The Good Bear by Sarah Lean | Book Review

 


Halo! Aku datang membawa ulasan buku middle grade bertema musim dingin yang aku baca untuk ikutan Wintery Hollow Readathon. Buku ini termasuk buku pertama yang aku selesaikan untuk readathon ini dan aku suka banget ceritanya, sehingga aku yakin my December reading journey would be amazing!


The Good Bear by Sarah Lean | Book Review Indonesia

Length                         : 320 pages

Where to read              : Scribd

Released date               : March 1, 2022

Date read                      : December 3-6, 2022

Keywords                     : middle grade, winter, family, christmas, bear, norway, adventure

Trigger warning            : shooting, violence

 

BLURB

It’s the Christmas holidays and Thea is looking forward to spending them with her father. She can tell him all about her plans to become a writer, and maybe he’ll buy her the typewriter she’s been dreaming of.

But when Thea arrives in snowy Norway, everything feels . . . wrong. Her father is as distant as ever and now she has to share him with his new family: his girlfriend Inge and her children. Then Thea makes a surprising discovery. Deep in the snowy woods by the house, is a bear. He’s scared and hungry and he desperately needs Thea’s help.

When the town hears about a bear living in the woods, Bear’s life is in even greater danger. Thea needs to show everyone that he’s not dangerous – he’s a good bear – if she’s to save him.

 

HAL YANG AKU SUKA

🐻Di awal buku ini kita langsung disuguhkan scene yang cozy dengan karakter ibu dan anak yang sedang menikmati musim dingin dengan kue dan minuman hangat plus cerita masa lalu sang ibu.

🐻Buku ini memperkenalkan karakternya satu per satu dan dengan deskripsi yang mudah diingat. Tokoh utamanya dari awal sudah diperlihatkan apa saja hal yang dia inginkan dan apa yang dia rasakan dengan kejadian yang dialaminya. Karakter lain seperti ayah dari Thea dan keluarganya di Norwegia juga dimunculkan dengan karakteristik masing-masing, termasuk karakter penduduk kota yang ditemui Thea baik yang membenci beruang maupun yang menyukai beruang. Karakter favorit aku di sini tentu saja beruang yang ditemui Thea!

🐻Aku suka banget dengan setting di buku ini yaitu musim dingin baik di Inggris maupun di Norwegia. Bagian Norwegia diceritakan lebih banyak dan aku suka banget dengan deskripsi salju, hutan, makanan-makanan yang dihidangkan, dan tempat yang dikunjungi oleh tokoh utama. Aku juga suka usaha yang dilakukan tokoh utama untuk melupakan kekecewaannya pada ayahnya dan gimana dia berinteraksi dengan orang yang baru dia temui, sehingga kita juga dapat deskripsi mengenai tempat lain selain rumah dan hutan.

🐻Gaya penulisan dari buku ini mudah dipahami dan diikuti, tidak ada bahasa Inggris yang sulit meskipun menceritakan kisah masa kecil Thea. Tiap bab pendek-pendek dan ada ilustrasinya juga.

🐻Pacing bukunya normal, tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat. Bukunya menceritakan Thea di masa sekarang yang menceritakan kisah masa lalunya ke anak perempuannya. Kemudian pembaca diajak memasuki dunia yang diceritakan Thea tersebut yang bergantian antara sudut pandang Thea dan sudut pandang pencerita untuk menceritakan beruang. Setelah kisah masa kecil Thea berakhir, pembaca akan dibawa kembali ke masa sekarang untuk mendengar komentar dari anak Thea mengenai kisah tersebut.

🐻Aku bersemangat baca buku ini karena pengen banget tau kelanjutan kisah Thea dan beruang. Aku pengen mereka berdua dapet ending yang menyenangkan (bakal sedih banget kalau sampai beruangnya harus menjadi karakter jahat yang harus dibunuh, misalnya). Konflik yang ditampilkan sangat jelas mulai dari awal, mulai dari apa yang diinginkan Thea, kenyataan yang terjadi, hingga reaksi Thea mengenai konflik tersebut.

🐻Pesan yang disampaikan mengenai keluarga dan perbedaan setiap keluarga dalam hal kebiasaan dan cara mereka untuk menunjukkan rasa cinta dan kebersamaan kepada tiap anggota keluarga.

🐻 Aku suka endingnya juga baik untuk Thea dan ayahnya maupun untuk beruang

 

HAL YANG KURANG AKU SUKA

Gak ada sih kayaknya. Mungkin aku pengen lebih banyak bagian Thea makan makanan Norwegia.

 

HAL YANG AKU PELAJARI

🐻 Di buku ini ada beberapa kata dalam bahasa Norwegia seperti ‘baik’, ‘beruang’ dan kata sapaan.

🐻 Kita tidak bisa menganggap sebuah kebiasaan yang berbeda dari yang biasa kita lakukan sebagai sesuatu yang buruk, apalagi kita belum pernah melakukan dan tinggal diantara mereka yang melakukan kebiasaan tersebut.

🐻 Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menunjukkan rasa cinta dan kepedulian terhadap orang lain atau makhluk lain, dan ga semua orang bisa menunjukkan atau mengatakan apa yang dia rasakan kepada orang lain. Orang yang terlihat paling pasif mungkin saja sudah memiliki banyak rencana dan niat baik untuk melakukan sesuatu bagi orang lain.

🐻Jangan berjalan-jalan di tengah hamparan salju menggunakan pakaian musim dingin berwarna coklat, kamu bisa dikira beruang. Dianggap beruang oleh manusia bisa saja membuatmu berada dalam bahaya.

 

KUTIPAN FAVORIT

"It felt as if we were the same as him in many ways, and we were so much more to each other in that togetherness."

 

"I realized that Christmas didn't need snow or trees or tinsel. It was about coming together like this. Here was the magic."

 

 

RATING

5 / 5

 

BACALAH BUKU INI KALAU KAMU SUKA

🐻 Beruang!

🐻 Buku middle grade bertema keluarga dengan setting musim dingin di Norwegia

🐻 Buku dengan sedikit ilustrasi di dalamnya

🐻 Buku yang tiap bab-nya pendek-pendek halamannya

🐻 Buku dengan tokoh utama yang bercita-cita ingin menjadi penulis

 

Jadi, apa ada yang sudah membaca buku ini? Kasih tau di kolom komentar ya!

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time