Join lailiving Newsletter



Monthly Highlight : April 2019

May 01, 2019



Saya memutuskan untuk membuat satu topik yang bisa saya buat untuk blog post setiap bulan, sehingga meskipun saya sedang buntu, saya masih tetap menghasilkan setidaknya 1 blog post dalam 1 bulan. Di blog saya yang satu lagi yaitu lailinstar, saya juga memiliki post bulanan untuk Songs of the Month yang berisi beberapa lagu yang paling sering saya dengarkan selama sebulan.  

Nah untuk blog ini, saya memutuskan untuk membuat topik serupa namun dengan tema keseluruhan, tidak hanya musik, namun juga produk favorit, pelajaran atau hal baru yang saya dapatkan dari bulan ini maupun pengalaman yang saya alami dan bermanfaat untuk dibagikan. Selain itu, saya harap post dengan topik ini  juga sebagai salah satu bahan evaluasi target bulanan yang sudah saya set sebelumnya, sehingga saya lebih terpacu untuk mencapai tujuan dan target saya tersebut.

Ya, karena sudah masuk bulan Mei, maka entry kali ini adalah seputar hal-hal yang saya sukai dan pelajari di bulan April. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bulan ini jadi bulan tersibuk saya sejak masuk 2019, karena proyek yang lebih kompleks yang datang bersamaan.

1. Journal theme : Cloud, Umbrella

Tema jurnal saya bulan April adalah awan dan payung, yang ternyata merupakan tema mainstream di bulan April, saya baru tahu saat melihat beberapa suggestion post di instagram yang rata-rata bertema serupa. Tema ini sebenarnya terinspirasi dari single baru grup favorit saya berjudul Ame Nochi Hare yang cover art nya bertema awan dan payung, begitu pula set panggung untuk live performance mereka. Tema kali ini lebih simpel dari sebelumnya dan saya sangat suka tema kali ini. Saya jadi ingin melanjutkan gaya menggambar sederhana seperti ini untuk selanjutnya.




2. Investasi

Sebenarnya sejak berkunjung ke blog mbak Yani (iidyanie.com), saya jadi kepo seputar investasi. Karena melalui blog ini, anggapan saya bahwa investasi harus dimulai dengan uang jutaan rupiah ternyata salah. Investasi bisa dimulai dari 10 ribu rupiah saja. Namun baru bulan ini saya mulai praktek, setelah saya mulai paham gambaran umum cara kerja investasi ini seperti apa. Menurut saya memang benar, investasi tidak akan membuat uang mati seiring waktu, karena akan terus berkembang, selain juga untuk terus menggerakkan perekonomian, sehingga saya memutuskan untuk memulainya bulan ini.

3. Plant Nanny Garden





Perkebunan virtual saya sudah berisi sekitar 5 tanaman, dengan nama-nama yang saya sukai dan membuat saya gemas kalau melihat para tanaman ini di aplikasi ini. Plant Nanny merupakan aplikasi reminder favorit saya agar rajin minum air.  Tersedia banyak tanaman menggemaskan untuk ditanam, namun untuk user baru, seed yang gratis hanya Devil Ivy dan Dandelion, sedang untuk tanaman lain harus kita beli dengan seed yang sudah terkumpul .

4. Membeli Domain

Bulan April juga saya memutuskan untuk membeli domain untuk blog saya yang ini, karena sudah jadi target blogging saya untuk tahun ini bakal membeli domain untuk salah satu blog saya. Kenapa blog ini? Karena saya rasa kontennya belum banyak, dan juga belum saya daftarkan macam-macam. Semoga saya bisa semakin bersemangat mengisi blog ini setelah membeli domain. Awalnya saya berniat membeli domain langsung lewat Google Domain, karena saya lihat beberapa review yang bisa membeli tanpa pakai kartu kredit, yaitu dengan VCN. Namun tampaknya metode ini sudah tidak bisa digunakan lagi, sehingga saya memutuskan untuk membeli domain di DomaiNesia, mumpung lagi promo, sehingga jauh lebih murah daripada beli lewat Google Domain. Oh iya untuk teman-teman yang tertarik menggunakan jasa DomaiNesia baik untuk membeli domain dan atau sekalian hosting, bisa menggunakan kode kupon LAILI201905 untuk dapat diskon hosting 20% dan LAILI201908 untuk dapat diskon VPS 20% .

5. Google Adsense

Blog saya satunya akhirnya diterima oleh Google Adsense. Awalnya saya daftarkan bulan Januari, namun hingga Maret tidak ada respon, akhirnya saya cancel dulu, kemudian saya memperbaiki beberapa page dan link, kemudian saya daftarkan lagi ke Adsense sekitar  akhir Maret, baru di pertengahan April blog saya diterima oleh Google Adsense. Saya sudah mengeset ad di sidebar, namun ternyata masih ada yang kadang muncul di header, mungkin saya harus mengubek-ubek fitur Adsense ini lebih dalam.

6.  Jangan Mengeluh, Kerjakan

Satu hal yang saya pelajari dari beberapa proyek bulan ini adalah agar saya tidak mengeluh dan berhenti mengatakan hal-hal negatif karena pekerjaan saya tersebut. Pekerjaan tidak akan selesai meskipun kita mengeluh sampai berbusa, pekerjaan akan selesai jika kita kerjakan. Pekerjaan akan tetap seperti itu, begitu pula klien yang membuat kesal juga akan tetap seperti itu meskipun kita kesal, marah marah atau mengeluh. Jadi daripada saya kehabisan energi karena hal-hal negatif tersebut, saya memutuskan untuk lebih santai dan kalem dalam menghadapi klien dan pekerjaan yang ada ada saja.


7. Pemilu 2019

Di postingan sebelumnya, saya mendapat banyak hal positif di satu hari saat pemilu 2019. Saya merasa bangga tahun ini bisa berkontribusi dan menggunakan hak istimewa yang diberikan negara kepada saya untuk memilih orang-orang yang saya percaya. Terlepas dari semua keributan yang terjadi terutama di media sosial, saya bersyukur bisa melalui pemilu 2019 ini dengan hati yang tenang dan ringan, dan juga saya mendapat beberapa doa dari rekan-rekan saya dari negara lain. Menurut saya, se-ngotot apapun kita berdebat bahkan dengan menjatuhkan pihak lain, tidak akan berpengaruh  apa-apa. Sama seperti pelajaran saya menghadapi klien dan pekerjaan, daripada kita menghabiskan energi, pulsa, dan kuota untuk berdebat dan saling membuktikan siapa yang benar, lebih baik kita melakukan hal-hal positif, seperti fokus pada pekerjaan sehari-hari.


Itu tadi ketujuh highlight bulan April saya tahun ini. Dari ketujuhnya, sudah mewakili sebagian target saya di bulan April, ada 2 target yang belum tercapai di bulan April, semoga bisa segera saya capai di bulan Mei ini.


You Might Also Like

4 comments

  1. Wih mantap mba setiap bulannya ada evaluasi sama blog, duh saya mau nulis evaluasinya apa ya bingung deh soalnya let it flow aja hehe, syukurlah akhirnya sudah mulai berinvestasi juga mba, memang investasi lebih baik di kala masih single begini mba agar ketika berkeluarga nanti gak kaget sama pengeluaran yang bisa dua kali lipat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bukan evaluasi, hal-hal asik dalam satu bulan juga bisa mbak :D Iya mbak, sering blogwalking ke blognya mbak jadi penasaran sama investasi, hehe :D

      Delete
  2. udah kepikiran pengen bikin highlight berkala kaya gini juga mbak cuma masih maju mundur cantik huhu

    ReplyDelete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan