Resep Menu Buka Puasa Praktis Hari Ini



Hai hai! Apa kabar? Sudah kepikiran mau buka puasa apa hari ini?

Kali ini aku mau bagiin resep menu buka puasa praktis yang udah lama ga aku makan, hahaha. Buka puasa biasanya identik dengan makanan enak yang mengandung protein hewani biar semangat menjalani puasa, kayak rending, soto ayam, balado ikan, atau sambel goreng ati. Nah, kadang-kadang kalau keseringan makan daging bisa bikin susah dalam urusan toilet, jadi kita perlu makan sayur dan buah-buahan juga.

Jadi kali ini menu buka puasa yang aku post di blog ini bakal mengandung sayur, buah dan makanan laut. Memang sih ada 3 macam, tapi gak ribet kok. Kamu bisa aja pilih satu aja, cukup dimakan bersama nasi hangat, rasanya sudah enak banget.


1. Tumis Kangkung

resep tumis kangkung udang


Bahan :

2 ikat kangkung

5 siung bawang putih, iris tipis

8 butir bawang merah, iris tipis

1 buah tomat potong jadi 4

1 cm lengkuas, geprek

Kecap asin

1 sdm gula pasir

Saus tiram

Lada bubuk

Kaldu jamur

Udang goreng sisa kemarin (ga pake udang juga udah enak karena ada saus tiramnya)

Cara membuat :

1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum bersama lengkuas, kemudian masukkan lada bubuk. Biasanya kamu bakal bersin-bersin dalam proses ini, jadi bersiap-siaplah.

2. Masukkan tomat yang sudah dipotong jadi 4, aduk-aduk hingga tomatnya layu.

2. Masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih, tambahkan air secukupnya, kalau kemarin sih airnya setengah panci yang digambar, ga tau itu berapa volumenya, hehehe.

3. Kecilkan api, tutup panci hingga kangkungnya empuk.

4. Tambahkan kecap asin, gula pasir, kaldu jamur dan saus tiram secukupnya. Karena waktu puasa tidak bisa icip-icip, maka pakai feeling saja.

5. Terakhir, masukkan udang goreng sisa kemarin, atau apapun lauk sisa kemarin seperti tahu goreng, ikan goreng atau ayam goreng (karena menurutku kalau diangetin dengan digoreng lagi bakal keras dan menyedihkan, jadi dimasukkan dalam masakan berkuah menjadi solusi terbaik).

6. Setelah mendidih, angkat dan sajikan.

 

2. Tahu dan Tahu Tuna Goreng



Menu ini sangat mudah karena tinggal goreng. Kita hanya tinggal beli tahu pack yang sudah berbumbu (jenis apapun) dan juga tahu tuna frozen yang dijual di supermarket atau di toko frozen food. Tinggal buka bungkusnya, masukkan ke dalam minyak panas, dan goreng hingga keemasan. Jadilah tahu goreng dan tahu tuna goreng.

Psst, tahu tuna goreng ini jadi menu terfavorit yang merupakan sahabat baik sambel terasi. Mau bikin sambel terasinya juga? Ini nih resepnya :

Resep Sambal Terasi

Bahan :

10 cabai rawit

2 buah tomat

Secuil terasi

Garam

Gula merah

1 siung bawang putih

Cara membuat :

Goreng tomat, cabai dan bawang putih hingga layu. Karena aku bukan jenis manusia yang kuat buat ngulek sambel mentah, maka bahan-bahannya harus digoreng dulu biar mudah dihaluskan. Setelah layu, pindahkan ke cobek, tambahkan garam, terasi dan gula merah secukupnya, kemudian ulek sampai halus dan bentuknya seperti sambal.

 

3. Pepaya



Pepaya ini salah satu buah yang bakal mendukung program kelancaran urusan toilet, sehingga aku memilih buah ini untuk dimakan saat buka puasa. Kebetulan, ada pohon pepaya di depan rumah dan buahnya bisa dipetik untuk dimakan. Hihihi. Untuk menyiapkan buah pepaya agar bisa dimakan, tinggal cuci buah pepaya, kupas, lalu potong kotak-kotak. Biasanya kan pepaya bentuknya lonjong, aku bagi jadi 2 hingga bisa dibalik seperti mangkok, taruh aja di atas talenan, kemudian baru dikupas dari atas ke bawah. Tinggal puter puter talenannya, dan pepaya kalian bakal terkupas bersih dengan lebih cepat.

 

Jadi, begitulah menu buka puasaku kemarin. Tidak heboh, tidak seperti biasanya dan tentu saja bikin system pencernaan senang. Jadi, gimana dengan kamu? Buka puasa dengan apa kemarin? Dan pengen makan apa hari ini? Cerita yuk di kolom komentar.

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time