sebenarnya untuk merasakan perasaan tertentu, kita bisa memilih perasaan yang ingin kita rasakan.


rhonda byrne quotes


Apakah merasa lebih baik harus kita lakukan?

Menurut saya memaksakan diri sendiri yang sedang dalam keadaan tidak baik untuk segera menjadi lebih baik bukan selalu menjadi solusi terbaik. Sesuatu yang dipaksakan terkadang hasilnya akan memperburuk keadaan. Saat seseorang merasa tidak baik-baik saja dan tidak tahu bagaimana caranya agar menjadi lebih baik, memaksa orang tersebut untuk mencapai titik ‘lebih baik’ sama dengan menyuruh orang buta arah yang sedang tersesat untuk pergi ke suatu tempat yang tidak dikenal. Dia akan kebingungan.

Lalu apa yang saya lakukan saat tidak merasa baik baik saja?

Karena saya biasanya mengetahui penyebab kenapa saya merasa tidak baik, maka saya menerimanya. Saya menerima keadaan saya yang sedang tidak baik saat itu. Saya tidak memaksakan diri untuk segera merasa lebih baik. Namun, saat saya merasa ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk membuat saya merasa lebih baik, saya melakukan beberapa hal. 
Menurut The Power, hal-hal positif yang kita lihat, alami, rasakan dan dengar kemudian kita terima adalah sama seperti memberikan cinta, dan cinta itu yang akan kembali kepada kita berupa situasi, orang-orang maupun kejadian yang serupa.

Perasaan yang baik atau positif adalah perasaan dimana cinta ada di dalamnya, sedangkan perasaan tidak baik atau negatif adalah kondisi sebaliknya dimana dalam The Power digambarkan sebagai kondisi lack of loveDengan memberikan cinta atau berada di sekitar hal-hal yang mengandung energi yang baik, kita bisa merasakan perasaan yang lebih baik atau berada dalam kondisi dengan cinta di dalamnya. 

happy quotes


Jadi yang perlu kita lakukan saat ingin merasakan perasaan yang lebih baik adalah dengan memilih hal-hal yang di dalamnya mengandung cinta atau memberikan pesan cinta.

1. Menonton video yang menyenangkan

emotions quotes

Video yang menyenangkan bisa sesederhana video kucing dan anjing tidur, video memasak, video motivasi, video kesehatan, video skincare, atau bisa music video artis favorit kita. Apapun video yang membuat kita merasa senang. Memang ada beberapa video yang mengharuskan kita berpikir, ada pula yang membuat kita merasa kesal, jadi kita tidak perlu menontonnya meski se-viral apapun judul yang digunakan hingga membuat kita penasaran. Kita perlu mencari video yang santai atau mungkin video-video lama yang jadi favorit kita dari satu channel favorit, akun instagram favorit, atau bahkan dari DVD koleksi kita.

2. Mendengarkan lagu-lagu favorit

Lagu favorit juga bisa membuat saya merasa lebih baik, terutama lagu yang memberikan semangat dan kata-kata positif. Meski saya tahu bahwa kehidupan tidak selalu mengandung hal-hal positif yang dikatakan dalam lagu-lagu favorit saya, namun lagu-lagu tersebut merupakan pengingat bagi saya bahwa hal-hal baik itu ada dan selalu ada, dan kita pun bisa menciptakannya. Beberapa lagu favorit saya diantaranya Diamond Only by E-girls, Anniversary by E-girls, Suki da by Little Glee MonsterAshita wa Kitto Ii Hi ni Naru (Tomorrow will surely be a good day) by YuTakahashi atau versi Rihwa, U R not alone by GReeeeN, I'll Be There by Jess Glynne, Kobushi no Hana by Kobushi Factory, Hand to Hold by JJ Heller, dan masih banyak lagi. 
Sebenarnya tidak terbatas pada lagu dengan vokal di dalamnya, namun bunyi-bunyian seperti ASMR atau suara instrumen musik tertentu bisa membuat kita merasa nyaman seperti Fairytale dari Secret Garden yang selalu jadi salah satu favorit saya.

3.  Journaling

journal quotes

Saya selalu punya satu jurnal khusus yang saya siapkan untuk menulis apapun yang membuat saya tidak nyaman maupun menulis ide-ide yang spontan muncul, namun semakin kesini saya malah sering mengungkapkannya lewat gambar dan tulisan singkat. Bukan gambar yang sempurna, malah lebih ke abstrak. Biasanya saya yang berniat curhat malah menemukan ide baru saat journaling.
Jika kita tidak tahu harus menulis apa, kita bisa browsing journal prompt terutama di pinterest, biasanya ada tema harian untuk tiap bulan. Dengan menggunakan prompt ini, kita bisa menuangkan pendapat maupun isi pikiran kita mengenai satu hal dalam jurnal kita. Salah dua journal prompt favorit saya adalah dari channel Lavendaire dan buku Kiss The Frog yaitu : Jika kamu punya seluruh uang di dunia, apa yang ingin kamu lakukan? Jika kamu tahu kamu tidak akan pernah gagal, hal apa saja yang ingin kamu lakukan dalam waktu dekat?
Kalian bisa menggunakannya juga di jurnal kalian. Menurut saya kedua pertanyaan ini bisa membuat saya lebih mengenal diri saya mengenai hal-hal yang sebenarnya ingin saya lakukan.

4. Menulis Hal-Hal yang Disukai

Mengingat-ingat hal-hal yang saya suka dan menuliskannya bisa membuat saya merasa lebih baik. Terkadang saya menuliskan nama-nama orang yang saya kagumi, di saat seperti itu saya jadi mengingat hal-hal yang saya sukai dari mereka, hal-hal yang membuat bahagia bisa mengenal orang-orang tersebut sehingga saya bisa belajar hal-hal baru. Hal-hal yang saya suka juga bisa berupa tempat, benda atau waktu tertentu. 

5. Melakukan Hal-Hal yang Disukai

Hal-hal yang saya sukai bisa se-sederhana waktu awal hujan turun setelah panas seharian. Bau dari hujan membuat saya merasa lebih baik, mungkin lebih ke perasaan nyaman. Hal lainnya misalnya saya suka langit biru, maka saya biasanya saya berhenti sejenak untuk mengagumi langit biru di atas jalan yang sedang saya lewati. Meskipun langitnya sama, namun tiap hari pola awan mungkin warna biru yang dihasilkan bisa berbeda-beda, dan semua itu tetap terlihat indah.
Hal-hal yang kita sukai bisa berupa melakukan rutinitas skincare atau menggunakan make-up. Selain membantu diri sendiri untuk tampil dengan baik, rutinitas self-care juga bisa membuat kita lebih mengenal diri sendiri dengan hanya menggunakan produk-produk yang kita butuhkan.

Baca juga : Skincare Routine Guide - The Basic -

6. Berterima kasih

drug quotes

Berterima kasih pada seseorang yang sudah mengantarkan paket kita, berterimakasih kepada ibu yang sudah memasak sarapan, berterima kasih kepada customer yang sudah membayar, berterimakasih atas hal-hal yang baik yang sudah dilakukan orang lain. Saya merasa lebih baik setelah mengucapkan terima kasih kepada orang di sekeliling saya atas perbuatan baik mereka. Meski tidak semua orang merespon terima kasih kita, namun kita tidak membutuhkan respon apapun dari orang lain atas terima kasih kita. Karena kita ingin menghargai mereka.
Ada saat dimana kita merasa kita tidak berkembang sama sekali, kita tetap begitu-begitu saja sehingga kadang kita tidak tahu harus berterimakasih atas hal apa dalam hidup kita. Di saat seperti itu, kita perlu bertanya pada diri sendiri hal-hal apa sajakah yang sudah kita miliki saat ini yang dulunya sangat kita inginkan atau dulunya seperti tidak mungkin untuk kita miliki karena hanya bisa melihatnya di etalase toko atau iklan televisi misalnya. Dengan begitu, kita bisa berfokus pada pencapaian yang sudah kita lakukan sekecil apapun, tidak lagi terlalu keras kepada diri sendiri dan berterima kasih pada diri sendiri dan juga orang lain yang mungkin membantu mewujudkan keinginan kita tersebut.
Berterima kasih kepada diri sendiri tidak harus kita mengucapkan kata terima kasih langsung kepada diri kita sendiri, namun bisa berupa self-reward.

7. Bergerak

walking quotes

Melakukan kegiatan seperti berjalan, berlari atau senam bisa memicu pelepasan hormon endorfin yang merupakan hormon yang terkenal punya fungsi mirip dengan morfin yaitu mengurangi rasa sakit dan membuat perasaan jadi lebih baik. Saat kita tidak tahu harus berbuat apa dalam situasi yang tidak baik, kita bisa sekedar berjalan kaki, terutama jika kita bisa menemukan tempat yang segar dan alami seperti sawah atau perkebunan. Jika kita memang tidak suka pergi kemana-mana, kita bisa senam sendiri di rumah, pokoknya kita bergerak.

8. Makan

healthy eating quotes

Keseimbangan jumlah bakteri dalam sistem pencernaan kita berperan dalam mempengaruhi mood. Menurut American Psychological Association, bakteri baik dalam sistem pencernaan menyumbang 95% produksi serotonin tubuh, hormon yang biasa dikenal sebagai happy chemical, dimana jika kita mengalami kekurangan serotonin bisa mengalami gangguan pencernaan, asma, diabetes, obesitas hingga depresi. Maka dari itu kita perlu menghindari makan dalam kemasan yang tinggi gula, zat aditif dan preservatif, karena zat-zat ini bisa mempengaruhi keseimbangan bakteri dalam sistem kita. Kita disarankan untuk banyak makan buah segar, sayuran hijau, makanan yang mengandung probiotic seperti yogurt, makanan fermentasi, serta lemak baik seperti yang terkandung pada ikan dan minyak zaitun.

9. Ketenangan

solitude quotes

Ada satu waktu dimana kita memang harus tidak melakukan apa-apa, kita santai bersama diri sendiri di tempat yang tenang. Keseharian kita yang super sibuk, dihujani berbagai opini dari orang lain, tumpukan tugas dan tanggung jawab, serta media sosial yang berisi hal-hal yang tidak nyaman membuat pikiran kita penuh hingga kita tidak bisa mengetahui apa yang sebenarnya ada di dalam pikiran kita hingga begitu berisik setiap saat. Mencari ketenangan dengan tidak melakukan apa-apa, tanpa mempedulikan apa yang terjadi di timeline media sosial kita, bisa membantu meredakan suara-suara berisik yang memenuhi pikiran kita.

Setiap orang bisa tersenyum. Setiap orang bisa merasa sedih. Setiap orang bisa merasakan perasaan apapun. Kehidupan tidak hanya tentang merasa baik atau mencapai satu titik yang diterima mayoritas sebagai hal yang harus dimiliki semua orang. Ada badai, ada pelangi. Ada kesedihan ada kebahagiaan. Ada saatnya kita menanjak, menurun, memutar, berbelok seperti tayo. Haha. 


Jadi, apa kalian melakukan sesuatu yang berbeda dari yang saya sebutkan di atas saat merasa tidak baik-baik saja? Share di kolom komentar ya.




Title picture and quote pictures by lailiving
Background photos by : 
- Alysa Bajenaru
- Katlyn Boone
- Ana Tavares
- Hermes Rivera
- Kawin Harasai
- Annie Spratt
- Muhammad Muzamil
- Tomoko Uji
- Olia Gozha
- Nordwood Themes
- Pawel Czerwinski
Tweet service by Click to Tweet

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan