Join lailiving Newsletter



Winter Skincare Routine

June 30, 2019




winter skincare routine


Sebenarnya bukan winter, tapi saya bingung ini musim apa. Musim maba alias mahasiswa baru sudah dekat, biasanya diikuti dengan udara dingin yang melanda yang biasa disebut Musim Malang Kembali. Haha. Karena di masa lalu kota ini sungguh dingin, namun seiring waktu suhunya tidak lagi sedingin dulu. Nah, kalau memasuki musim penerimaan mahasiswa baru, suhunya bakal dingin lagi. Kalau beruntung bakal bisa menemukan suhu 10 derajat, tapi belakangan ini paling dingin pagi dan malam hari terukur 15 derajat. Itu pun sudah bisa menghasilkan efek drama Korea saat kita berbicara, bisa keluar asapnya, hihi.

Dampak yang paling utama dari suhu dingin  ini selain kasur jadi lebih lengket dari biasanya adalah membuat kulit jadi kering. Sehingga rasanya skincare yang saya gunakan di musim sebelumnya (yang suhunya lebih tinggi) seperti kurang melembabkan, bahkan rasanya tidak ada pengaruhnya. Saya bisa pakai toner Hada Labo saya secara membabi buta. Hihi. Di saat seperti ini, kalau kalian mengalami hal serupa, jangan panik atau buru-buru membuang skincare yang biasa  dipakai. Bisa jadi memang karena perubahan musim, kebutuhan kulit pun berubah.

Baca juga : Kenapa Skincare Berhenti Berfungsi?

Maka dari itu, saya mengubah produk yang saya pakai menjadi produk yang lebih melembabkan. Sebagian besar produk-produk ini adalah produk lama milik saya namun saya rasa terlalu rich sehingga di musim lain bakal membuat kulit kinclong seperti wajan tukang nasgor.

Kali ini saya membagikan mengenai beberapa produk skincare yang saya gunakan untuk mengatasi kulit kering saya di musim yang dingin. Saya menggunakan 5 produk untuk rutinitas AM dan PM, yang harganya rata-rata di bawah 200.000 serta bisa dibeli lewat online shop.

Jadi produk-produk yang saya pakai adalah :
1. Laneige Cream Skin Refiner
2. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion
3. COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask
4. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash
5. Canmake Mermaid Skin UV Gel SPF50 PA++++

Masalah kulit yang saya alami selama musim dingin ini diantaranya kulit kering, beberapa dry patch seperti lebih gelap dari warna kulit aslinya, tekstur kulit yang tidak rata, hiperpigmentasi, pori-pori yang kadang-kadang terlihat melebar, dan beberapa milia di bawah mata

Jenis kulit : combination skin
Disclaimer : produk-produk yang saya sebutkan ini semuanya adalah produk milik saya sendiri, bukan sponsor dan lain sebagainya. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya, sehingga saya tidak bisa menjamin akan cocok di kulit orang lain yang berbeda.

AM Skincare Routine :

1. Water

Pagi hari, saya tidak pakai face wash. Hanya pakai air untuk membasuh muka.

2. Laneige Cream Skin Refiner

laneige cream skin refiner

Karena rasanya kepo dengan produk Laneige yang ini namun tidak yakin bakal cocok atau tidak, saya beli versi travel size. Kalau di hari-hari biasa, rasanya bakal terlalu lembab, dan ternyata kalau udaranya seperti ini, produk ini jadi cocok dan pas di kulit. Cream Skin Refiner ini adalah sebenarnya gabungan moisturizer dan toner sehingga buat saya ini sangat praktis, terutama di pagi hari yang dingin. Bahan utamanya adalah White Leaf Tea Water yang diekstrak melalui single drop extraction technology sehingga kita bisa mendapatkan amino acid yang lebih tinggi yang berguna untuk memperkuat skin barrier.
Harga : 60.000-80.000 (travel size) dan 190.000-250.000 (full size)

3. Canmake Mermaid Skin UV Gel

canmake mermaid skin uv gel

Meski namanya gel, namun produk ini tetap melembabkan di musim seperti ini. Setelah menggunakan Cream Skin Refiner, produk ini awalnya membuat kulit sedikit kinclong waktu awal diaplikasikan ke kulit. Namun setelah didiamkan, hasil akhirnya normal, tidak kinclong namun tetap lembab. Yang saya suka dari sunscreen ini adalah UV filternya cihuy, bisa dibilang dia termasuk hybrid sunscreen yang menggunakan organic dan inorganic UV filter. Salah satu favorit saya Tinosorb S ada di produk ini.
Harga : 130.000 – 160.000 (40 gr)

PM Skincare Routine :

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

hada labo gokujyun face wash

Sudah berjuta-juta kali mungkin saya jelaskan kalau produk ini adalah satu-satunya produk yang murah yang diciptakan untuk saya. Fungsinya untuk membersihkan tanpa membuat kulit kekeringan parah. Selain mengandung 2 jenis Hyaluronic Acid, face wash ini mengandung Sodium Cocoyl Glycinate yang merupakan bahan untuk cleansing sekaligus skin softening, yang biasanya dihasilkan dari coconut oil dan amino acid glycine. Selain itu, produk ini juga mengandung Cocamidopropyl Betaine yang juga dihasilkan dari coconut oil dan dimethylaminopropylamine, yang termasuk jenis gentle surfactant. Sehingga bau dari produk ini mirip mirip minyak kelapa.
Harga : 27.000-35.000 (100 gr)

2. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

hada labo tamagohada mild peeling lotion

Tidak saya pakai setiap hari meski termasuk mild. Mengandung Gluconic Acid yang termasuk PHA yang merupakan versi mild dari AHA, sehingga bisa melakukan eksfoliasi ringan tanpa membuat kulit kekeringan serta bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Bahan lain favorit saya dalam lotion ini adalah Tranexamic Acid yang merupakan agen pencerah yang merupakan bahan yang dianjurkan untuk pasien pasca operasi, perawatan menggunakan laser dan juga perawatan jerawat. Saya pribadi cocok dengan produk ini, selain untuk eksfoliasi, saya juga menggunakannya untuk masker meredakan bakal jerawat.
Harga : 190.000 – 230.000 (170 ml)


3. Laneige Cream Skin Refiner


4. COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask

cosrx ultimate nourishing rice overnight mask

Produk COSRX yang baru-baru ini saya coba. Untuk pemilik oily skin bisa mencoba yang Honey Overnight Mask. Produk ini saya pakai sebagai step terakhir skincare routine di malam hari, karena dia sangat melembabkan. Produk ini mengandung lebih dari 68,9% rice extract untuk menutrisi, melembabkan serta mencerahkan kulit. Serta mengandung Niacinamide atau Vitamin B3 yang sudah hits sebagai bahan yang mampu memperbaiki tampilan kulit seperti kulit kusam dan jerawat. Efek dari penggunaan overnight mask ini tentu saja wajah jadi kalem dan lembab di pagi yang dingin, sehingga kadang saya pakai juga di lutut dan siku yang rasanya susah sekali lembab meski sudah pakai body lotion.
Harga : 150.000 – 180.000 (60 ml)

Secara keseluruhan, skincare routine saya selama udara dingin melanda akan terus menggunakan produk-produk yang saya sebutkan di atas. Kalau suhu udara menghangat dan lebih lembab, maka saya ganti Cream Skin Refiner dengan lotion Hada Labo favorit saya lagi.

Nah punya rutinitas skincare yang berbeda tiap musim? Atau kebetulan ada pembaca yang tinggal di negara 4 musim? Bisa share skincare routine nya saat musim dingin di kolom komentar di bawah ini ya.

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan