Join lailiving Newsletter



Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap Saat Puasa

May 15, 2019




Disadari atau tidak, mulut kita mengandung aroma tertentu, terutama setelah makan atau minum, atau setelah berjam-jam tidak makan dan minum seperti saat puasa. Hal ini bisa dianggap sebagai masalah yang bisa menimbulkan kurang percaya diri.

Sebenarnya kenapa mulut bisa berbau tidak sedap?

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi seperti :
1. Makanan dan minuman yang punya aroma tajam seperti bawang putih dan alkohol
2. Merokok
3. Sisa makanan dalam mulut yang memicu pertumbuhan bakteri
4. Dehidrasi yang mengakibatkan kondisi mulut kering yang merupakan kondisi yang disukai bakteri
5. Bernapas dengan mulut
6. Stress
7. Obat-obatan
8. Kondisi tubuh tertentu seperti gangguan sistem imun, infeksi tenggorokan, bronkitis, diabetes, gangguan hati atau ginjal maupun lactose intolerant
9. Penyakit pada gusi

Sedangkan mayoritas penyebab bau mulut saat berpuasa adalah tentunya karena kita tidak minum apapun selama kurang lebih 12 jam yang memungkinkan kondisi mulut jadi kering dan disukai bakteri sebagai tempat pertumbuhan. Bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Bagaimana saya menjaga bau mulut tetap segar meski saat puasa?

1. Menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur

Saya sedang menggunakan pasta gigi untuk mencerahkan tampilan gigi yang mengandung sea salt dan lemon extract, yang juga meninggalkan aroma yang menurut saya lebih segar daripada pasta gigi yang biasa saya pakai di rumah.


2. Berkumur dengan mouthwash

Setelah menggosok gigi, diikuti dengan kegiatan berkumur dengan mouthwash yang mengandung anti bakteri. Yang saya gunakan adalah Betadine obat kumur yang baunya seperti bau rumah sakit namun lumayan ampuh membuat nafas segar seharian, mengurangi ngilu saat gusi bengkak dan juga mengatasi sariawan.

3. Tidak makan-makanan berbau tajam

Makanan yang berbau tajam maupun meninggalkan rasa yang kuat di mulut berjam-jam setelahnya sebisa mungkin saya hindari seperti sambal bawang putih favorit saya dan ikan. Makanan dan minuman berbau tertentu seperti keju, bawang merah dan kopi juga menyumbang kemungkinan bau mulut tidak sedap.

4. Minum cukup air

Jika saat puasa, maka saya setidaknya minum sekitar 600 ml air saat sahur yaitu 150 ml saat bangun, 150 ml sebelum makan, 150 ml setelah makan, dan 150 ml di saat terakhir. Hal ini juga agar tanaman saya di Plant Nanny tidak layu di siang hari, karena saya kurang minum air. Sedangkan sisanya bisa saya minum setelah jam berbuka puasa.


5. Makan makanan yang crunchy dan sehat

Memakan makanan yang renyah seperti buah dan sayuran mentah bisa menjaga kesehatan mulut dengan memicu produksi saliva dalam mulut sehingga mengurangi kemungkinan kondisi kering dalam mulut.

6. Sebisa Mungkin Tidak Stress

Percaya tidak percaya, stress bisa mempengaruhi kesehatan dan kondisi tubuh termasuk bau mulut yang berkaitan dengan ketidakseimbangan imun. Agak seram juga karena saya jarang bisa mendeteksi stress ini.

Bau Mulut Saat Bangun Tidur

Bau mulut saat bangun tidur ini yang paling umum kita temui. Hal ini normal saja terjadi karena selama beberapa jam kita tidak mengkonsumsi apapun terutama air. Selain itu, kebiasaan membuka mulut saat tidur juga memungkinkan bakteri masuk ke dalam mulut dan membuat bau yang tidak sedap di pagi hari saat kita bangun.

Hubungi Dokter

Kita perlu menghubungi dokter ketika kita merasa bau mulut yang tidak sedap ini tidak wajar atau mulai mengganggu seperti diikuti tanda-tanda berikut :
1. Sakit tenggorokan
2. Mulut terasa sangat kering
3. Luka pada mulut
4. Demam
5. Dinding mulut perih saat mengunyah makanan

Cara Lain yang Berkaitan dengan Kesehatan Mulut

1. Air Garam

Berkumur dengan air garam menciptakan kondisi di dalam mulut yang tentu saja tidak disukai bakteri, sehingga mengeliminir jumlah bakteri yang ada dalam mulut. Air garam ini juga dipakai dalam pengobatan sakit tenggorokan yang berkaitan dengan serangan bakteri.

2. Teh Hijau

Kaya akan zat poliphenol yang merupakan antioksidan, teh hijau juga disarankan untuk menciptakan kondisi mulut yang segar dan sehat. Disarankan untuk meminum sekitar 3-5 cangkir teh hijau setiap hari untuk pengobatan ini.

3. Aloe Vera

Selain untuk melembabkan kulit, ternyata gel aloe vera juga bisa digunakan untuk mengurangi bau mulut, yaitu dengan menjadikannya mouthwash. Caranya campurkan gel aloe vera dalam air matang, bisa dicampur dengan peppermint oil.  Sifat aloe vera yang merupakan anti jamur dan anti bakteri sangat membantu untuk mengusir bakteri penyebab bau mulut.

4. Tidur Cukup

Tidur berkaitan dengan keseimbangan sistem imun, stress, dan bakteri dalam sistem pencernaan, sehingga secara tidak langsung bisa berkaitan dengan bau mulut yang tidak sedap.

5. Essential Oil

Jika sebelumnya oil-pulling dipercaya bisa memutihkan tampilan gigi, maka kali ini oil pulling juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain menggunakan Virgin Coconut Oil saja, kita bisa menjadikannya carrier oil dengan menambahkan beberapa tetes  essential oil seperti peppermint, rosemary dan eucalyptus yang bersifat anti bakteri.

Nah dari cara-cara yang disebutkan di atas, manakah yang paling manjur diterapkan oleh kalian? Share di kolom komentar ya.

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan