Belanja Buku Online atau Offline?

 


Hai semuanya! Sesuai dengan tema terakhir dalam challenge ini yaitu mengenai belanja online dan offline, maka aku bakal bahas spesifik mengenai buku saja, karena kayaknya blog ini bakal lebih banyak bahas mengenai buku. Sebelum kita mengenal online shopping dan segala promo di dalamnya, di masa lalu kalau beli buku selalu di toko buku atau di tempat apapun yang menjual buku meski namanya bukan toko buku seperti koperasi sekolah. Jadi kangen beli buku paket pelajaran di sekolah nih. Dulu tuh paling suka kalau tiap awal semester kan ada buku-buku pelajaran baru yang harus dibeli (selain ada beberapa buku lain yang dipinjamkan oleh perpustakaan sekolah). Aku suka banget kalau sudah beli buku baru karena baunya enak banget. Bisa dibilang aku ketagihan bau buku baru, hahaha. Jadi aku paling suka kalaupulang sekolah bawa buku baru, gak sabar mau melihat-lihat isinya dan bakal dapat tugas apa saja nanti di sekolah selama satu semester ke depan.

 

Begitu lulus sekolah, aku mulai kenal online shopping yang ternyata lebih praktis daripada mengantri di koperasi sekolah atau di toko buku (dan bahkan bisa dapat cashback hahaha). Buku-buku yang aku beli pun sudah bukan buku pelajaran lagi melainkan buku fiksi seperti buku-buku klasik dan buku-buku yang sudah aku suka sebelumnya setelah mendengar audiobook, membaca versi e-booknya atau mendapatkan arc-nya. Belanja online ternyata juga bisa membantuku mendapatkan harga yang lebih murah karena banyak sekali toko yang bisa kita pilih dan bandingkan. Selain itu rasanya menyenangkan kalau mendengar kurir paket datang membawa buku pesananku.

 

Kalau disuruh memilih, aku gak bisa menyebutkan satu saja yang terbaik dari kedua pilihan di atas karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan keduanya memiliki fungsi yang bisa kita manfaatkan sesuai kondisi kita. Misalnya nih lagi pengen melihat jajaran rak-rak buku yang berisi buku-buku baru dan kebetulan kita punya banyak waktu luang, maka belanja offline bisa jadi pilihan terbaik. Sedangkan di waktu yang lain kita sibuk banget sementara ada buku-buku tertentu yang harus kita miliki, sehingga belanja online bisa mempersingkat waktu mencari-cari buku yang kamu inginkan di toko-toko buku di kotamu.

 

Kekurangan dan kelebihan beli buku offline :

(+)

Bisa langsung pegang bukunya

Bisa memilih sendiri buku dengan kondisi yang diinginkan

Bisa lihat-lihat berbagai macam buku yang dijual

Bau toko buku yang tentu saja bau buku

Bisa baca-baca buku lain yang disediakan untuk dibaca

Refreshing cuci mata biar gak lihat layar komputer / handphone terus

(-)

Tidak bisa dilakukan kalau sedang sibuk

Belum tentu buku yang kamu cari masih ada

 

Kekurangan dan kelebihan belanja buku online :

(+)

Bisa membandingkan harga

Sekali search langsung muncul toko-toko yang menjual buku yang kita cari

Ada promo potongan harga maupun ongkos kirim dan cashback

Menghemat waktu

Tidak bikin capek keluar rumah

Unboxing paket buku sangat menyenangkan

Pilihan buku lebih beragam seperti buku impor, buku bekas atau buku jadul

(-)

Lama waktu pengemasan dan pengiriman yang bervariasi

Kondisi buku yang dijual terkadang berbeda dari foto

Banyak sekali buku-buku bajakan dijual secara online

 

Nah, jadi kamu kamu lebih suka belanja buku secara online atau offline? Atau kamu suka dua-duanya karena sama-sama membuatmu mendapat buku-buku baru? Apapun pilihanmu adalah yang terbaik buatmu. Jika kamu menemukan kekurangan dan kelebihan belanja buku online dan offline bisa banget kamu sebutkan di kolom komentar di bawah ya.

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time