Join lailiving Newsletter



4 Perubahan Positif yang Bisa Dimulai Hari Ini

March 08, 2019


international women's day


Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak kaum wanita. Peringatan Hari Perempuan di tanggal 8 Maret sudah dilaksanakan di Jerman sejak tahun 1914, kemudian diikuti negara-negara lainnya. Sedangkan oleh PBB, pengesahan International Women’s Day setiap tanggal 8 Maret dilakukan pada tahun 1977.

Tema International Women’s Day tahun 2019 menurut UN Women adalah Think Equal, Build Smart, Innovate to Change. Tema ini menitikberatkan pada perubahan dan inovasi. Diharapkan para perempuan tidak hanya bertindak sebagai pengguna inovasi namun juga sebagai inovator. Kaum perempuan memiliki hak yang sama untuk berkontribusi dalam memberikan inovasi dan melakukan perubahan.

Nah jika berbicara tentang inovasi dan perubahan, mungkin agak kesulitan membayangkan aksi nyatanya. Kita bisa melakukan perubahan mulai dari hal yang paling mudah yang kita bisa lakukan. Lalu  perubahan apa saja yang bisa kita lakukan sebagai perempuan mulai hari ini?


1. Menghilangkan Kebiasaan yang Kurang Baik
Ada banyak hal yang terus-terusan kita lakukan sejak bertahun-tahun hingga menjadi kebiasaan dan gaya hidup, baik hal-hal yang baik maupun kurang baik. Saatnya menyaring hal-hal apa saja yang telah lama kita lakukan yang tidak memberikan efek yang baik. 

Pastinya kita sudah familiar dengan 21/90 rule, yaitu untuk membentuk kebiasaan kita hanya perlu 21 hari melakukan satu hal yang sama. Sedangkan gaya hidup kita akan dibentuk setelah 90 hari. Jadi, hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan selama 21 hari ke belakang atau bahkan beberapa tahun belakangan ini yang tidak memberikan dampak baik? Saatnya meninggalkan kebiasaan maupun gaya hidup tersebut, dan mencoba melakukan hal-hal baru yang lebih baik.


2. Mulai Dari Diri Sendiri
Untuk melakukan perubahan, kita perlu memulainya dari diri sendiri. Misalnya, kita ingin anak-anak jadi suka belajar atau menulis, maka kita harus terlebih dulu suka untuk belajar atau menulis, serta melakukannya terus menerus, sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung hal ini bisa memotivasi orang-orang di sekelililing kita. Begitu pula saat ingin lingkungan sekitar kita terlihat indah, mulai dari diri sendiri membuat sekeliling kita jadi indah.

Hal ini saya alami ketika adik saya menemukan catatan dan buku latihan kanji saya yang berwarna warni, dia jadi tertarik untuk mencontohnya dan menerapkannya di buku catatan sekolahnya. Kemudian, saat saya mulai menerapkan satu cara membuang sampah di rumah yang bagi saya praktis, orang-orang di sekitar saya tertarik untuk mengikuti cara saya membuang sampah.

Saya rasa, hal-hal yang kita lakukan dengan hati yang bahagia secara terus menerus pastinya akan mempengaruhi orang-orang sekitar kita untuk berbuat hal yang serupa.


3. Memberikan Dukungan dan Apresiasi
Satu perubahan yang bisa kita lakukan hari ini adalah dengan menghargai orang lain terutama sesama perempuan, misalnya dengan memberikan pujian atau sekedar bersikap ramah, termasuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada ibu kita, baik melalui kata-kata atau bantuan, atau sekedar mendengarkan beliau berkeluh kesah.

Cara lain untuk memberikan dukungan maupun apresiasi adalah dengan membaca buku karya penulis wanita favorit, mendengarkan lagu solois wanita terutama yang memberikan pesan positif, maupun membaca blog sesama blogger wanita dan meninggalkan pesan positif atas kerja keras mereka membuat tulisan yang bermanfaat.

Selain itu dengan memberikan semangat kepada rekan kita setelah lelah bekerja seharian pun merupakan salah satu bentuk dukungan, yang mungkin saja bisa mengubah satu hari kelam rekan kita tersebut menjadi lebih baik.

Mungkin hal ini tidak banyak mengubah kehidupan kita, namun mengubah sedikit kehidupan orang lain yang mendapatkan keata-kata positif dari kita.


4. Membuat Sesuatu
Di International Women’s Day kali ini, kita bisa menciptakan sesuatu dengan cara yang kita kuasai. Sesuatu yang berbeda dari biasanya, yang mampu menyebarkan pesan positif kepada orang lain. Misalnya, membuat tulisan di blog mengenai wanita, membuat ilustrasi, atau membuat video yang berisi pesan positif untuk dibagikan. 

Sudah melihat Google Doodle khusus International Women’s Day 2019? Kita bisa membuat kata-kata motivasi kita sendiri kemudian mengeposnya di akun media sosial.  Atau membagikan tautan Google Doodle hari ini di media sosial yang kita miliki

Saya pribadi paling menyukai kata-kata motivasi yang ini. Kita kuat, karena kita punya alasan untuk berjuang, kita berjuang karena kita punya impian.

google doodle


Kata kata ini memberikan satu semangat baru buat saya hari ini. Kita juga bisa membuat kata-kata motivasi kita sendiri, yang tentu saja selain memotivasi diri sendiri, mungkin juga akan memotivasi orang lain yang membacanya, dan bahkan mendorong orang lain melakukan hal serupa seperti yang kita lakukan.

Pastinya indah jika linimasa akun media sosial kita jika dipenuhi kata-kata positif yang memberikan semangat satu sama lain.


Lalu perubahan apa yang sudah kita lakukan hari ini? Atau sudah melakukannya jauh-jauh hari hingga hari ini? Mari share di kolom komentar.




Title picture by : lailiving
Background photo : Maarten Deckers

You Might Also Like

5 comments

  1. Wah blog baru suka banget saya sama layoutnya mba lala, cakep ini 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw benar banget ini mba, memberikan pesan positif itu penting sekali, tapisaya suka miris gara2 politik sekarang ini, banyak sekali konten negatifnya

      Delete
    2. Makasih mbaak, hehe :D saya menghindari opini negatif, baik politik atau hal lain, takut ketularan jadi jahat mbak :"

      Delete
  2. saya baru tau ada 21/90 rule. kemana aja ya saya.. hihihihi

    ReplyDelete

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan