Join lailiving Newsletter



Atasi Mata Kering dengan Tepat Pakai Insto Dry Eyes

July 26, 2019

dry eyes


Cuaca yang dingin, berangin dan kering belakangan ini selain membawa dampak pada kulit yang menjadi kering dan membutuhkan kelembaban ekstra yang membuat saya mengganti rutinitas skincare saya dengan produk-produk yang lebih melembabkan, juga bisa menyebabkan mata kering atau dry eye. Sering mengalami gejala mata pegel, mata sepet dan mata perih sehingga terasa tidak nyaman? Mungkin saja kalian mengalami dry eyes atau mata kering. Mata juga bisa mengalami kekeringan lho, sehingga butuh ‘moisturizer’ juga.

Jika cuaca di tempat kalian sedang baik-baik saja namun mata tetap terasa tidak nyaman, mata kering atau dry eyes ini juga umum dialami terutama oleh orang-orang yang menghabiskan waktunya di depan layar komputer atau laptop, dalam ruangan ber-AC atau kipas angin, dan juga orang-orang yang bekerja outdoor terpapar sinar matahari dan debu. 

Meskipun dry eyes atau mata kering bukanlah gangguan yang terjadi berkepanjangan, namun gangguan pada mata ini bisa menghambat aktivitas harian kita, sehingga kita perlu menangani mata kering dengan langkah yang tepat. 

Penyebab Mata Kering

Mata kering terjadi karena mata tidak bisa mendapatkan cukup kelembaban yaitu dari air mata, sehingga tidak bisa meminimalisir debu dan iritan yang berasal dari lingkungan sekitar, sehingga kornea mata teriritasi. Air mata mengandung 3 komponen utama yaitu air, mucus dan oil. Ketika salah satu komponen ini tidak dapat diproduksi dengan cukup misalnya karena organ yang bertugas memproduksi air mata mengalami inflamasi, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan. Saat air mata kekurangan komponen oil di dalamnya, maka komponen air dalam air mata bisa menguap dengan cepat sehingga menyebabkan mata kering. Begitu pula saat air mata kekurangan komponen air di dalamnya, maka tentu saja air mata tidak bisa cukup melembabkan dan membersihkan lapisan kornea mata. 

penyebab mata kering


Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan mata kering atau dry eyes adalah :

1. Kurang berkedip, karena terlalu lama menatap layar komputer, handphone atau membaca dalam jangka waktu panjang
2. Paparan udara kering, sinar matahari, asap, dan angin berlebihan, efek samping penggunaan heater, kipas angin, pendingin ruangan, maupun hair dryer
3. Penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu lama
4. Efek samping penggunaan obat-obatan seperti decongestant, antihistamine dan pengobatan hipertensi
5. Terapi hormon pada wanita
6. Kehamilan
7. Operasi mata seperti LASIK
8. Penyakit gangguan imun seperti lupus
9. Penuaan
10. Penyakit seperti rosacea yang terjadi di kelopak mata
11. Inflamasi pada kelopak mata (blepharitis)
12. Kondisi penyakit seperti diabetes, rematik, artritis dan gangguan pada kelenjar tiroid

Gejala Mata Kering

gejala mata kering

Biasanya untuk mata kering yang sering dijumpai adalah karena paparan udara kering dalam ruangan dengan kipas angin/heater/AC atau bahkan hair dryer, paparan sinar matahari, angin dan debu di luar ruangan, serta terlalu lama menatap perangkat elektronik yang memancarkan sinar biru seperti smartphone dan komputer. Kondisi seperti ini yang menimbulkan beberapa gejala seperti :
1. Mata perih seperti kemasukan debu
2. Mata terlihat lelah
3. Kelopak mata terasa berat, mata telah atau mata pegel
4. Mata sepet 
5. Mata kemerahan
6. Ada sensasi seperti terbakar di area mata
7. Sensitivitas pada cahaya meningkat
8. Produksi air mata berlebihan
9. Penglihatan kabur
10. Lensa kontak yang menjadi terasa tidak nyaman

Mengatasi Mata Kering

Beberapa cara bisa digunakan untuk mengatasi mata kering tergantung kondisi yang dialami, seperti tidak semua orang yang mengalami mata kering harus menerima obat-obatan dengan dosis tinggi atau melakukan operasi mata yang hanya akan dilakukan pada kondisi kronis atau merupakan rantai dari penyakit lain yang dialami.

1. Tetes mata

Cara paling cepat untuk mengatasi mata kering adalah menggunakan tetes mata. Secara umum ada 2 jenis tetes mata (eye drop) yang bisa kita gunakan untuk meredakan mata kering :
a. OTC (over the counter)
Tetes mata yang umumnya bisa kita beli di apotek atau minimarket di sekitar kita dan bisa kita gunakan tanpa resep dokter, biasanya penggunaannya dibatasi hingga tidak lebih dari 4 kali sehari. Contoh : Insto Dry Eyes
b. Resep dokter
Jenis tetes mata yang hanya bisa didapat dengan resep dokter yang biasanya diberikan pada pasien yang mengalami mata kering parah karena efek samping pengobatan atau karena komplikasi penyakit yang diderita. Contoh : Cyclosporine

Selain itu, ada tetes mata yang berkonsistensi encer (low viscosity) dan kental (high viscosity). Tetes mata yang encer lebih sering dipilih karena efek yang cepat serta bisa digunakan di sela-sela aktivitas harian. Tetes mata yang lebih kental biasanya disarankan saat tidak melakukan aktivitas karena fungsinya adalah memberikan kelembaban ekstra pada mata, namun bisa memberikan efek samping berupa kaburnya penglihatan sementara, sehingga disarankan untuk digunakan hanya pada malam hari.
Perlu kita ketahui juga, ada tetes mata yang mengandung preservatif dan non-preservatif. Preservatif dalam tetes mata berfungsi membunuh bakteri dan bisa memperpanjang usia produk, umumnya terdapat pada produk-produk yang ditujukan untuk mengatasi mata kering ringan. Produk non-preservatif ditujukan untuk orang-orang yang punya kondisi mata kering kronis, biasanya hanya disediakan untuk sekali pakai, tidak dianjurkan untuk penggunaan setelah 24 jam, dan biasanya jauh lebih mahal.

jenis obat tetes mata


2. Nutrisi

Pola makan yang seimbang antara protein dan vitamin berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Asam lemak Omega-3 sering kali dianjurkan untuk meningkatkan kandungan oil dalam air mata, bisa dalam bentuk makanan maupun suplemen.

3. Pengobatan di rumah

Kita bisa mencegah mata kering kembali terjadi dengan menggunakan humidifier dalam rumah atau ruangan kerja kita, serta menghindari penggunaan hair dryer, AC dan kipas angin yang mengarah langsung ke mata. Kita pun disarankan untuk menggunakan air cleaner yang bisa menyaring debu di udara sehingga kualitas udara di ruangan yang kita gunakan lebih baik.

4. Operasi

Untuk kondisi parah, saat pengobatan biasa sudah tidak bisa mengatasi kondisi mata kering, maka dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi mata untuk membuat mata mampu memproduksi cukup air mata yang dibutuhkan.

5. Pengobatan oral

Pada kondisi tertentu, pengobatan oral bisa mengurangi dry eyes, biasanya menggunakan antibiotik yang ditujukan untuk kelopak mata yang berhubungan dengan produksi oil natural pada air mata. Tentu saja pengobatan ini harus dengan resep dokter.

6. Pembersihan kelopak mata

Langkah ini diambil jika penyebab mata kering adalah kondisi yang disebut blepharitis atau inflamasi pada kelopak mata, menggunakan pembersih khusus kelopak mata yang juga diresepkan oleh dokter.

Pengobatan lain untuk kondisi mata kering bisa berupa Lacriset atau artificial tears dalam bentuk seperti lensa kontak yang diletakkan pada mata untuk menjaga stabilitas air mata yang sudah diproduksi secara natural oleh mata, memberikan efek menenangkan dan mengurangi mata perih. 

Rekomendasi produk 

Untuk mengatasi mata kering, kita disarankan untuk menghindari produk tetes mata yang ditujukan untuk mata kemerahan (iritasi), karena biasanya tidak bisa memberikan kelembaban yang dibutuhkan kornea mata. Pilih produk tetes mata yang memang khusus ditujukan untuk dry eyes atau mata kering, untuk lebih mudahnya cari yang judul atau labelnya mengandung kata ‘dry eyes’ atau ‘untuk mata kering’. Produk tetes mata khusus untuk dry eyes yang bisa dengan mudah kita temukan di minimarket serta apotek terdekat dan dapat kita beli dengan harga terjangkau adalah Insto Dry Eyes

insto dry eyes


Insto Dry Eyes merupakan produk tetes mata yang termasuk dalam kategori artificial tears (air mata buatan) untuk mengatasi kekeringan pada mata, dapat digunakan sebagai pelumas pada mata, dan berfungsi membunuh bakteri yang menempel pada mata.

Ingredients :

1. Hydroxypropyl methylcellulose : polimer yang biodegradable, biocompatible dan water soluble yang berfungsi sebagai pelumas untuk produk pengobatan pada mata kering atau artificial tears. Bisa digunakan dalam berbagai produk mulai dari artificial tears, kosmetik, obat-obatan, hingga makanan seperti dalam produk gluten-free.
2. Benzalkonium chloride : zat antiseptik sekaligus preservatif yang berfungsi membunuh bakteri dan menghentikan pertumbuhan jamur

Harga : 15.500 - 16.500 (bervariasi tergantung counter yang menjual) / 7.5 ml
Bisa dibeli di : minimarket dan apotek terdekat

Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk penggunaan pada kemasan, dan menghubungi dokter jika kondisi mata kering terus berlanjut selama lebih dari seminggu. 

Mata kering biasanya tidak akan mengganggu penglihatan secara permanen, namun dalam kondisi sangat langka yaitu yang biasanya merupakan komplikasi akan menyebabkan hilangnya penglihatan jika tidak ditangani dengan tepat. Kita disarankan untuk sering berkedip, menghindari penggunaan komputer dan smartphone berjam-jam, mengganti lensa kontak dengan kacamata, menggunakan humidifier dalam ruangan, serta menggunakan air cleaner yang bisa menyaring debu dengan baik.

Nah, punya pengalaman mengatasi mata kering? Yuk ceritakan di kolom komentar di bawah ini.


All photos and graphics by lailiving
Editing app : Adobe Spark Post

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan