Join lailiving Newsletter



6 Kebiasaan Buka Puasa Sehat yang Bisa Kamu Ikuti

May 06, 2019




Bulan puasa merupakan kesempatan yang kita dapat untuk membersihkan atau mereset jiwa dan raga terutama organ pencernaan. Namun, yang saya temui pada klien saya selama ini adalah tidak sedikit orang dengan kondisi normal di hari-hari biasa malah lebih mudah tertular penyakit saat menjalankan puasa, dan juga malah terkena masalah pencernaan setelah bulan puasa berakhir.

Beberapa faktor memang mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang saat berpuasa, salah satunya adalah kebiasaan yang dilakukan saat berbuka puasa. Saat seharian berpuasa, mungkin kita sudah ngidam makan makanan tertentu atau jajanan tertentu di pasar takjil sehingga saat sore hari kita langsung memborong banyak makanan. Namun, apakah makanan yang kita beli ini semuanya memang dibutuhkan tubuh kita atau hanya untuk lidah kita saja?

Beberapa tahun belakangan ini saya membuat target yang sama setiap puasa Ramadhan yaitu salah satunya tetap sehat saat dan setelah puasa agar beribadah lebih maksimal. Saya mengurangi makanan dan minuman tertentu serta memakan makanan yang lebih alami. Cara saya pun berhasil, selain tubuh jadi sehat, saya jadi tetap produktif saat berpuasa dan juga saya jadi lebih hemat dalam hal finansial.

1. Buka puasa dengan air putih atau buah

Karena salah satu langkah saya dalam memenuhi target selama bulan puasa adalah selalu sama yaitu mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis seperti cake dan makanan atau minuman dalam kemasan, saya biasanya langsung minum air putih. Selain lebih sehat, air putih juga lebih murah, dan kalau kita buka puasa di jalan, kita bisa dengan mudah mendapatkannya di toko yang kita lewati. 
Atau, jika ada sedang tersedia buah seperti melon, semangka, blewah dan lain-lain, saya makan buah terlebih dahulu. Meskipun manis, buah memiliki kandungan gula alami, yang tentu saja dibutuhkan untuk tubuh dengan kondisi normal (untuk penderita penyakit tertentu biasanya ada beberapa buah yang dilarang, sehingga konsumsi buah pun harus dengan konsultasi dari dokter). Dengan catatan buah yang segar, bukan buah yang sudah dalam kemasan atau dijadikan manisan.

2. Hindari es

Setelah seharian perut kosong, ada baiknya kita tidak langsung makan makanan dengan suhu yang terlalu dingin seperti es. Di hari biasa, saat perut kosong, saya biasanya langsung semacam kram dan kembung setelah mengkonsumsi es atau makanan dan minuman dalam suhu dingin. Sehingga untuk buka puasa, saya benar-benar memasukkan es dalam blacklist, haha. Jika memang ingin sekali minum es, lebih baik nanti setelah tarawih, saat perut sudah beradaptasi dengan diisi sedikit makanan.

3. Hindari makanan pedas

Makanan pedas memang menggoda dan membuat ketagihan, namun konsumsi makanan pedas saat perut kosong juga berefek kurang baik untuk tubuh, istilahnya perut bakal kaget apalagi dengan makanan pedas level syaitonnirojim. Meskipun pedas dari cabai memang bermanfaat untuk memerangi penyakit tertentu, namun saya biasanya tidak memakan makanan pedas selama buka puasa, kasihan perut saya, hoho.

4. Tidak makan terlalu banyak

Saat awal usahakan jangan makan terlalu banyak, selain perut juga akan kaget juga nantinya kita bakal semacam kena kram perut saat melakukan ibadah tarawih dan ujung-ujungnya bakal mengantuk duluan karena kekenyangan.

5. Jangan lupa pakai sayur

Sayur selain juga menyediakan berbagai jenis zat yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin dan serat, juga bisa membuat kenyang. Saya biasanya makan sayur secukupnya kemudian bisa lanjut melakukan ibadah selanjutnya tanpa khawatir perut berkukuruyuk. Sayuran terutama yang berwarna hijau bersifat anti-inflamasi alias anti peradangan. Peradangan yang dimaksud bukan hanya peradangan luka atau radang tenggorokan saja, namun radang lain seperti yang terjadi saat serangan virus penyakit.

6. Perhatikan sugesti dan anggapan soal makanan

Entah sejak kapan saya merasa bahwa produk susu bakal membuat perut saya tidak nyaman dan juga membuat saya lebih mudah sakit tenggorokan, sehingga saya juga tidak mengkonsumsi produk susu sama sekali selama bulan puasa. Mungkin hanya sugesti, namun biasanya sugesti dan anggapan inilah yang bakal mempengaruhi kesehatan fisik. Sehingga untuk lebih amannya, saya menghindari produk tertentu yang menurut saya menyebabkan gangguan tubuh saya, salah satunya produk susu termasuk susu, keju, dan segala macam makanan berbahan susu.

Bonus : 

jika memungkinkan, lebih baik kita memasak makanan buka puasa sendiri, selain lebih sehat karena kita tahu persis kebersihan dan proses memasaknya, juga bisa di-custom seberapa banyak bahan dan bumbu yang kita inginkan sehingga lebih sesuai dengan selera. Saya juga menghindari makanan dengan pengawet maupun MSG seperti makanan instan dan makanan cepat saji yang saya sukai saat hari-hari biasa.

Bagi saya, puasa Ramadhan sebulan penuh adalah salah satu kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berterima kasih kepada tubuh saya dengan melakukan pola makan teratur. Sehingga kesempatan ini saya gunakan dengan sebaik mungkin dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, yang membantu proses resetting tubuh saya yang sudah saya beri makanan aneh-aneh selama 11 bulan sebelumnya.

Punya kebiasaan berbuka puasa sehat juga? Bagikan di kolom komentar yuk. Oh iya Blogger Perempuan kembali mengadakan 30 Day Blog Challenge, kali ini tentu saja tentang Ramadhan, dimulai hari ini selama 30 hari dengan tema yang berbeda setiap hari. Ada hadiah menarik dan voucher belanja bagi yang beruntung lho. Lebih lengkapnya bisa cek di halaman ini.



Title picture edited by lailiving
Background photo by Tanalee Youngblood

You Might Also Like

6 comments

  1. Kalo aku biasanya makan berat di akhir sih mbak...

    Btw mampir balik ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gak kekenyangan ya mbak :D sip mbak

      Delete
  2. nah yg es itu belum bisa dihindari sama anak2ku :D kalo aku cukup teh anget manis dan kurma jg udah kenyang. sedikit cemilan kalo ada. udah gitu sholat magrib, trus makan nasi deh sebelum ke mesjid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, anak kecil emang paling suka es, saya sampai heran mereka kayak ga pernah kembung (saya dulu juga begitu sih) :D

      Delete
  3. Es teroooos! Hihi. Ini nih yang paling susah, hawa-hawanya abis buka pasti langsung pengen minum es biar adem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kalo tinggal di daerah yang panas apalagi, es itu kayak menggoda banget :"

      Delete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan