Join lailiving Newsletter



Berdonasi Lewat Search Engine

March 11, 2019


donation through search engine


Berdonasi bisa kita lakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan search engine yang kebetulan membuka program donasi di halaman pencarian mereka untuk search keyword tertentu.

Salah satu yang paling mudah kita lakukan misalnya dengan berpartisipasi dalam campaign yang dilakukan Yahoo! JAPAN yang akan mendonasikan sebesar 10 yen untuk setiap pencarian menggunakan search engine mereka dengan keyword yang sudah ditentukan. Campaign ini merupakan bagian dari program kemanusiaan yang masih berkaitan dengan gempa bumi Tohoku 11 Maret silam.

Gempa bumi Tohoku atau biasa dikenal dengan 3.11 Earthquake atau Great East Japan Earthquake merupakan gempa bumi berkekuatan 9 SR pada tanggal 11 Maret 2011 yang menyebabkan tsunami hingga ketinggian 40 meter. Gempa bumi ini tercatat sebagai gempa bumi keempat terbesar di dunia. Hingga saat ini recovery Tohoku Earthquake masih terus berlanjut.

Salah satu search engine Yahoo! JAPAN membuka program donasi untuk penggunanya. Donasi sebesar 10 yen akan disalurkan untuk setiap user yang melakukan pencarian dengan keyword 3.11 di Yahoo! JAPAN. Program ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 setiap tanggal 11 Maret hingga sekarang, donasi yang terkumpul saat program ini pertama kali diluncurkan adalah sekitar 2,568,325 pencarian, atau sekitar 25.683.250 juta yen. Sedangkan jumlah pencarian yang terkumpul tahun lalu sebanyak 4.187.511 pencarian. Dari yang saya baca di website mereka, bantuan yang disalurkan terutama untuk pendidikan, bantuan gedung sekolah, beasiswa, hingga bantuan untuk program pemulihan secara psikologis kepada korban.

Sebenarnya program yang dibuka oleh Yahoo! JAPAN tidak hanya donasi 10 yen ini saja, namun ada juga program auction barang-barang artis Jepang seperti Kawakita Mayuko, Yamamoto Mizuki, Pikotaro, May J dan lain-lain melalui Yahoo! Auction. Namun, untuk user yang kesulitan dengan proses auction yang menggunakan bahasa Jepang, donasi 10 yen melalui searching ini lah yang paling mudah untuk dilakukan.

Jika kita membagikan homepage program ini melalui twitter, maka hastag #いまわたしができることyang berarti hal yang bisa saya lakukan sekarang akan otomatis muncul diikuti dengan #searchfor311, program ini merupakan salah satu yang bisa kita lakukan sekarang untuk berbuat kebaikan, membantu sesama manusia.

Untuk melakukan pencarian, terlebih dahulu kita harus mengakses : fukko.yahoo.co.jp atau melalui link ini. Bisa melalui browser apapun baik di PC, tablet maupun handphone. Akan muncul tampilan homepage seperti ini. Jumlah yang tertera di sebelah peta Jepang adalah jumlah pencarian yang terkumpul saat ini. Jumlah ini diupdate terus secara real time (terakhir kali saya browse tadi pagi masih menyentuh angka 750 ribuan pencarian.)

yahoo! japan


Untuk melakukan pencarian, kita tinggal scroll down sampai menemukan search bar seperti ini.

search bar


Kita tinggal masukkan keyword 3.11 dalam kolom pencarian. Hanya keyword 3.11 saja yang akan dihitung oleh Yahoo! JAPAN, sementara keyword lain tentu saja tidak.




Jika sudah melakukan pencarian, akan muncul ucapan terima kasih sudah melakukan pencarian dengan keyword ini dan donasi sebesar 10 yen akan disalurkan, diikuti dengan hasil pencarian mengenai 3.11 di bawahnya. Halaman ini menunjukkan kita sudah berhasil berpartisipasi dalam program donasi 10 yen ini.


3.11 search



Atau kita bisa langsung mengunjungi halaman search.yahoo.co.jp atau lewat halaman ini. yang tampilannya berupa homepage default dari Yahoo! JAPAN. Dan melakukan pencarian dengan keyword yang sama.

yahoo japan homepage


Hasilnya sama, kita akan mendapatkan ucapan terima kasih beserta jumlah update pencarian saat itu, diikuti search result di bawahnya.



Kita bisa ikut berpartisipasi dalam program donasi 10 yen ini mulai hari ini 11 Maret 2019 hingga pukul 00.59 JST nanti malam atau sekitar pukul 21.59 WIB. Pencarian di luar jam tersebut tidak akan terhitung karena program sudah ditutup. 

Jika kita ingin melakukan satu kebaikan yang bisa kita lakukan dengan mudah tanpa beranjak dari tempat kita duduk sekarang, kita bisa mengikuti program ini, salah satunya. Menurut saya, bantuan kemanusiaan bisa berasal dan dari siapapun kepada siapapun, karena kemanusiaan tidak terbatas wilayah, bahasa, suku, dan lain sebagainya.

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah nice info.. Baru tahu infonya nih mba, oke bisa dicoba nih nanti browsing pake yahoo japan. Lumayan kan bisa berdonasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener mbak, bisa dicoba sebelum periode campaign berakhir :D

      Delete
  2. Ternyata Recovery Gempa tahun 2011 lalu masih berlangsung ya, saya pikir sudah selesai semua recoverynya, dampaknya besar sekali ternyata, btw kalau sumbang dalam bentuk Yen itu di konversikan dulu atau tidak ya? Masih belum paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ada banyak orang yang belum bisa tinggal di tempat yang tetap gitu, terus juga soal trauma. Masih panjang proses recoverynya :" kalau nyumbang uang saya belum pernah, kalau yang program yahoo ini per-search bakal dikalikan 10yen gitu mbak :D

      Delete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan