Join lailiving Newsletter



[ Inspiration ] Style Your Hair for Yourself

May 19, 2019




Sekitar 2 tahun lalu, di Quora ada sebuah pertanyaan mengenai apakah wanita berhijab merasa dibatasi dan tidak bebas dalam mengekspresikan diri terutama melalui berbagai gaya rambut karena mereka mengenakan hijab yang menutupi rambut mereka. Pertanyaan yang menarik yang juga pernah ditanyakan teman saya waktu kuliah.

Bagi saya tentu tidak. Saya punya kebebasan mengatur gaya rambut sesuka hati saya, saya tidak merasa dibatasi dalam memilih warna rambut apa yang ingin saya miliki, dan saya tidak merasa kesulitan untuk menentukan gaya rambut saya untuk saya sendiri. Siapapun, berhijab atau tidak, punya kebebasan itu. Seperti dalam blog post saya sebelumnya, bagi saya hijab bukan sesuatu yang membebani atau membatasi, hijab adalah pelindung dan wujud terima kasih saya.


Sebuah reply dari pertanyaan di Quora mengenai wanita berhijab tersebut adalah dari seorang wanita berhijab juga yang kurang lebih menyatakan bahwa untuk apa dia merasa terbatasi oleh hijab, karena dia masih bisa tampil rapi dalam banyak pilihan warna, gaya dan motif hijab yang bisa digunakan saat rambutnya berantakan dan mowol-mowol. Tanpa ada orang yang tahu. Hayo ngaku siapa yang juga begini seperti mbak ini dan saya? Hihi.

Namun, bukan berarti karena kita mengenakan hijab, kita mengabaikan begitu saja rambut kita. Seorang owner dari Solpisca, salon yang khusus diperuntukkan untuk muslimah di Jepang, menyatakan bahwa wanita berhijab kesulitan menggunakan jasa salon di Jepang untuk baik sekedar memotong rambut maupun perawatan rambut, karena ruangan salon pada umumnya tercampur dengan pelanggan laki-laki dan juga hairstylist laki-laki. Namun sebenarnya, menurut pengamatannya, wanita berhijab sangat memperhatikan gaya rambut mereka untuk diri mereka sendiri mulai dari perawatan rambut hingga pewarnaan rambut. Karena alasan inilah, beliau memutuskan untuk membuka salon muslimah dengan produk perawatan rambut yang halal, staff yang semuanya wanita, ruangan bersekat dan juga tersedia ruang ibadah. Nah terbukti kan kalau meski tertutup hijab, kita tidak mengabaikan kesehatan dan penampilan rambut begitu saja.

Gaya rambut saya

Saya sendiri, yang sepertinya ke salon dengan frekuensi yang bisa dihitung dengan jari, lebih memilih mengatur sendiri gaya rambut yang saya suka dan bisa nyaman saat saya mengenakan hijab. Saya memotong rambut saya sendiri juga di rumah dan pakai perawatan rambut sendiri di rumah sehingga saat di rumah adalah saatnya rambut untuk bersantai dan bernafas serta mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain karena hemat juga, juga saya berpikir tidak ada yang lebih mengerti gaya rambut kesukaan saya daripada saya sendiri.

Inspirasi gaya rambut

Karena saya yang gampang kegerahan, maka saya lebih sering meniru gaya rambut mbak-mbak cantik berambut pendek yang semuanya terlihat fresh dengan gaya rambut ini. Bagi saya yang berhijab, gaya rambut yang tidak terlalu panjang selain lebih terasa segar juga bisa saya ikat atau jepit agar tidak berantakan.

1.  Aragaki Yuki ( KOSE Sekisei CM )



2. Matsuoka Mayu ( SK II #BareSkinProject CM )

3. Matsuoka Mayu ( Rope Picnic CM )


4. Nagasawa Masami ( Lowrys Farm CM )

5. Washio Reina dan MACO (duet project interview by modelpress)


6. Haru ( Daido CM )


7. Haru ( Kirin Green CM coverage by AbemaTIMES)

8. Kawakita Mayuko ( Canmake CM )


9. Kiritani Mirei ( Homemate CM )


10. Kiritani Mirei ( Sapporo Beer CM )

11. Fujii Karen ( Kose Fasio CM )

12. Fujii Karen ( Samantha Vega CM )


Bagi saya, cantik itu dari perasaan sendiri. Saat kita merasa cantik dan berterima kasih atas kecantikan itu, baik kecantikan itu terlihat atau tidak, maka kita benar-benar cantik.  Setiap orang punya standar cantiknya masing-masing, orang lain bisa menganggap kita tidak cantik, dan hal itu bukan sebuah salah orang tersebut atau salah kita. Bahkan public figure yang kecantikannya diterima oleh banyak orang pun masih dianggap tidak cantik oleh beberapa orang lain, kan. Saat kita menganggap cantik adalah memiliki rambut panjang misalnya, maka meski orang lain tidak mengetahui kita punya gaya rambut seperti itu, kita tetap cantik. Kita pun tetap orang yang sama saat mengenakan hijab atau tidak.

Nah bagaimana dengan kalian? Apakah punya gaya rambut favorit? Atau punya kebiasaan mengganti gaya rambut setiap periode tertentu? Share di kolom komentar ya.



All pictures above all from each official commercial video screencaps
Title picture edited by lailiving, background photo by : Sylvie Tittel

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan